Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Ini 5 Perbedaan Tumor dan Kanker

Kanker dan Tumor merupakan penyakit yang sukar dibedakan. Terkadang kita masyarakat awam yang tidak mengenal secara detil di dunia kesehatan akan sulit membedakannya. Sebenarnya apa saja perbedaan tumor dan kanker? Simak ulasan 5 perbedaan tumor dan kanker di bawah ini.

  1. Tumor Membengkak, Kanker Bermutasi

Pada dasarnya tumor merupakan benjolan dan terdapat pada selaput yang menyelimutinya. Sedangkan kanker merupakan kerusakan DNA yang menyebabkan proses mutasi sel kanker. Dari sini dapat diketahu kanker lebih berbahaya.

Baca Juga: Ternyata Kurang Tidur Pacu Kanker Payudara

  1. Tumor Jinak dan Ganas, Kanker Bisa Saja Tumor Ganas

Tumor dapat dibagi menjadi dua, yakni tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak sangat mudah untuk diatasi, misalnya saja mengangkat sel tumor dalam tubuh. Sedangkan sel ganas sulit untuk diatasi. Kanker merupakan tumor yang sangat ganas. Jadi kanker bisa juga disebut dari perkembangan tumor yang amat ganas.

  1. Pertumbuhan Tumor Lambat, Pertumbuhan Kanker Sangat Cepat

Pertumbuhan pada tumor cenderung lambat, memerlukan proses bertahun-tahun baru dapat diketahui petumbuhannya dan dapat dirasakan sakitnya. Sedangkan sel-sel kanker tumbuh dengan sangat cepat.

Baca Juga: Lindungi Diri Anda Dari Kanker Serviks

  1. Tumor Mudah Diatasi, Kanker Membutuhkan Waktu Lama Untuk Mengatasinya

Tumor, terutama tumor jinak tidaklah berbahaya jika dekatahui sejak dini dan dapat segera dioperasi. Setelah operasi tumor dinyatakan sembuh. Beda halnya dengan Kanker, kanker tidak bisa disembuhkan dengan operasi instan. Kanker hanya bisa disembuhkan dengan kemoterapi dan perawatan khusus secara berkala.

  1. Benjolan Kanker akan Terasa Keras, Benjolan Tumor Cenderung Lebih Kenyal

Dalam penyakit kanker payudara benjolan dapat dirasakan secara jelas. Benjolan yang terjadi karena kanker biasanya akan terasa keras dan padat ketika diraba. Beda halnya dengan benjolan tumor yang cenderung lebih kenyal.

Baca Juga: 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kemoterapi

Kelima hal mendasar itulah yang harus diketahui oleh masyarakat luas. Hal ini berguna agar masyarakat tidak menyalah artikan dan salah konsep mengenai tumor dan kanker. Kanker juga menjadi perhatian oleh pemerintah. Karena kanker sangat berbahaya dan mematikan.

Demikian artikel mengenai “5 Perbedaan Tumor dan Kanker“. Kenali perbedaan tumor dan kanker, hindari kedua penyakit tersebut dan jagalah tubuh agar tetap sehat. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya.

Diulas oleh: dr. Anindi Putri Harjanti

WhatsApp Asisten Maya saja