Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Perlunya Memakai Sunscreen di Rumah dan Cara Memilihnya

Perlukah memakai sunscreen ketika sedang WFH saat pandemi ini? Tentu saja banyak Sobat Sehat yang pasti bertanya-tanya. Jawabannya tentu saja perlu. Banyak alasan yang mengharuskan Sobat untuk tetap memakai sunscreen walaupun sedang di rumah saja. Apa sajakah alasan-alasan itu? Yuk, mari simak!

memakai sunscreen di rumah

Baca Juga: 8 Tips Meningkatkan Semangat Work From Home Selama Bulan Ramadan

Alasan Memakai Sunscreen di Rumah

Mencegah Kanker Kulit

Meskipun Sobat sedang berada di dalam rumah, dan keluar hanya untuk keperluan tertentu, tetap saja sunscreen harus dipakai. Perlu Sobat ketahui ada dua jenis paparan sinar matahari yang merusak kulit, yaitu UV A jarak panjang dan UV B jarak pendek. Kebanyakan jendela mampu menyaring sinar UV sehingga Sobat tidak akan terbakar sinar matahari saat duduk di samping jendela. Akan  tetapi, sinar UV A ini mampu menembus melalui jendela, dan sinar UV A diketahui lebih berbahaya karena dapat menurunkan tingkat kolagen secara drastis dan berisiko menyebabkan kanker kulit.

Mencegah Kulit Rusak

Pada masa WFH, Sobat akan menghabiskan waktu lebih banyak di depan perangkat elektronik seperti komputer atau laptop. Perangkat elektronik tentunya akan mengeluarkan sinar biru yang dapat menghasilkan radikal bebas yang merusak kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sinar biru dapat menyebabkan hiperpigmentasi, keriput, menghasilkam radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat membunuh kolagen dan merusak kulit. Selain itu, studi membuktikan bahwa terlalu banyak sinar biru dapat memengaruhi tidur dengan menekan sekresi melatonin yang merupakan hormon penyebab kantuk.Karena itu, penting sekali untuk memakai sunscreen walaupun berada di rumah saja.

Mencegah Penuaan Dini

Paparan sinar ultraviolet ternyata juga bisa menyebabkan penuaan dini, hiperpigmentasi, dan lingkar hitam yang muncul di bagian wajah meskipun Sobat di rumah saja. Efek sinar ultraviolet tergantung pada beberapa lama Sobat terkena paparan, dan jika serius bisa mengakibatkan kanker kulit. Gunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 untuk mencegah paparan langsung maupun tidak langsung.

Produk Terkait: Parasol Sunscreen Lotion SPF 30

Cara Memilih Sunscreen di Rumah yang Tepat

Setelah Sobat Sehat mengetahui pentingnya pemakaian sunscreen di rumah kini saatnya Sobat mengetahui cara memilih sunscreen yang tepat untuk di rumah selama WFH. Apa saja itu? Yuk, mari simak!

Pilih Kadar SPF-nya

Kadar SPF merupakan faktor paling penting dalam memilih sunscreen atau tabir surya. SPF ini mengukur berapa banyak UVB yang bisa difilter oleh sunscreen. Pilih minimal yang kadar SPF-nya 30 karena mampu menyaring 97% sinar UVB. Biasanya make-up atau pelembap hanya mengandung 15-25 SPF. Itu berarti cahaya yang disaring hanya sekitar 90%. Pakailah sunscreen pada semua area yang terkena paparan sinar matahari, baik di luar maupun di dalam ruangan. Untuk UVA pakailah sunscreen dengan 4 bintang.

Ketahui Kapasitas untuk Menangkal UVA dan UVB

Biasanya SPF untuk menangkal UVB memiliki skala 2-100 sedangkan rating bintang digunakan untuk mengukur kemampuan filter UVA, dengan rating dari 1-5 bintang yang artinya semakin tinggi semakin baik. Hal ini menunjukkan bahwa sunscreen UVA bekerja 1/3 dari sunscreen UVB. Mengenai tanda ada juga botol yang memakai simbol lingkaran dengan tulisan UVA pada kemasanya. Supaya tidak bingung carilah label ‘’broad spectrum” atau “UVA” dan “UVB”. Keduanya menunjukkan kemampuan sunscreen menyaring sinar UVA dan UVB. UVA diketahui dapat menyebabkan penuaan diri, keriput, dan bercak hitam sedangkan UV membuat kulit terbakar.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kulit dari Dalam

Perhatikan Masa Kedaluwarsa

Mengetahui dan memperhatikan masa kedaluwarsa juga penting untuk memilih sunscreen yang tepat ketika di rumah saja karena semakin baru sebuah tabir Suraya semakin efisien dan optimal perlindungannya. Ketika akan membeli cobalah teliti terlebih dahulu. Pilih tanggal produksi yang paling baru karena kandungan pelindung di  dalam sunscreen cepat rusak. Hindarilah produk yang mendekati tanggal kedaluwarsa meski diskonnya menggiurkan. Masa kedaluwarsa tabir surya itu biasanya dihitung dari 2-3 tahun sesudah masa produksi. Apabila yang sudah kedaluwarsa dipaksakan untuk dipakai, Sobat nantinya akan merasa gatal-gatal.

Jangan Terkecoh Merek

Banyak dari Sobat Sehat yang sudah pasti akan melihat terlebih dahulu merek ketika akan membeli produk termasuk juga sunscreen. Sebenarnya ini tidak bisa menjadi patokan asalkan Sobat memakainya dengan benar. Percuma saja jika Sobat membeli sunscreen dengan merek ternama namun pemakaiannya tidak optimal. Efek yang diinginkan pun tidak ada sama sekali.

Gunakan dengan Baik

Supaya hasilnya bagus gunakanlah sunscreen dengan jumlah yang cukup. Panduannya adalah sebagai berikut:

  • Untuk orang dewasa pakai sunscreen sebanyak 2 sendok teh untuk wajah, lengan, dan leher. Jika sedang berenang pakailah sebanyak 2 sendok makan untuk keseluruhan badan
  • Pakailah sunscreen sebanyak dua kali ketika hendak keluar ruangan saat matahari terik. Durasi terbaik adalah 30 menit sebelum pergi dan saat mau ke luar ruangan. Jangan lupa oleskan di leher, telinga, dan juga kulit kepala apabila ternyata Sobat mempunyai kepala botak. Pakailah topi untuk melindungi kepala.
  • Pakailah ulang sunscreen saat berada di luar ruangan dalam waktu yang lama semisal ketika berenang begitu keluar dari air, atau pakailah sunscreen tiap dua jam sekali jika Sobat mempunyai profesi yang kebanyakan bekerja di luar kantor.

Perhatikan Jenis Kulit

Yang terakhir adalah perhatikan jenis kulit. Jenis kulit ini sangat penting dan akan memengaruhi pemakaian sunscreen. Kalau Sobat memiliki jenis kulit wajah berjerawat atau berminyak pakailah sunscreen yang memilki label non-comedogenic atau berbahan dasar air (water-based). Untuk kulit kering biasanya membutuhkan pelembap saat memakai sunscreen atau sunscreen yang mengandung hyaluronic acid atau ceramides. Sedangkan pada kulit sensitif membutuhkan sunscreen mineral maupun sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide.

Baca Juga: Takut Wajah Berjerawat? Ikuti 6 Langkah Mencegah Jerawat

Nah, itulah alasan mengenai pentingnya memakai sunscreen di rumah selama WFH beserta cara memilihnya. Untuk lebih dalam mengenai sunscreen silakan sobat tonton video berikut ini, dan jangan lupa subscribe Youtube Prosehat.

Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai sunscreen dan pelembap kulit dan wajah lainnya serta produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. 3 Alasan Wajib Pakai Sunscreen Meski di Rumah Aja [Internet]. Solopos.com. 2020 [cited 21 October 2020]. Available from: https://www.solopos.com/3-alasan-wajib-pakai-sunscreen-meski-di-rumah-aja-1064599
  2. Indonesia C. Perlukah Mengaplikasikan Sunscreen Selama WFH dalam Ruangan? [Internet]. Cosmopolitan Indonesia. 2020 [cited 21 October 2020]. Available from: https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/4/2020/19559/perlukah-mengaplikasikan-sunscreen-selama-wfh-dalam-ruangan
  3. 7 Cara Memilih Sunscreen untuk Pemakaian di Badan dan Wajah [Internet]. Rukita. 2020 [cited 21 October 2020]. Available from: https://www.rukita.co/stories/memilih-sunscreen/

Chat Asisten ProSehat aja