Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

8 Home Remedy Mudah Obat Batuk Anak

Pasti sedih ya mendengar anak batuk di tengah malam? Walaupun batuk membuatnya kesakitan, ternyata proses batuk memiliki tujuan yang baik. Ketika tenggorokan kita mengalami iritasi, otak mengira bahwa ada benda asing di tenggorokan Anda sehingga menyuruh tenggorokan untuk batuk dengan tujuan membuang benda asing tersebut. Batuk yang sering disertai pilek pada anak kebanyakan disebabkan oleh virus. Jadi, pada dasarnya yang diperlukan hanyalah obat batuk alami dan daya tahan tubuh yang kuat. Sedangkan obat batuk alami akan membantu ia merasa lebih nyaman.

Baca Juga: Jika Anak Sering Batuk Pilek, Coba Perhatikan Asupannya

klik di sini beli obat batuk anak prosehat

10 home remedy mudah ini bisa jadi obat batuk anak:

1. Minum Air yang Cukup

Yang terpenting adalah untuk stay hydrated untuk membuat membran mukus tetap lembab. Dengan banyak minum juga membantu mencairkan dahak yang ada di tenggorokan sehingga tidak terjadi peradangan di tenggorokan.

2. Madu dan Lemon

Sudah terbukti kombinasi keduanya akan membuat batuk anak maupun Anda berkurang. Sirup untuk obat batuk alami ini cukup mudah untuk dilakukan, yakni dengan melarutkan 2 sendok madu ke dalam larutan lemon dan air hangat. Madu akan melindungi tenggorokan, dan lemon akan mengurangi inflamasi serta suplai vitamin C sehingga mempercepat penyembuhan.

Produk Terkait: Layanan Suntik Vitamin C ke Rumah

klik di sini beli obat batuk anak prosehat

Baca juga: 9 Cara Cegah ISPA Pada Keluarga

3. Uap Hangat

Jika si kecil batuk dengan banyak dahak di tenggorokan atau hidungnya, gunakan humidifier untuk memudahkan dahak tersebut keluar dari tubuh buah hati. Namun jangan menggunakan humidifier terlalu berlebihan karena benda ini menjadi gudangnya debu dan jamur, sehingga memerlukan perawatan dengan membersihkan benda ini sesering mungkin. Jangan malah anak Sahabat mengalami serangan dari penyakit lain akibat jamur yang ada di humidifier Anda.

4. Mint Tea

Minuman panas sudah terbukti membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Daun mint segar dengan teh panas tanpa gula dapat menyembuhkan demam dan infeksi tenggorokan Anda. Aroma mint saat terkena uap dari air teh panas yang terhirup dapat melegakan tenggorokan instantly.

5. Air Jahe Panas

Air rendaman jahe sudah sejak lama digunakan di Indonesia sebagai home remedy obat batuk alami bagi keluarga. Aroma kuat yang cukup pedas dan panas akan menghancurkan virus yang bertengger di dalam tenggorokan dan aromanya dapat mengencerkan dahak.

Produk Terkait: Jual Borobudur Jahe Kapsul Isi 100

6. Larutan Air Hangat dengan Garam Laut (Sea Salt)

Garam laut di dalam larutan air hangat dapat menyerap cairan yang ada di tenggorokan Anda dan si kecil. Home remedy ini paling efektif untuk dilakukan karena mudah ditemukan bahan-bahannya di rumah.

7. Salep Hangat untuk Dada (Chest Rub)

Jika Anda menyediakan kotak P3K di rumah, pastikan terdapat chest rub yang dapat dengan instant melegakan sesak yang terasa di dada si kecil.

prosehat banner paket p3k anak

Beli di sini: Paket P3K Liburan Anak

8. Irisan Bawang

Irisan bawang yang disangrai sebentar di wajan tanpa minyak kemudian di taruh di atas piring di dekat anak Sahabat tidur dipercaya dapat menyembuhkan tenggorokan yang gatal dan hidung tersumbat, yang menjadi gejala batuk yang dialami si kecil.

klik di sini beli obat batuk anak prosehat

Baca Juga: Tanaman Obat Tradisional Alternatif Pencegah Corona

home remedy tersebut mudah untuk dilakukan dan Sahabat tidak akan kesulitan untuk mendapatkan barang-barangnya. Karena batuk dan pilek adalah cara tubuh bertahan dan melawan kuman penyakit, maka dari itu lakukan salah satu obat batuk alami yang sudah disebutkan di atas. Namun jika sudah parah, konsultasikan dengan dokter segera.

Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai home remedy dan produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

download gratis di sini ebook p3k liburan anak

Free Download E-book P3K Anak: Tips dan Checklist Jaga Anak Tetap Sehat Saat Liburan

Referensi:

Chat Asisten ProSehat aja