Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

11 Cara Memantau Kesehatan Mata Saat WFH

Manusia menghabiskan waktunya lebih dari sembilan jam per hari untuk melihat layar digital. Namun, terlalu lama melihat layar digital berdampak terhadap kesehatan mata, terutama karena efek cahaya biru yang dihasilkan oleh layar. Sahabat Sehat hendaknya rutin memantau kesehatan mata setiap tahunnya.

cara memantau kesehatan mata

Baca Juga: Mata Kuning Sebagai Gejala Hepatitis A

Saat ini, dunia sedang berada dalam kondisi pandemi, sehingga semua kegiatan dilakukan secara online dan menyebabkan waktu yang dihabiskan untuk melihat layar digital lebih banyak.

Berikut adalah cara memantau kesehatan mata

1. Melakukan pemeriksaan mata setiap 12 bulan

Sahabat Sehat harus rutin memeriksakan mata guna menjaga kesehatan mata karena apabila terjadi masalah penglihatan dan tidak ditangani dengan segera, dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Sahabat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata setahun sekali, terutama mereka yang bekerja dengan laptop dalam jangka waktu yang lama.

2. Kacamata hitam anti UV

Seperti yang sudah diketahui bersama, sinar UV dapat membuat kerusakan yang serius pada mata. Sahabat Sehat jangan menyepelekan sinar matahari, karena sinar matahari bisa mengganggu kesehatan pada mata.

Sahabat dapat menggunakan kacamata hitam yang memiliki perlindungan sinar UV. Jangan lupa, saat membeli kacamata pastikan untuk memilih kacamata yang dapat memantulkan paling sedikit 98% radiasi UV.

3. Konsumsi makanan yang sehat

Cara yang satu ini adalah cara yang sangat mudah untuk menjaga kesehatan mata. Sahabat Sehat dapat memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Terutama buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A dan beta karoten seperti apel, melon, papaya, jeruk, dan wortel.

Produk Terkait: Jual Vitamin dan Multivitamin

Wortel dikenal sangat ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan wortel memiliki beta karoten yang tinggi. Selain itu, beta karoten di dalam wortel juga merupakan antioksidan yang bisa mengurangi risiko degenerasi makula atau penurunan penglihatan pusat saat memandang lurus.

Selain wortel, kuning telur dan juga susu ternyata banyak mengandung vitamin A yang bagus dan berguna untuk menjaga kesehatan mata. Baru-baru ini, terdapat studi yang menunjukan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan selain mencegah atau memperlambat degenerasi makula, juga dapat memperlambat pertumbuhan katarak.

4. Hindari pemakaian lensa kontak terlalu lama

Jika Sahabat Sehat biasa menggunakan lensa kontak terlalu lama, hal tersebut dapat merusak kesehatan mata. Jadi, pakailah lensa kontak dengan batas yang wajar, yaitu paling lama delapan jam.

Pemakaian lensa kontak yang lama bisa menimbulkan kerusakan mata secara permanen. Meskipun kualitas lensanya tidak akan berkurang, tetapi lama kelamaan akan mengaburkan penglihatan mata.

Jadi, hal yang harus dipertimbangkan adalah, semakin lama Sahabat Sehat memakai lensa kontak, maka semakin tinggi juga resiko mata terkena infeksi.

5. Gunakan lensa kontak yang memiliki kualitas baik

Lensa kontak memiliki kualitas yang bermacam-macam. Bahkan tidak semua lensa kontak sama, ada yang aman untuk mata dan ada juga yang berisiko untuk merusak mata.

Produk Terkait: Obat Mata

Apabila Sahabat Sehat ingin memakai lensa kontak, diharapkan memiliki kualitas yang baik, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Rawat lensa kontak

Jika Sahabat Sehat memakai lensa kontak, haruslah merawatnya dengan baik. Merawat lensa kontak nyatanya tidak terlalu merepotkan, jadi jangan sekali-sekali mengabaikan kebersihan dari lensa kontak. Sahabat Sehat juga diharuskan mengganti cairannya ketika melepaskan lensa kontak.

7. Hindari penggunaan cahaya yang berlebihan

Sahabat Sehat dapat menggunakan cahaya yang cukup dan tidak berlebihan karena apabila cahayanya kurang, dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Sedangkan apabila menggunakan cahaya yang berlebih juga tidak baik.

Sahabat Sehat bisa mendapatkan cahaya terbaik dengan mengurangi tingkat terang yang ada pada layar monitor atau ponsel. Pastikan cahaya yang cukup akan membuat bekerja jauh lebih nyaman.

8. Biarkan mata untuk beristirahat

Cara yang mudah untuk tetap memantau kesehatan mata, yaitu dengan memberikan mata untuk beristirahat. Biasanya setelah selesai bekerja terlalu dalam di depan perangkat digital, membuat mata menjadi tidak nyaman.

Hal tersebut biasanya disebabkan karena mata berkedip 25 persen lebih sedikit dari biasanya dan menyebabkan mata menjadi kering.

Apabila sudah seperti itu, Sahabat Sehat dapat menutup mata dan menghitung sampai lima detik sebelum membukanya kembali. Sahabat Sehat bisa melakukannya selama beberapa menit atau setiap 30 menit.

Selain itu, setiap 20 menit setelah melihat monitor Sahabat Sehat dapat mengistirahatkan mata dengan cara melihat ke depan sejauh 2 meter.

9. Hindari merokok

Merokok diketahui berbahaya bagi tubuh atau kesehatan. Tidak hanya itu, merokok juga ternyata bisa mempengaruhi kesehatan mata, Sahabat Sehat bisa mulai mengurangi rokok jika ingin mata tetap sehat.

Baca Juga: Dampak Negatif Merokok bagi Kesehatan Mata

10. Gunakan filter monitor

Guna mengurangi sinar yang menyilaukan dan mengurangi radiasi yang dipancarkan oleh layar monitor, Sahabat Sehat dapat menggunakan filter glass monitor. Sahabat Sehat bisa membelinya yang berguna untuk meredupkan cahaya monitor dan juga mampu mengurangi pengaruh radiasi.

11. Mengompres mata dengan mentimun

Cara mudah yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan mata, yaitu mengompros mata dengan mentimun. Caranya adalah, iris mentimun yang sudah bersih, kemudian hanya tinggal dikompres di kelopak mata.

Sensasi dingin dan juga segar yang dimiliki oleh mentimun bisa membantu Sahabat Sehat untuk mencegah kebengkakan mata dan timbulnya kantong mata.

Baca Juga: Apa Saja Risiko Kurang Konsumsi Buah dan Sayur?

Sahabat Sehat bisa gunakan irisan mentimun di mata sebelum tidur, kurang lebih selama 10 menit. Sahabat Sehat juga bisa melakukan kegiatan ini secara rutin, agar kesehatan mata bisa tetap terjaga.

Nah, kini Sahabat Sehat sudah mengetahui caranya menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan bisa dilakukan secara rutin.

Sahabat Sehat juga bisa menggunakan Wish Health Watch, yaitu sebuah smartwatch yang mampu memantau kesehatan data dari penggunanya.

Data yang didapat memiliki tingkat keakuratan yang tinggi dan bisa langsung terintegrasi ke ponsel penggunanya, sehingga pengguna bisa dengan mudah memantau kesehatan tubuhnya di mana saja dan kapan saja.

Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Dinkes.deliserdangkab.go.id. 2021. Cara Menjaga Kesehatan Mata. [online] Available at: <https://dinkes.deliserdangkab.go.id/cara-menjaga-kesehatan-mata.html> [Accessed 25 March 2021].
  2. Direktorat P2PTM. 2021. Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata? – Direktorat P2PTM. [online] Available at: <http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/gangguan-indera-fungsional/bagaimana-cara-menjaga-kesehatan-mata> [Accessed 25 March 2021].
  3. suara.com. 2021. Tips Merawat Kesehatan Mata Saat Menggunakan Komputer. [online] Available at: <https://www.suara.com/health/2021/03/01/214715/tips-merawat-kesehatan-mata-saat-menggunakan-komputer> [Accessed 25 March 2021].

Chat Asisten ProSehat aja