Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Makanan Si Pencegah Kanker Serviks

Makanan Pencegah Kanker Serviks – Kanker Serviks tentu kata yang tidak asing di dengar. Penyakit satu ini paling banyak menyerang kaum wanita di dunia. Penyakit yang disebabkan virus HPV ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Kanker serviks menjadi kanker kedua terbanyak di Indonesia yang menyerang wanita setelah kanker payudara.

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat memperburuk Sahabat dan meningkatkan risiko terjadinya kanker. Berdasarkan American Cancer Society yang dikutip dari CNN Indonesia, konsumsi sayuran setiap hari dapat menurunkan risiko wanita terserang kanker serviks.

Makanan sehat apa saja untuk mencegah kanker serviks? Berikut 10 Makanan si pencegah kanker serviks

  1.   Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah salah satu makanan sehat yang cocok Sahabat konsumsi.  Sayuran hijau kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, enzim dan serat. Konsumsilah sayuran setiap harinya minimal 3 porsi, ya Sahabat. Anda dapat memilih bayam, kangkung, bokcoy atau sayuran hijau lain untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Gejala Kanker Serviks yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Brokoli

sumber: jambonewspot

Siapa yang tidak suka sayuran satu ini? Brokoli kaya akan glutathione yang dikenal sebagai “Master antioksidan” yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, Brokoli menjadi salah satu makanan yang berkhasiat membersihkan dan menghabiskan estrogen atau mencegah penyebab kanker dalam tubuh. Jadi, sangat cocok bagi wanita agar terhindar dari kanker payudara dan kanker rahim.

  1. Keluarga Berry
keluarga berry

source: isanook

Siapa sangka keluarga berry yang kecil dan lucu ini ternyata memiliki banyak manfaat. Buah berry dapat membantu pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen, menurunkan risiko penyakit jantung dan menangkal radikal bebas salah satu pemicu kanker.

  1. Buah dan sayuran berwarna jingga

Makanan si pencegah kanker selanjutnya yaitu buah dan sayuran berwarna jingga. Buah dan sayur berwarna jingga ini sering kita temui seperti wortel, buah labu, dan sebagainya.  Namun, masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari buah dan sayuran yang berwarna jingga. Beberapa khasiatnya adalah meningkatkan fungsi mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu masalah kulit serta mencegah terjadinya kanker.

  1. Herbal dan rempah-rempah

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dengan rempah-rempahnya. Rempah-rempah tidak hanya menambahkan rasa pada makanan, tetapi rempah-rempah memiliki dampak positif untuk kesehatan. Sebagai contohnya, kunyit dan jahe, dua rempah ini memiliki manfaat dalam mengurangi risiko terkena kanker.

  1. Daging Organik

source: healthfreedoms

Daging organik menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk melawan kanker. Daging dianggap sebagai makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti vitamin A, B, D dan Zinc yang baik untuk Sahabat. Pastikan untuk mengolah daging dengan baik dan benar agar terhindar dari parasit-parasit dalam daging.

Baca Juga: 6 Fakta dan Mitos Seputar Imunisasi

  1. Kacang

Kabar gembira bagi penggemar kacang. Kacang tidak hanya mengurangi risiko penyakit jantung, tetapi juga bermanfaat mencegah kanker. Kandungan asam p-coumaric dan vitamin E di dalamnya dapat menurunkan risiko kanker perut, paru-paru, hati dan kanker lainnya. Cobalah cara lain untuk menikmati kacang dengan menggunakan roti gandum dan selai kacang.

  1. Teh

        Teh menjadi salah satu minuman favorit keluarga saat bersantai. Tahukah Sahabat, teh mengndung senyawa katekin yang bermanfaat untuk kesehatan. Katekin mampu menghambat pertumbuhan kanker. Peminum teh hijau memiliki risiko lebih rendah pada pengembangan kanker dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi, berdasarkan studi di China.

  1. Whole wheat bread

Source: King Arthur Flour

Makanan selanjutnya yaitu roti gandum. Namun saat membeli, pastikan memilih roti gandum yang berlabel whole wheat, ya. Whole wheat bread merupakan roti gandum utuh yang tinggi nutrisi seperti vitamin B, serat, fitonutrien, lemak baik dan mineral. Nutrisi-nutrisi itu sangat bermanfaat membantu melawan kanker.

Baca Juga: 10 Test Kesehatan Pranikah Untuk Anda dan Pasangan

  1. Jamur

Sayuran satu ini memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sumber antioksidan, mengontrol berat badan dan melawan kanker juga loh. Jamur kaya akan antioksidan yang dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas. Kandungan beta-glukan dan asam linoleat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Jadi, itulah 10 makanan si pencegah kanker serviks dan kanker lainnya yang dapat membantu Sahabat. Selain menjaga pola hidup, perlindungan tambahan juga diperlukan untuk mencegah kanker serviks dengan vaksinasi HPV. Vaksinasi HPV bisa Sahabat dapatkan di ProSehat Aplikasi Panggil Dokter ke Rumah.

Sahabat dapat berkonsultasi seputar vaksinasi HPV bersama Maya (Asisten Kesehatan ProSehat) melalui Telp/ SMS/ WhatsApp: 0811-18-16-800 atau klik www.prosehat.com. Jangan lupa  install Aplikasi ProSehat di Google Play atau Apps Store.

Sumber:

  1. Dr.Axe. “Top 12 Cancer-Fighting Foods” Diakses pada 4 April 2018
  2. Haurissa, Andreas Erick. “10 Makanan yang harus Dikonsumsi oleh Wanita”. Diakses pada 4 April 2018
  3. Suara. Utami, Esti. “5 Rempah untuk Melawan Kanker”. Diakses pada 4 April 2018
  4. Merdeka. Ananda, Kun Sila. “Daging Organik Mengandung Lebih Banyak Parasit?”. Diakses pada 4 April 2018
  5. Kompas.com. “8 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan”. Diakses pada 4 April 2018
  6. Kompas.com. “12 Makanan Super Pelawan Kanker”. Diakses pada 4 April 2018
  7. I. R. D, Anjarsari. (2016). Katekin Teh Indonesia: Prospek dan Manfaatnya. Jurnal Kultivasi, Vol. 15(2), 99
  8. Mother & Baby Indonesia. “5 Makanan ini dapat Cegah Kanker Serviks”. Diakses pada 4 April 2018
  9. K. Febrianti Diah. “5 Manfaat Penting Jamur Untuk Kesehatan Tubuh”. Diakses pada 4 April 2018
  10. S. Eddy Tri. “Manfaat Jamur Bagi Kesehatan”. Diakses pada 4 April 2018

 

WhatsApp Asisten Maya saja