Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Cara Menangani Flu dengan Cepat dan Mudah

Sobat pasti sudah tidak asing kan dengan flu atau influenza ? penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini menyerang saluran pernafasan manusia. Biasanya, influenza menyerang tiba-tiba kemudian menular ke banyak orang disekitarnya. Flu rata-rata terjadi tidak terlalu lama sekitar 7-10 hari dan biasanya hilang setelah istirahat serta mengonsumsi obat. Namun, bila terlalu lama diderita, flu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan dapat mengurangi produktivitas kerja.

Mungkin banyak yang menyepelekan, tetapi menurut penelitian setiap tahunnya ada sekitar 15% kasus flu menyerang  250.000 – 500.000 orang di sebuah negara secara rutin. Selain itu, jenis baru dari influenza A (H1N1) bahkan dapat menyerang dan menyebabkan wabah pada Juni 2009.  Flu seringkali timbul pada musim dingin atau ketika suhu menurun.

Sebagian orang dapat terserang flu bahkan lebih dari 4 kali dalam setahun, hal tersebut terjadi karena virus menyerang tiba-tiba atau karena tertular kembali dari orang lain. Yuk, mari kita bahas tentang 7 cara menangani flu dengan cepat dan mudah selengkapnya.

  1. Perbanyak cairan

Flu biasanya memberikan rasa tidak nyaman seperti hidung mampet di malam hari sedangkan hidung akan meler mengeluarkan cairan di siang hari. Hal seperti ini akan membuat tubuh kekurangan cairan akibat pilek yang dialami, khususnya anak-anak. Pemberian air putih ataupun jeruk hangat yang ditambahkan madu dapat mengurangi gejala tidak enak yang dialami saat flu.

Baca Juga: 10 Ciri – Ciri Terkena Hepatitis B

Saat kita flu, hindari dulu soda, kopi dan berbagai jenis minuman yang dingin karena akan menambah virus flu dalam tubuh. Bila flu bertambah parah disertai dengan demam, badan akan  terasa lelah dan metabolisme tubuh turun. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Perbanyak konsumsi air putih agar tubuh anda cepat pulih dari flu.

  1. Makan sup ayam hangat

Siapa sangka sup ayam hangat dapat meredakan gejala flu ringan? Penelitian menyebutkan bahwa sup ayam hangat mengandung bahan-bahan bermanfaat seperti sistein, asam amino dan vitamin yang dapat meredakan gejala flu. Nafsu makan Sobat hilang karena flu? Segera konsumsi makanan ini sebagai penambah energi agar cepat sembuh.

  1. Berikan probiotik

Jika yang menderita flu ringan adalah anak-anak, lebih mudah memberikan probiotik untuk mengusir flu dibandingkan obat. Berikan yoghurt atau susu yang mengandung probiotik agar daya tahan tubuh anak meningkat dan gejala flu reda. Bakteri baik pada probiotik akan membantu mengusir dan melawan virus di dalam tubuh. Minuman seperti ini cukup mudah didapatkan, Sobat tinggal pergi ke pasar swalayan atau toko kelontong untuk mendapatkannya. Jangan lupa, ya,  untuk memberikan asupan nutrisi yang bergizi sehingga mereka cepat pulih kembali.

Produk Terkait: Nature’s Plus Acidophilus 90’s-Probiotik

  1. Istirahat Maksimal

Orang dewasa atau anak-anak yang terserang flu membutuhkan istirahat yang cukup. Tidur akan membuat sistem kekebalan mengatur ulang kembali tubuh yang tadinya kurang sehat menjadi sehat kembali. Jangan ragu untuk meliburkan anak jika memang flu yang dilanda sudah cukup berat. Maksimalkan istirahat anak untuk mengembalikan tenaga mereka.

  1. Uap Air

Sekarang ini, banyak ibu muda yang membawa anak atau bayinya yang sedang flu ke rumah sakit untuk di uap. Cara tersebut baik dilakukan ketika anak/bayi mengalami kesulitan bernafas. Namun, jika Sobat sedang tidak berada di perkotaan yang dekat dengan rumah sakit, Sobat bisa melakukannya sendiri di rumah untuk mengatasi flu yang menyerang.

Baca Juga: 8 Home Remedy Untuk Obat Batuk Anak

Sobat dapat menuangkan air panas di mangkok ataupun wadah, lalu dudukan anak tersebut di depan baskom dan kerudungi dengan handuk basah. Jaga anak agar tidak menyentuh air panas dan diamkan wajahnya didekat uap air tersebut. Sobat juga dapat menambahkan minyak kayu putih di air panas tersebut agar bisa terhirup oleh hidung dan melegakan pernafasan anak-anak.

  1. Mandi Air Hangat

Banyak orang tua menghindari memandikan anak ketika pilek atau flu karena khawatir penyakitnya semakin parah. Padahal, tidak ada salahnya memandikan anak saat mereka flu. Jika Sobat tidak memandikannya sama sekali, tubuh anak akan terasa tidak nyaman dan juga lengket.

Sobat bisa menggunakan handuk yang dicelupkan ke air hangat kemudian membasuhnya pada anak, sehingga mereka tidak akan merasa lengket dan nyaman setelahnya. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan merendam anak di air hangat dan membasuh dalam waktu singkat. Badan bersih dan diharapkan anak dapat pulih dengan cepat.

  1. Vaksin Flu

Hal terakhir yang paling ampuh untuk mencegah flu adalah vaksin. Vaksin flu aman diberikan kepada dewasa dan anak. Vaksin ini dapat mencegah sobat terkena flu selama satu tahun ke depan.

Banyak yang masih menyepelekan vaksin flu karena merasa penyakit ini dapat  disembuhkan tanpa menggunakan vaksin. Pada dasarnya Sobat tidak pernah tahu, kan jenis flu apa yang dapat menyerang, sehingga vaksin menjadi pilihan utama agar terhindar dari flu yang mengganggu kesehatan.

Nah, Sobat, sudah tahu kan, apa saja yang dapat dilakukan bila flu menyerang. Jangan menunggu flu menyerang terlalu lama, ya. Segera lakukan hal di atas agar  Sobat dapat pulih kembali secepatnya. Semoga lekas sembuh, ya. Ingat sehat, ingat Prosehat.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja