Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Kondisi Kelebihan Lemak pada Feses (Steatorrhea) dan Cara Mengatasinya

Steatorrhea adalah kondisi ketika kelebihan lemak pada feses. Sahabat mungkin bertanya-tanya mengapa hal ini dapat terjadi?

kelebihan lemak pada feses, kelebihan lemak pada tinja

Baca Juga: Makanan Pedas Menyebabkan Diare? Berikut Penjelasannya!

Sebelum membahasnya, yang perlu Sahabat ketahui adalah bahwa feses terdiri dari beberapa komposisi, paling besar tentu saja adalah air dan beberapa komposisi lainnya yaitu:

  • Bakteri
  • Lemak
  • Serat
  • Lendir
  • Protein
  • Garam
  • Berbagai lapisan sel

Apa Penyebab Steatorrhea?

Kondisi ini dapat terjadi karena tubuh tidak mampu menyerap nutrisi dengan benar atau tidak membuat enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan secara efektif, sehingga dapat memicu malabsorpsi.

Terdapat beberapa makanan yang dapat menyebabkan kondisi ini seperti gorengan dan makanan tinggi lemak, yaitu krim dan mentega.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol, obat-obatan tertentu, tubuh tidak dapat mencerna laktosa, mengonsumsi suplemen tertentu, mengonsumsi makanan bersulfur, sorbitol, dan menerapkan diet tinggi lemak juga menjadi penyebab lainnya.

Gejala Steatorrhea

Kondisi Steatorrhea ditandai dengan:

  • Feses lebih besar
  • Feses berwarna pucat
  • Feses berbau busuk
  • Feses mengapung karena kandungan gas yang cukup tinggi
  • Feses tertutup lapisan berminyak

Apakah Kondisi Steatorrhea Ini Pertanda Adanya Penyakit?

Steatorrhea diketahui berhubungan dengan masalah pencernaan, seperti penyakit celiac, gangguan pankreas, infeksi pada usus terutama pada usus besar sehingga menyebabkan bau feses menjadi busuk.

Baca Juga: Makanan Sehat Pencernaan Lancar

Disarankan bagi penderita steatorrhea untuk tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya steatorrhea, dan menggantinya dengan makanan yang baik untuk pencernaan seperti yoghurt, ikan, daging tanpa lemak, dan pisang.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Steatorrhea?

Apabila kondisi feses berlemak dan bau yang sangat busuk, Sahabat diharapkan segera berkonsultasi ke dokter terdekat.

Dokter akan mendiagnosis dengan menanyakan beberapa hal seperti gejala yang dialami, riwayat kesehatan yang dimiliki dan melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lemak feses yang dilakukan dengan mengumpulkan feses selama 24 hingga 72 jam lalu sampel feses dibawa ke laboratorium.

Produk Terkait: Cek Lab

Seperti Apa Persiapan Tes Lemak Feses?

Sebelum melakukan tes lemak feses, Sahabat harus mengonsumsi 100 gram lemak setiap hari selama 3 hari sebelum tes dan berpuasa 5 jam sebelum menjalani tes.

Tujuan mengonsumsi 100 gram lemak tersebut adalah supaya dapat mengeluarkan 7 gram lemak per hari sesuai standar feses orang sehat.

Jika ternyata lemak yang dikeluarkan melebihi standar 7 gram dalam 24 jam, dokter kemungkinan besar akan menyarankan untuk melakukan tes lebih lanjut supaya dapat menentukan penyebab utamanya.

Itulah Sahabat Sehat mengenai steatorrhea yang ternyata merupakan salah satu gejala umum adanya gangguan pencernaan, sehingga disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat untuk pencernaan.

Baca Juga: Punya Penyakit Asam Lambung, Hindari 8 Makanan Ini

Sahabat bisa mendapatkannya di Prosehat. Info lebih lengkap silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Media K. 5 Gejala Steatorrhea, Kelebihan Lemak di Feses yang Perlu Diwaspadai Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 18 March 2021]. Available from: https://health.kompas.com/read/2021/03/11/120800068/5-gejala-steatorrhea-kelebihan-lemak-di-feses-yang-perlu-diwaspadai?page=all
  2. Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Pencernaan [Internet]. detikHealth. 2021 [cited 18 March 2021]. Available from: https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1850722/makanan-terbaik-dan-terburuk-untuk-pencernaan
  3. Mengapa fesesBerbau Busuk? [Internet]. medcom.id. 2021 [cited 18 March 2021]. Available from: https://www.medcom.id/rona/kesehatan/ybD0DG0b-penyebab-feses-anda-ekstra-bau

Chat Asisten ProSehat aja