Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Apa Saja Dampak Negatif Merokok Bagi Kesehatan Mata?

Dampak negatif merokok selama ini banyak dikaitkan dengan penyakit pada organ-organ vital dalam tubuh yang berhubungan dengan pernapasan seperti paru-paru dan jantung. Selain itu, merokok ternyata  dapat menyebabkan kanker seperti kanker paru-paru, kanker kandung kemih, dan kanker serviks. Namun, ternyata merokok juga dapat membahayakan organ penglihatan kita, yaitu mata.

dampak negatif merokok

Baca Juga: Dampak Langsung Merokok Setelah Buka Puasa

Dampak Negatif Merokok Bagi Kesehatan Mata

Dilansir dari American Academy of Ophtalomology, berikut adalah dampak negatif merokok bagi kesehatan mata yang perlu Sahabat ketahui:

Mata kering

Dampak negatif pertama adalah Sahabat akan mengalami mata kering. Kondisi ini diakibatkan oleh kurangnya produksi air mata. Hal yang dirasakan adalah mata terasa lebih gatal, perih, terbakar, dan memerah.

Katarak

Selain mata kering, dampak berikutnya adalah katarak. Penyakit ini dapat mengaburkan lensa kuning alami mata Sahabat. Akibatnya, penglihatan menjadi kabur dan warna menjadi kusam, pudar, atau kekuningan. Untuk menghilangkannya, katarak harus diangkat melalui operasi.

Degenerasi Makula

Ini adalah penyakit yang terjadi ketika makula atau bagian retina menjadi rusak. Rusaknya  makula ini menyebabkan Sahabat kelihatan penglihatan utama dan akhirnya tidak dapat melihat detail dengan bagus. Meski begitu penglihatan perifer atau samping tetap normal. Penyakit ini tidak bisa diobati malah obat-obatan dan pembedahan yang disarankan malah membuat keadaan lebih buruk. Sebuah studi menyimpulkan bahwa perokok dan mantan perokok lebih rentan terkena degenerasi makula daripada yang tidak.

Baca Juga: Mata Kuning Sebagai Gejala Hepatitis A, Kenali Lebih Jauh Penyakit Ini

Retinopati Diabetik

Kondisi ini dialami oleh perokok yang mempunyai Diabetes. Penyakit terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah di mata. Hal ini akan menyebabkan penglihatan kabur atau terdistorsi, dan mungkin mengalami kebutahan. Mengatasi retinopati ini bisa dengan pengobatan dan pembedahan.

Gangguan Saraf Optik

Dampak negatif merokok yang juga dirasakan bagi kesehatan mata adalah gangguan saraf optik. Saraf ini menghubungkan mata ke otak. Kerusakannya dapat menyebabkan kebutaan dan glaukoma.

Uveitis

Penyakit ini menyerang bagian mata yang disebut dengan uvea, lapisan tengah dinding mata yang menjadi meradang dengan kondisi merah dan bengkak. Efek yang ditimbulkan adalah mata merah, nyeri, dan mengalami masalah pada penglihatan.

Penyakit Grave

Ini adalah penyakit pada kelenjar tiroid. Salah satu gejalanya adalah mata melotot. Perokok yang mengidap penyakit ini berisiko mengalami kondisi mata yang semakin parah serta bisa kehilangan penglihatan.

Pengaruh Merokok bagi Kondisi Mata Bayi Saat Kehamilan

Selain penyakit-penyakit mata di atas merokok juga sebenarnya secara tidak langsung akan berpengaruh pada kehamilan. Apabila Sahabat merokok saat hamil, bayi yang dilkandung akan berpotensi terkena meningitis 5 kali lebih saat lahir dan mengalami masa tumbuh-kembang. Meningits dapat menyebabkan infeksi mata dan masalah penglihatan lainnya.

Produk Terkait: Layanan Vaksinasi Meningitis

Selain itu, merokok selama kehamilan dapat meningkatkan risiko melahirkan terlalu dini atau prematur. Kelahiran ini dapat menyebabkan masalah mata yang serius, yang disebut dengan retinopati prematuritas. Kondisi ini dapat menyebabkan bayi kehilangan penglihatan atau kebutaan permanen. Tak hanya itu, balita dan anak-anak yang berisiko menjadi perokok pasif, menurut sebuah penelitian, sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan mata saat berusia 6 tahun.

Cara Melindungi Mata dari Asap Rokok

Bagi Sahabat yang tidak ingin terpapar asap rokok yang tentu saja berbahaya bagi kesehatan mata sehingga menjadi perokok pasif, berikut ini adalah cara-caranya:

  • Tidak membolehkan orang merokok di dalam rumah
  • Tidak membolehkan orang merokok di dalam mobil Sahabat
  • Buat ruang kerja di kantor menjadi no smoking area
  • Pilih area tanpa merokok jika berada di tempat umum
  • Jaga jarak dengan perokok jika terpaksa satu ruangan
  • Tawarkan dukungan berhenti merokok

Baca Juga: Ingin Berhenti Merokok? Konsumsilah 6 Makanan Berikut Ini

Itulah dampak negatif merokok bagi kesehatan mata yang perlu Sahabat ketahui. Karena itu, bagi Sahabat yang masih aktif merokok, berhentilah, dan bagi Sahabat yang pasif agar menghindari. Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut tentang bahaya merokok dan produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Referensi:

  1. Media K. Rokok Sebabkan 50 Persen Kematian Akibat 12 Jenis Kanker, Kok Bisa? [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 3 February 2021]. Available from: https://sains.kompas.com/read/2019/07/11/163500123/rokok-sebabkan-50-persen-kematian-akibat-12-jenis-kanker-kok-bisa-
  2. Smoking and Eye Disease [Internet]. American Academy of Ophthalmology. 2021 [cited 3 February 2021]. Available from: https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/smokers
  3. Tips Menghindari Asap Rokok Bagi Perokok Pasif [Internet]. detikHealth. 2021 [cited 3 February 2021]. Available from: https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1694173/tips-menghindari-asap-rokok-bagi-perokok-pasif

 

Chat Asisten ProSehat aja