Telp / WhatsApp : 0811-15-12-800

Jika Anak Sering Batuk Pilek, Coba Perhatikan Asupan Makanannya

Batuk dan pilek merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang anak-anak. Kondisi seperti ini terkadang disebabkan daya tahan tubuh anak yang memang masih belum sempurna, maupun faktor-faktor penyebab lainnya. Batuk dan pilek seringkali disebabkan karena infeksi virus, yaitu air borne disease yang mana penyakit yang bisa menular melalui udara melalui percikan cairan pernapasan. Apalagi jika lingkungan bermain anak yang kurang terjaga kebersihannya, maka akan semakin memperparah kondisi batuk pilek Sobat.

Jika anak Sobat sering mengalami batuk pilek terus menerus, cobalah untuk memperhatikan kondisi sekeliling anak Sobat. Perhatikan asupan makan sehari-harinya, sudah memenuhi nutrisi hariannya atau tidak. Selain itu, pastikan kondisi alergi pada anak. Batuk pilek juga bisa disebabkan karena kondisi alergi anak pada sesuatu hal.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang mungkin bisa Sobat lakukan untuk menghadapi anak yang sering batuk pilek.

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Anak

Batuk dan pilek yang terjadi pada tahap awal biasanya tidak membutuhkan obat-obatan medis untuk mengatasinya. Sobat bisa mencoba memenuhi asupan cairan yang lebih banyak pada anak. Saat tubuh tercukupi dengan cairan, maka tubuh akan memproses semua bakteri dan virus yang ada di dalam tubuh agar dapat keluar, entah melalui keringat maupun air seni. Cara ini akan membantu meningkatkan ketahanan daya tubuh terhadap penyakit.

2. Berikan Obat Inhalasi Alami

Sobat bisa mencoba memberikan inhalasi alami untuk membantu meredakan batuk dan pilek pada anak. Tak perlu menggunakan obat maupun alat yang biasa digunakan di rumah sakit. Sobat bisa mencoba dengan memasukkan beberapa tetes dari minyak kayu putih yang dicampurkan dengan air hangat. Kemudian mintalah anak Sobat menunduk di atas air hangat tersebut dan tutup kepala anak menggunakan handuk. Cara ini bisa membantu untuk melawan virus di dalam tubuh dengan cepat.

3. Gunakan Parasetamol dan Anti Nyeri

saat batuk dan pilek anak sudah cukup parah, maka Sobat bisa mencoba memberikan obat medis seperti parasetamol dan anti nyeri seperti ibuprofen. Jenis obat-obatan seperti ini akan lebih baik jika Sobat membeli obat berdasarkan resep dari dokter. Kedua obat ini bekerja menurunkan demam serta mengatasi nyeri pada anak.

4. Berikan Vitamin C

Jika anak sering mengalami batuk pilek secara terus menerus, maka cobalah untuk memberikan vitamin C pada anak. Sakit batuk pilek bisa terjadi akibat kondisi tubuh yang lemah, vitamin C ini mampu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit. Vitamin C bekerja untuk melawan bahaya radikal bebas serta virus-virus yang ada di dalam tubuh anak. Sobat bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai macam buah dan sayuran. Tak hanya dapat diolah menjadi makanan, namun Sobat juga dapat mengolah buah dan sayuran menjadi jus yang disukai anak.

5. Perhatikan Pola Makan Anak

Daya tahan tubuh memiliki peran yang penting dalam menyembuhkan batuk pilek yang terus menerus terjadi pada anak. Penting bagi orang tua memperhatikan asupan makanan anak setiap harinya. Penuhi nutrisi harian anak sehingga anak tidak mudah terserang penyakit.

Tak hanya pola makan, penting pula untuk memperhatikan waktu istirahat yang cukup, hindari papara allergen, konsumsi suplemen, menjaga kebersihan dan lainnya yang dapat membantu agar anak terhindar dari penyakit.

Nah, itu tadi 5 cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mencegah anak terserang batuk pilek terus menerus. Namun perhatikan, jika kondisi batuk pilek anak terjadi selama lebih dari 2 minggu maka sgeera periksakan anak ke dokter. Bisa jadi, kondisi batuk pilek ini menjadi salah satu tanda kondisi yang cukup serius pada anak. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Sobat.

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja