Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Ternyata, Kurang Tidur Picu Kanker Payudara!

Kanker merupakan penyakit yang sangat mengerikan. Kanker payudara sangat ditakuti oleh semua wanita. Tidak main-main penyakit kanker payudara dapat mengenai segala usia, bahkan ada pula beberapa kasus kanker payudara pada laki-laki. Banyak sekali faktor yang dapat memicu kanker payudara. Namun, apakah kurang tidur juga merupakan faktor dalam terjadinya kanker payudara? Simak ulasannya berikut ini!

 

Kurang tidur ternyata benar-benar dapat memicu kanker payudara. Orang yang kurang tidur akan meningkatkan resikonya terkena kanker payudara. Sebuah riset dari Michigan State University menemukan hormon melatonin. Hormon yang diproduksi otak agar mudah tidur, nyatanya terbukti dalam menekan pertumbuhan tumor.

 

Bahayanya, bagi orang yang kurang tidur  jumlah hormon melatonin akan berkurang sangat dramatis. Hal ini pun membuktikan bahwa orang-orang yang bekerja pada shift malam dan orang yang gemar begadang memiliki resiko kanker payudara lebih besar.

 

Pencahayaan buatan dalam ruangan juga dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Jadi, ketika tidur kurangi atau matikan penerangan dalam kamar. Pencahayaan dan perangkat elektronik lainnya memiliki potensi kanker payudara menjadi lebih besar.

 

Dasarnya, kurang tidur atau tidur dengan pencahayaan buatan akan mempengaruhi hormon melatonin. Hormon ini adalah hormon dalam tubuh manusia yang berkaitan dengan rasa kantuk dan mendukung tidur nyenyak. Ketika kadar melatonin dalam tubuh berkurang saat kekurangan tidur, maka tubuh akan semakin aktif memproduksi hormon esterogen. Hormon esterogen inilah yang menjadi benang merah pada perkembangan sel kanker payudara, terutama sel kanker tersebut sensitif terhadap hormon.

 

Untuk mencegah kanker payudara hidup sehat juga perlu ditambah dengan menjaga waktu dan kualitas tidur karena tidur ternyata penting untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Coba Anda hindari lembur hingga larut malam dan perhatikan jadwal kerja terutama bagi Anda yang bekerja dalam rotasi shift 24 jam.

 

Usahakan pula untuk bangun di pagi hari dalam waktu yang sama tiap harinya. Meskipun kurang tidur dapat mengurangi resiko tumbuhnya sel kanker, Anda juga harus menghindari tidur siang dalam waktu yang lama. Usahakan tidur siang dilakukan beberapa menit saja. Jika Anda memiliki masalah susah tidur, mulailah rutin berolahraga tiap hari. Namun ada baiknya pula untuk tidak berolahraga 2 jam sebelum tidur.

 

Demikian artikel mengenai “Kurang Tidur Memicu Kanker Payudara“. Mari kita atur pola tidur yang baik agar terhindar dari kanker payudara. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya.

Diulas oleh: dr. Anindi Putri Harjanti

WhatsApp Asisten Maya saja