Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

8 Cara Mengatasi Kantuk Saat Berpuasa yang Efektif

Cara Mengatasi Kantuk Saat Puasa – Rasa mengantuk biasanya dapat dihilangkan dengan  minum kopi atau makan camilan. Namun, cara ini nggak berlaku, ya saat ramadhan, karena kita harus berpuasa dari subuh hingga maghrib tiba. Mengantuk saat puasa disebabkan oleh perubahan siklus tidur. Biasanya kita bangun saat subuh, tapi  saat Ramadhan kita harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Mengatasi hal itu maka lakukan 8 cara berikut ini:

  1. Hindari Begadang

begadang

Menghindari begadang merupakan cara yang tepat agar tidak mengantuk saat siang hari. Tundalah untuk menonton tim bola kesayangan Anda yang sedang bertanding, agar anda tidak mengantuk pagi harinya. Hal ini disebabkan karena saat puasa, jam tidur kita akan berkurang menjadi 5-6 jam setiap harinya. Padahal kita disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap harinya.

Kurang tidur dapat menghilangkan konsentrasi saat beraktifitas, memperburuk kondisi kesehatan tubuh, kulit terlihat lebih tua, obesitas, stres meningkat dan mudah lupa.

  1. Gerakan Tubuh

Saat mengatuk melanda, bergeraklah untuk menguranginya. Lakukanlah gerakan ringan di depan layar komputer selama beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Selain itu bergerak dapat memenuhi pasokan oksigen ke otak.

Beberapa gerakan yang bisa Anda ikuti yaitu Seated Backbend atau Desk Shoulder Opener. Gerakan seated backbend sangat mudah dilakukan, duduk secara tegak, ambil napas dalam-dalam dan renggangkan kedua tangan Anda ke atas, tahan selama 20 detik dan lepaskan.

Sedangkan gerakan Desk Shoulder Opener tetap menggunakan kedua tangan, tapi tangan Anda ditaruh diatas meja. Lalu geser kursi Anda ke belakang dan jatuhkan kepala kearah lantai diantara lengan untuk meregangkan otot bahu yang kaku selama 15 detik.

  1. Cuci Mata Anda

Menghadap  layar komputer selama seharian membuat mata terasa lelah dan membuat Anda mengantuk. Usahakanlah untuk mengganti pemandangan saat mengantuk. Alihkan pandangan dari layar komputer Anda selama 20 detik. Lakukan hal itu setiap 20 menit sekali, hal ini membuat mata dan pikiran lebih segar.

  1. Mendengar Musik

Pekerjaan yang monoton memang membuat rasa mengantuk datang. Usir rasa ngantuk Anda dengan mendengarkan musik melalui headphone. Selain menghilangkan rasa mengantuk, mendengarkan musik dapat memberikan efek menenangkan, membangkitkan mood, meningkatkan sistem imun dan mengurangi tekanan darah.

Menurut Daniel Levitin, neuroscientist kognitif dan penulis buku This is Your Brain on Music yang dilansir dari Vemale mengatakan, mendengarkan musik sambil bekerja akan menurunkan tingkat produktivitas kerja karena fokus yang terbagi.

Disarankan mendengarkan musik selama 10-15 menit sebelum bekerja. Hal ini dapat membantu membangun mood Anda. Namun jika pekerjaan yang Anda terlihat monoton, maka Anda dapat mendengarkan musik sambil bekerja sebagai mood booster yang meningkatkan semangat dan suasana hati Anda.

  1. Tidur Sejenak

Jika rasa mengantuk tidak tertahankan, maka manfaatkan waktu luang Anda untuk tidur sejenak. Atur tidur siang Anda dengan alarm selama 5-25 menit saja. Jika tidur terlalu lama akan menimbulkan sindrom metabolik yang ditandai dengan tekanan darah yang tinggi, kadar kolesterol tinggi, kadar gula darah meningkat serta muncul lemak berlebih sekitar pinggang. Anda juga dapat rentan mengalami penyakit jantung dan juga diabetes.

  1. Cari Sinar Matahari

Penyebab dari mengantuk ditempat kerja dapat dipengaruhi oleh ruangan kerja yang sedikit gelap. Mengatasi hal itu, duduklah didekat jendela atau keluar sebentar untuk merasakan hangatnya sinar matahari saat kantuk menyerang.

  1. Mencuci Muka Anda

cuci muka

Mencuci muka menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa mengantuk. Selain menghilangkan rasa mengantuk, manfaat cuci wajah sebanyak 2 kali sehari dapat menghilangkan kotoran dan menyegarkan wajah Anda. Gunakan air dingin yang dapat mengencangkan pori-pori dan mencegah partikel yang dapat membuat wajah Anda berkeriput.

  1. Berdiskusi dengan Rekan Kerja

diskusi dengan teman kerja

Cara selanjutnya untuk mengusir kantuk yaitu berdiskusi bersama rekan kerja. Berdiskusi dapat meningkatkan rasa saling menghagai dan mengurangi rasa canggung sesama rekan kerja. Selain itu akan banyak ide-ide baru yang bisa Anda dapatkan demi kemajuan bersama. Dibandingkan menahan rasa kantuk Anda.

Itulah 8 cara untuk mengatasi mengantuk saat puasa. Selain itu mengkonsumsi makanan sehat juga penting untuk kelancaran Puasa Anda. Makanan sehat bisa Anda dapatkan di ProSehat, selain itu Anda juga bisa mendapatkan vaksinasi kesehatan dengan menghubungi Maya Asisten Kesehatan ProSehat melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800. Jangan lupa juga untuk install aplikasi prosehat atau akses website www.prosehat.com

Referensi :

  1. Irawati, Sylvia. “Atasi Kantuk di Bulan Puasa”. Diakses pada 14 Mei 2018
  2. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. “Istirahat Cukup”. Diakses pada 14 Mei 2018
  3. Nordhem, Meredith. “5 Office Yoga Poses (That Won’t Freak Out Your Coworkers)”. Diakses pada 14 Mei 2018
  4. Bratskeir, Kate. “10 Ways To Wake Up Without a Cup of Coffee”. Diakses pada 14 Mei 2018
  5. Anindyakirana, Febi. “Jangan Dengarkan Musik Saat Kerja! Ini Alasan Ilmiahnya”. Diakses pada 14 Mei 2018
  6. Lestari, Ayu Puji. “5 Manfaat yang Kamu Dapatkan dari Mendengarkan Musik”. Diakses pada 14 Mei 2018
  7. Anna, Lusia K. “Tidur Siang Terlalu Lama”. Diakses pada 14 Mei 2018
  8. Atmasari, Rina. “Manfaat Cuci Muka 2 Kali Sehari”. Diakses pada14 Mei 2018
  9. Melani, Agustina. “8 Manfaat Menyapa Seseorang Saat Pagi hari”.

WhatsApp Asisten Maya saja