Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Persiapan Menikah di Tengah Corona Seperti Apa?

Sejak pandemi Corona melanda, banyak sekali orang yang terdampak, termasuk mereka yang mengadakan pernikahan. Tidak dapat dipungkiri, acara pernikahan dapat menjadi wadah penyebaran virus Corona apabila timbul kerumunan selama pelaksanaan acara. Hal ini membuat banyak orang yang ingin menikah berpikir berulang kali. Sebenarnya, menikah di tengah pandemi Covid-19 bukan suatu hal yang salah karena menikah merupakan kebutuhan biologis setiap manusia. Namun, mengadakan pesta pernikahan di tengah pandemi tentunya berbeda dan membutuhkan banyak persiapan khusus, selain persiapan fisik dan mental. Lalu, seperti apa persiapannya? Yuk, Sahabat Sehat yang ingin menikah silakan simak poin-poin di bawah ini!

menikah di tengah corona, persiapan menikah di tengah corona

Baca Juga: Siap Nikah? Lakukan 5 Persiapan Kesehatan Ini

Persiapan Menikah di Tengah Pandemi Corona

Periksa Kembali Daftar Tamu dengan Teliti

Pandemi Corona memang membuat aktivitas di luar rumah dan semua hal yang berhubungan dengan keramaian serba dibatasi. Hal ini tentu saja membuat orang-orang tidak bisa bepergian dengan bebas, termasuk ke pesta pernikahan. Pembatasan mobilitas ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus secara masif.

Ketika Sahabat ingin mengadakan pesta pernikahan di masa pandemi, hendaknya Sobat melihat kembali daftar para tamu yang akan diundang secara teliti. Usahakan jangan mengundang terlalu banyak tamu dan hanya mengudang beberapa orang terdekat saja, termasuk keluarga. Selain itu, jangan memaksakan orang-orang yang berhalangan hadir untuk datang karena Sahabat mungkin tidak tahu apakah mereka rentan terkena virus atau tidak.

Tetap Jalin Komunikasi dengan Vendor Pernikahan

Apabila Sahabat ingin mengadakan pesta pernikahan dalam gedung dan memakai jasa vendor, sebaiknya Sahabat menjalin komunikasi dengan vendor untuk mengantisipasi dan menerapkan adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi. Komunikasikan hal apa saja yang harus dilakukan jika Sahabat tetap berniat mengadakan pesta pernikahan.

Yang perlu diperhatikan juga adalah pilihlah vendor yang ramah, kooperatif, dan sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan pesta pernikahan di masa pandemi. Hal tersebut bisa Sobat telusuri melalui internet atau mencari referensi dari kerabat, teman, dan saudara. Jangan lupa untuk memilih jasa vendor yang sesuai dengan kebutuhan Sobat.

Pesanlah Gaun dan Cincin Secara Online

Ternyata, Sahabat bisa membeli keperluan pernikahan secara online, termasuk gaun dan cincin. Cara ini tentunya lebih aman dan nyaman. Sahabat tidak perlu khawatir terpapar virus yang mungkin bisa terjadi bila membeli langsung. Meski begitu, Sahabat tetap perlu memperhatikan beberapa hal, seperti ukuran tubuh dan jari. Apabila Sahabat memesan khusus, sedari awal mulailah memberikan informasi lengkap kepada si pembuat. Untuk panduannya, Sahabat bisa melihatnya di internet.

Mengadakan Pernikahan dengan Siaran Langsung

Pernikahan di masa pandemi Corona tidak dapat dilaksanakan dalam kondisi yang ramai. Untuk mengatasinya, Sahabat bisa mengadakan siaran langsung atau live streaming di YouTube, Instagram, dan Facebook. Cara ini setidaknya akan membuat pernikahan Sahabat di tengah pandemi tetap bermakna dan menjadi sesuatu yang memorable.

Baca Juga: Sebelum Menikah, Pria Juga Butuh Ini

Sediakan Tempat Sanitasi dan Jaga Jarak

Sahabat harus mempersiapkan hal yang satu ini, yaitu protokol kesehatan. Selain para tamu undangan yang wajib memakai masker, tentunya tempat sanitasi untuk mencuci tangan juga harus tersedia. Jangan lupa untuk meminta para tamu menjaga jarak saat agar pesta pernikahan yang digelar tidak menyebabkan penyebaran virus.

Jangan Makan Prasmanan

Penyediaan makanan juga harus diperhatikan. Sangat disarankan untuk tidak menyediakan makanan secara prasmanan karena lebih berpotensi menyebarkan virus. Sebaiknya, makanan disajikan dalam bentuk paket nasi kotak, lalu para tamu undangan dapat makan di tempat masing-masing atau langsung dibawa pulang.

Selain beberapa hal di atas, di sisi lain masa pandemi membuat Sahabat dapat mengadakan pesta pernikahan yang hemat biaya karena adanya larangan tidak boleh berkumpul dalam satu tempat. Sahabat mungkin tidak perlu pusing lagi soal biaya tempat, konsumsi, atau biaya untuk jasa make-up artist yang terlalu besar. Terlebih lagi, semua biaya yang dihemat tersebut bisa Sahabat alokasikan untuk berbagai tes kesehatan sebelum menikah.

Pentingnya Tes-tes Kesehatan Sebelum Menikah

Tes kesehatan sebelum menikah di tengah Corona merupakan hal yang sangat penting karena tes tersebut setidaknya dapat melindungi Sahabat dari berbagai macam penyakit termasuk Covid-19. Tes sebelum menikah ini dimaksudkan untuk mengenali riwayat penyakit, risiko penyakit, atau kondisi kesehatan yang dimiliki masing-masing pasangan. Dengan tes ini, pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin, sehingga saat menjalani rumah tangga Sahabat tidak akan terkejut.

Adapun tes kesehatan sebelum menikah itu meliputi:

  • Pemeriksaan darah
  • Pemeriksaan golongan darah dan rhesus
  • Mendeteksi hepatitis B surface antigen (HBsAg)
  • Pemeriksaan kadar gula darah
  • Tes TORCH
  • Pemeriksaan infeksi menular seksual
  • Pemeriksaan urine
  • Pemeriksaan organ reproduksi

Produk Terkait: Layanan Vaksinasi Pranikah

Selain serangkaian tes di atas, yang tak kalah pentingnya adalah pemeriksaan Covid-19 dengan rapid antigen untuk mendeteksi dini infeksi Covid-19. Pemeriksaan ini sebaiknya tak hanya dilakukan Sahabat, tetapi juga para kerabat dan tamu yang diundang dalam jumlah yang minimal.

Baca Juga: Wanita Menikah Wajib Lakukan Pap Smear?

Itulah beberapa persiapan yang perlu Sahabat lakukan ketika hendak menikah di tengah pandemi Corona. Selain pemeriksaan sebelum menikah, Sahabat juga bisa melakukan vaksinasi pranikah di Prosehat yang mempunyai layanan vaksinasi ke rumah. Layanan ini mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Persiapan Pernikahan di Tengah Pandemi COVID-19 [Internet]. orori.com. 2021 [cited 18 February 2021]. Available from: https://www.orori.com/ororeads/persiapan-pernikahan-di-tengah-pandemi-covid-19
  2. 8 Tips Hemat Menyelenggarakan Pernikahan di Masa Pandemi [Internet]. kompas.com. 2021 [cited 18 February 2021]. Available from: https://money.kompas.com/read/2020/12/09/233700426/8-tips-hemat-menyelenggarakan-pernikahan-di-masa-pandemi?page=all
  3. Tarigan M. Pandemi Membuat Persiapan Pernikahan Kilat dan Tidak Ruwet [Internet]. Tempo. 2021 [cited 18 February 2021]. Available from: https://gaya.tempo.co/read/1395349/pandemi-membuat-persiapan-pernikahan-kilat-dan-tidak-ruwet
  4. Mau Nikah Dalam Waktu Dekat? Jangan Lupa Jalani Tes Kesehatan Pra Nikah! [Internet]. Grid.ID. 2021 [cited 18 February 2021]. Available from: https://www.grid.id/read/042514008/mau-nikah-dalam-waktu-dekat-jangan-lupa-jalani-tes-kesehatan-pra-nikah?page=all

Chat Asisten ProSehat aja