Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

5 Jenis Olahraga yang Cocok Untuk Generasi Milenial

Berolahraga ditengah-tengah padatnya jadwal dan kesibukan? Mengapa tidak. Generasi anak muda zaman sekarang atau generasi milenial yang penuh dengan segudang bakat dan potensi, seringkali dihadapkan pada aktivitas yang padat dan kesibukan yang luar biasa, belum lagi ditambah berbagai urusan keluarga dan urusan pribadi yang juga tidak kalah penting. Apalagi memerhatikan kesehatan dan kebugaran, waktu untuk berisitirahat yang cukup saja mungkin langka didapat.

Namun tidak dapat dipungkiri, kesehatan adalah hal yang harus dijaga dan diusahakan agar tubuh tetap prima dalam menghadapi segudang aktivitas Sahabat. Kita dianjurkan untuk berolahraga 5 hari dalam seminggu dan masing-masing paling tidak 30 menit. Apapun pekerjaan Sobat dan sesibuk apapun Anda, berusahalah untuk mencari waktu berolahraga meski hanya sebentar. Jangan khawatir! Kami memiliki beberapa tips kreatif yang dapat dilakukan agar tetap dapat berolahraga ditengah-tengah kesibukan Anda, dengan tetap mengacu pada fakta medis yang diperoleh dari berbagai penelitian. Yuk kita simak bersama!

Berolahraga Pagi Hari

Mulailah membangun komitmen untuk bangun tidur 30 menit lebih awal untuk berolahraga. Olahraga yang cocok untuk dilakukan di pagi hari adalah olahraga aerobik yang sederhana dan mudah seperti jogging atau lari pagi, atau gerakan-gerakan sederhana lainnya seperti pada kelas aerobik. Berolahraga di pagi hari akan meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh, sehingga tubuh akan terasa lebih segar dan berenergi saat bekerja. Berita baik lainnya, penelitian juga menemukan olahraga pagi hari secara rutin ternyata dapat meningkatkan rasa lebih kenyang setelah makan sehingga mengurangi porsi makan yang berlebihan.

Bersepeda atau Berjalan Kaki ke Tempat Kerja

Jika jarak rumah dan lokasi tempat kita bekerja tidak terlalu jauh, cobalah berjalan kaki atau bersepeda saat ke tempat kerja. Bila cukup jauh hingga berjalan kaki terasa mustahil, bersepeda mungkin pilihan yang lebih bijak. Untuk dapat merealisasikan ini, Anda perlu berkomitmen untuk bangun dan berangkat lebih pagi dari biasanya agar tetap tidak terlambat masuk kerja. Berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu tubuh lebih bugar dan tidak mudah sakit, jantung yang sehat, mengurangi risiko kanker, dan peningkatan performa dalam bekerja.

Gunakan Tangga

Umumnya kita menemukan tangga di lingkungan tempat kerja kita bekerja. Cobalah untuk mengurangi penggunaan lift dan eskalator, mulailah menaiki tangga. Menaiki tangga adalah olahraga yang sangat mudah dilakukan dan salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan. Penelitian menemukan olahraga dengan menaiki tangga secara rutin selain memperkuat otot dan stamina, juga berdampak positif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah, menurunkan lemak darah, dan menurunkan berat badan. Olahraga dengan menaiki tangga juga cocok untuk membantu mempercepat menurunkan berat badan bagi Anda yang mengalami obesitas. Tunggu apalagi, mulai besok ayo gunakan tangga sesering mungkin!

Kurangi Duduk, Maksimalkan Jam Istirahat Makan Siang Anda

Jika biasanya pada jam makan siang Anda hanya duduk beristirahat di meja kantor,  atau Anda sudah membawa bekal lalu makan di atas meja kantor dan tidak bergerak ke manapun, mulai sekarang beranjaklah. Ratusan penelitian sudah setuju bahwa duduk terlalu lama dan kurangnya aktivitas fisik berisiko tinggi menyebabkan penyakit diabetes dan gangguan jantung di kemudian hari.

Banyak hal kreatif yang dapat Anda lakukan di jam istirahat Anda, seperti berjalan kaki mencari tempat makan di sekitar kantor Anda, melakukan gerakan senam dan ‘stretching’, dan lainnya. Bila perlu bawalah salah satu barbel Anda dan simpan di tempat kerja untuk dapat digunakan setiap jam istirahat. Penelitian juga menemukan bahwa melakukan gerakan stretching rutin dapat membantu mengurangi nyeri leher dan punggung bawah akibat posisi duduk terlalu lama.

Housework atau Bersih-bersih

Mungkin kedengarannya membosankan, namun melakukan pekerjaan rumah dapat membantu tubuh kita bergerak dan berkeringat. Sepulang bekerja, sempatkan diri untuk melakukan pekerjaan rumah meski sebentar. Lakukan pekerjaan rumah yang ringan seperti menyapu, mengepel, mencuci piring, dan kegiatan bersih-bersih lainnya. Tidak perlu terlalu berat dan berlebihan hingga terlalu lelah, karena penelitian justru menunjukkan bahwa melakukan pekerjaan rumah yang terlalu berat dapat berdampak buruk pada kesehatan dan menurunkan daya tahan tubuh, sama halnya seperti olahraga yang terlalu berat dan berlebihan.

Ternyata banyak hal yang bisa Sahabat lakukan untuk tetap sehat di tengah-tengah kesibukan dan padatnya jadwal Anda. Beberapa tips di atas dapat diterapkan dan sesuaikanlah dengan kondisi lingkungan tempat kerja Anda. Sahabat dapat berkreasi lebih banyak lagi di luar tips-tips di atas sambil menyesuaikan kira-kira mana yang tepat dan cocok untuk Anda. Selamat berolahraga!

Jangan lupa, Anda juga bisa mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat. Info lebih lanjut, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

DAFTAR PUSTAKA

  1. TheActiveTimes. Dossantos N. 8 ways to exercise on a busy schedule. Updated 5 Feb 2016. Diakses 30 Juli 2018. Available at: theactivetimes.com/fitness/your-first-time/8-ways-exercise-busy-schedule
  2. Boreham CAG, Kennedy RA, Murphy MH, Tully M, Wallace WFM, Young I. Training effects of short bouts of stair climbing on cardiorespiratory fitness, blood lipids, and homocysteine in sedentary young women. British Journal of Sports Medicine. 2005;39(9);590–593.
  3. Dunstan DW, Howard B, Healy GN, Owen N. Too much sitting – A health hazard. Diabetes Research and Clinical Practice. 2012;97(3);368–376.
  4. Seo DY, Lee S, Kim N, Ko KS, Rhee BD, Park BJ, Han J. Morning and evening exercise. Integrative Medicine Research. 2013;2(3);139–144.
  5. Alizadeh, Z., Mostafaee, M., Mazaheri, R., & Younespour, S. Acute effect of morning and afternoon aerobic exercise on appetite of overweight women. Asian Journal of Sports Medicine. 2015;6(2); 1–6.
  6. Mayo Clinic. Mayo Clinic Staff. Fitting in fittness: finding time for physical activity. Diakses 30 Juli 2018. Available at: mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/fitness/art-20044531
  7. Oja P, Vuori I, Paronen O. Daily walking and cycling to work: Their utility as health-enhancing physical activity. Patient Education and Counseling. 1998;33(1);87–94.
  8. Eves FF, Webb OJ, Mutrie N. A workplace intervention to promote stair climbing: Greater effects in the overweight. Obesity. 2006;14(12);2210–2216.
  9. Sihawong R, Janwantanakul P, Sitthipornvorakul E, Pensri P. Exercise therapy for office workers with nonspecific neck pain: A systematic review. Journal of Manipulative and Physiological Therapeutics. 2011;34(1);62–71.
  10. Lawlor DA, Taylor M, Bedford C, Ebrahim S. Is housework good for health? Levels of physical activity and factors associated with activity in elderly women. Results from the British Women’s Heart and Health Study. Journal of Epidemiology and Community Health. 2002;56(6);473–478.
  11. Murphy MH, Donnelly P, Breslin G, Shibli S, Nevill AM. Does doing housework keep you healthy? the contribution of domestic physical activity to meeting current recommendations for health. BMC Public Health. 2013;13(1);1.

 

WhatsAppp Asisten Maya saja