Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tren Bersepeda di Masa Pandemi, Apa Saja Tipsnya?

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas fisik yang dianjurkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap segala penyakit, termasuk virus Corona yang sudah mengglobal. Aktivitas fisik ini menjadi salah satu tren yang belakangan ada seiring dengan diberlakukannya New Normal atau Adaptasi Kebisaan Baru oleh pemerintah sejak awal Juni lalu. Tidaklah mengherankan, jika di jalan-jalan kini banyak sekali orang bersepeda, baik anak-anak dan orang tua, dan menjadi terlihat banyak pada akhir pekan.

tren bersepeda, bersepeda di masa corona, bersepeda di masa pandemi, sepeda sehat

Kebiasaan bersepeda di masa New Normal ini memang tidak lepas juga dari kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menginginkan pengurangan penggunaan kendaraan umum, dan diganti dengan bersepeda. Disinyalir kendaraan umum merupakan salah satu tempat paling rawan untuk penyebaran virus Corona. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga mewajibkan perkantoran dan pusat perbelanjaan menyediakan parkir khusus sepeda.

Aturan tersebut juga berlaku di terminal, pelabuhan, bandara, serta stasiun kereta api, dan semua ada dalam Surat Keputusan Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 105 Tahun 2020 tentang Pengendalian Sektor Transportasi untuk Pencegahan Covid-19 Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif. Kebijakan Pemprov DKI ini juga didasari bahwa Jakarta merupakan episentrum penyebaran Corona di Indonesia sehingga harus selalu dikendalikan penyebarannya.

Mengenai bersepeda ini, tentu saja ada manfaatnya. Apa saja itu? Yuk, tanpa berlama-lama, mari disimak, Sobat Sehat!

Manfaat Bersepeda

Menstabilkan Diabetes

Manfaat pertama yang didapatkan dari bersepeda adalah Sobat Sehat bisa menstabilkan diabetes atau gula darah dalam tubuh. Perlu Sobat ketahui, penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya dan mematikan. Tidak hanya orang dewasa aja, anak-anak muda pun rentan terkena penyakit karena gaya hidup malas-malasan seperti banyak menonton tv atau rebahan, memakan makanan cepat saji, dan malas bergerak. Karena itu, dengan bersepeda selama 30 menit setiap harinya akan mengurangi risiko tersebut.

Mencegah Darah Tinggi

Ternyata bersepeda juga bisa mencegah terjadinya darah tinggi yang juga dapat menyebabkan kematian. Dengan bersepeda, jantung yang merupakan salah satu organ tubuh yang terserang darah tinggi bisa dikontrol detaknya kemudian lemak dalam tubuh yang juga penyebab darah tinggi dapat dilunturkan.

Mencegah Penyakit Jantung

Selain sangat baik mencegah hipertensi atau darah tinggi, bersepeda juga bermanfaat mencegah risiko penyakit jantung sebagai salah satu penyakit mematikan. Dengan bersepeda minimal 20 menit setiap harinya akan membantu Sobat dalam mengontrol detak jantung, mencegah risiko mudah lelah, dan mencegah obesitas.

Mengurangi Risiko Depresi

Merebaknya virus Corona ternyata menyebabkan depresi pada sebagian besar orang terutama yang kehilangan pekerjaan dan kecemasan akan Corona yang bisa dengan cepat menularkan siapa saja. Untuk mengatasinya, ternyata bisa diatasi dengan bersepeda. Tak hanya itu, bersepeda juga akan meningkatkan kualitas kebahagiaan dan kenyamanan hati.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Bersepeda juga dapat meningkatkan kemampuan otak apabila dilakukan berulang kali sehingga Sobat pun dapat terhindar dari demensia di kemudian hari. Sebuah studi tahun 2013 menyimpulkan bahwa selama bersepeda aliran darah pada otak meningkat dari 28% hingga 70% di area tertentu. Tidak hanya itu, bersepeda juga membuat beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40% bahkan setelah melakukan aktivitas tersebut, dan untuk hasil yang maksimal harus dilakukan selama 45-60 menit dan melakukannya 4 kali seminggu.

Meningkatkan Kemampuan Seksual

Bersepeda ternyata bisa meningkatkan kemampuan seks karena bersepeda itu sendiri ternyata dapat melatih dan membangun kelompok otot yang biasa digunakan dalam berhubungan seksual. Apabila otot-otot itu ternyata mempunyai kemampuan yang bagus, hal tersebut akan berdampak positif dalam berhubungan seksual sehingga bisa menghasilkan hubungan seksual yang berkualitas, dan bahkan bisa memperpanjang umur.

Mengatasi Insomnia

Apabila Sobat Sehat mengalami gangguan imsonia, cobalah bersepeda sebagai cara untuk mengatasinya selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali sehingga nantinya Sobat dapat tidur lebih cepat. Untuk hasil yang maksimal juga, Sobat bisa bersepeda di pagi hari ketika matahari belum terlalu terik. Hal ini dapat membantu kembali menormalkan jam biologus dan menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan imsomnia.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat terakhir dari bersepeda adalah dapat mengurangi risiko kanker. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar bahkan di usia tua ternyata dapat berisiko lebih rendah terkena kanker paru dan kanker kolokteral. Studi lain juga menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

Keunggulan Bersepeda Daripada Olahraga Lain

Efek Samping Rendah

Keunggulan pertama dari bersepeda  yang pertama adalah lebih sedikit ketegangan risiko cedera daripada bentuk-bentuk aktivitas fisik lainnya

Latihan Otot yang Baik

Bersepada juga dapat membuat semua kelompok otot utama bergerak saat mengayuh pedal

Mudah Dilakukan

Kenyataannya bersepeda itu mudah dilakukan karena tidak memerlukan keterampilan fisik tingkat tinggi

Bagus untuk Kekuatan dan Stamina

Stamina, kekuatan, dan kebugaran aerobik Sobat Sehat dapat meningkat hanya dengan bersepeda sehingga olahraga ini sangat dianjurkan

Hemat Waktu

Keunggulan terakhir bersepeda adalah dapat menghemat waktu apabila dijadikan sebagai transportasi untuk kehidupan sehari-hari menggantikan motor atau mobil yang tidak bisa terhindar dari kemacetan. Sedangkan dengan bersepeda Sobat cukup memilih  jalur lain atau khusus bersepeda yang sudah pasti bebas dari kemacetan. Jika sepeda Sobat adalah sepeda lipat tentu saja bisa diangkut ke dalam kereta.

Waktu Terbaik untuk Bersepeda

Waktu terbaik untuk bersepeda adalah dilakukan pada pagi dan siang hari karena dapat mengeluarkan banyak keringat untuk membantu membakar lemak terutama bagi Sobat yang sedang ingin menurunkan berat badan, serta dapat menormalkan jam biologis dan bisa mencegah insomnia. 

Tips Bersepeda di Tengah Pandemi

Lalu seperti apakah bersepeda yang baik dan aman di tengah pandemi. Berikut adalah tips-tipsnya:

Harus Memakai Masker

Karena bersepeda adalah salah satu aktivitas fisik di luar ruangan atau outdoor yang tentu saja area tersebut akan bersingunggan dengan orang banyak yang berpotensi memunculkan penularan virus Corona, masker harus tetap dikenakan sebagai salah satu pencegahan dan bagian dari protokol kesehatan di masa New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru. Apabila Sobat merasa tidak nyaman menggunakan masker, jangan dilepaskan tetapi turunkan saja intensitas bersepeda Sobat. Karena itu, supaya aman bersepedalah dengan intensitas yang ringan.

Melakukan Physical Distancing

Physical Distancing dalam berolahraga juga diperlukan supaya virus tidak banyak menyebar. Jika dalam keadaan tidak berolahraga, physical yang dilakukan adalah 1 meter, dalam bersepeda jaraknya adalah 6 meter hingga 20 meter jika mengayuh dengan kecepatan 30 kilometer per jam. Karena itu, dilarang berkerumun atau berkumpul.

Tidak Berjajar

Tak sedikit terjadi peristiwa kecelakaan yang melibatkan sepeda akhir-akhir ini. Karena itu, para pesepeda harus lebih peduli soal keselamatan. Salah satu cara paling mudah adalah tidak jalan berjajar saat bersama-sama.

Perhatikan Durasi

Durasi bersepeda di masa pandemi yang dianjurkan adalah 3-5 kali seminggu dengan durasi 30-45 menit. Hal ini mengacu pada FITT Principal, yaitu frequency, intensity, time, dan type. 

Bawa Makanan dan Minuman Sendiri

Menjaga asupan cairan saat bersepeda sudah menjadi keharusan. Akan tetapi karena masih dalam masa pandemi, sebaiknya Sobat membawa membawa makanan dan minuman  dari rumah, dan tidak membeli dari warung. Tujuannya supaya meminimalkan penularan virus.

Mematuhi Aturan Lalu Lintas

Tips terakhir adalah Sobat ketika bersepeda harus mematuhi aturan lalu lintas yang ada terutama ketika bersepeda di jalan raya. Karena itu, bersepedalah di jalur sepeda yang telah disediakan, dan jangan melawan arah yang bisa membahayakan keselamatan jiwa.

Itulah mengenai tren bersepeda di masa pandemi mulai dari manfaat hingga tipsnya yang bisa Sobat lakukan untuk menjaga imunitas tubuh supaya terhindar dari penyakit Corona. Apabila Sobat ingin mengetahui secara lenkap dan dalam manfaat bersepeda silakan klik ink Youtube berikut ini: https://youtu.be/abZ6kBO8j_w, atau dapat menonton langsung video di bawah ini,  dan jangan lupa subcribe Youtube Prosehat.

Selain itu, bagi Sobat yang memerlukan informasi kesehatan lainnya maupun membutuhkan produk-produk kesehatan, dapat mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat atau bisa menghubungi nomor Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800. Salam sehat!

Referensi:

  1. Bersepeda Menjadi Tren Positif di Tengah Pandemi Covid-19 [Internet]. iNews.ID. 2020 [cited 24 July 2020]. Available from: https://www.inews.id/lifestyle/seleb/bersepeda-menjadi-tren-positif-di-tengah-pandemi-covid-19
  2. Pasha A. 8 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita dan Pria Setiap Hari, Bikin Sehat Fisik Serta Mental [Internet]. liputan6.com. 2020 [cited 24 July 2020]. Available from: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3916003/8-manfaat-bersepeda-bagi-wanita-dan-pria-setiap-hari-bikin-sehat-fisik-serta-mental
  3. Media K. Tren Bersepeda di Tengah Pandemi Corona, Berikut Hal-hal yang Harus Diperhatikan Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2020 [cited 24 July 2020]. Available from: https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/21/061700965/tren-bersepeda-di-tengah-pandemi-corona-berikut-hal-hal-yang-harus?page=all
  4. developer m. Bersepeda Aman Di Masa Pandemi, Ini Tips dan Triknya [Internet]. Mediaindonesia.com. 2020 [cited 24 July 2020]. Available from: https://mediaindonesia.com/read/detail/325604-bersepeda-aman-di-masa-pandemi-ini-tips-dan-triknya
  5. Media K. Sayang Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2020 [cited 24 July 2020]. Available from: https://health.kompas.com/read/2020/06/04/120000168/sayang-dilewatkan-ini-5-manfaat-bersepeda-untuk-kesehatan?page=all
  6. 6. KAPAN WAKTU YANG IDEAL UNTUK BERSEPEDA? – Polygon Bikes [Internet]. Polygon Bikes. 2020 [cited 24 July 2020]. Available from: https://www.polygonbikes.com/id/kapan-waktu-yang-ideal-untuk-bersepeda/#:~:text=Rata%20rata%20olahraga%20pada%20umumnya,atau%2030%20menit%20dalam%20sehari.
  7. Simak Tips Bersepeda Aman di Masa Pandemi Corona: Jaga Jarak dan Jangan Sejajar [Internet]. kumparan. 2020 [cited 24 July 2020]. Available from: https://kumparan.com/kumparannews/simak-tips-bersepeda-aman-di-masa-pandemi-corona-jaga-jarak-dan-jangan-sejajar-1tiC1HgD3YL/full

Chat Asisten ProSehat aja