Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Manfaat Vaksin Meningitis dan Yellow Fever Sebelum Umroh

Sahabat Sehat, dengan kembali dibukanya penerbangan maka masyarakat kini sudah diperkenankan melakukan ibadah umroh. Selain perlu mengikuti vaksinasi Covid-19, Sahabat Sehat juga memerlukan vaksinasi meningitis dan yellow fever sebelum mengikuti ibadah umroh. 

Pemerintah Saudi mewajibkan vaksin sebelum umroh ataupun haji. Selain vaksin Covid, jamaah juga diwajibkan sudah divaksin meningitis.

Sahabat Sehat, mengapa penting menerima vaksinasi meningitis dan yellow fever sebelum umroh ? Mari simak penjelasan berikut.

Manfaat Vaksin Meningitis dan Yellow Fever Sebelum Umroh

Manfaat Vaksin Meningitis dan Yellow Fever Sebelum Umroh

Meningitis

Meningitis merupakan penyakit peradangan cairan serta selaput pembungkus otak (meningen) yang melapisi seluruh otak dan juga sistem saraf tulang belakang. Peradangan yang terjadi pada lapisan meningen akan menyebabkan berbagai keluhan mulai dari nyeri kepala, demam dan kaku pada tengkuk. 

Sebagian besar meningitis disebabkan oleh karena infeksi virus, tetapi tentunya ada penyebab lain seperti infeksi bakteri, parasit hingga jamur. Beberapa kasus meningitis dapat sembuh sendiri namun tidak jarang kasus meningitis yang menjadi lebih serius dan membutuhkan serangkaian pengobatan antibiotik yang adekuat.

Gejala Meningitis

Gejala meningitis dapat berbeda-beda tergantung dari tipe atau jenis infeksi meningitis, usia dan keparahan dari kondisi pasien. Gejala yang paling umum dirasakan, yakni :

  • Demam tinggi
  • Kaku pada leher
  • Sakit kepala
  • Kejang
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Mual dan muntah
  • Sulit berkonsentrasi
  • Ruam pada kulit
  • Nafsu makan berkurang.

vaksin ke rumah, layanan ke rumah, vaksinasi di rumah aja

Komplikasi Akibat Meningitis

Sahabat Sehat perlu mewaspadai penyakit meningitis sebab beresiko menimbulkan komplikasi, seperti :

  • Kejang
  • Gangguan memori
  • Nyeri kepala sebelah atau migrain
  • Kehilangan pendengaran 
  • Syok
  • Gagal ginjal
  • Kerusakan otak
  • Hidrosefalus.

Baca Juga: Mau Liburan Ke Luar Negeri? Jangan Lupa Persiapan Ini!

Demam Kuning atau Yellow Fever

Yellow fever atau disebut juga demam kuning, merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh karena infeksi virus yang ditularkan melalui perantara nyamuk. Penyakit ini ditandai dengan demam tinggi serta mata dan kulit yang tampak kuning akibat penurunan fungsi hati. Demam kuning cukup berbahaya apabila tidak ditangani dengan baik karena dapat menyebabkan gagal ginjal, koma hingga kematian.

Penyakit demam kuning ini disebabkan karena gigitan nyamuk Aedes aegypti dan biasanya ditemukan di wilayah Afrika, Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia. Demam kuning dapat ,menyerang penduduk yang tinggal di daerah endemis dan para turis yang sedang mengunjungi daerah tersebut.

Baca Juga: Kenapa Vaksinasi Penting Sebelum Pergi Umroh?

Gejala Demam Kuning

Setelah kontak dengan nyamuk yang terinfeksi, virus akan mengalami masa inkubasi didalam tubuh selama 3 hingga 6 hari yang diikuti oleh infeksi yang dapat terjadi selama satu sampai dua tahap. 

Fase pertama ditandai dengan demam, nyeri otot yang biasanya terjadi pada punggung, sakit kepala, menggigil, kehilangan nafsu makan dan mual dan muntah. Sebagian besar pasien akan pulih dalam 3 hingga 4 hari. 

Fase kedua dapat dialami selama 24 jam yang ditandai dengan kulit berwarna kuning, gagal ginjal, meningitis dan berakhir dengan kematian. Pada fase ini akan terjadi demam tinggi dengan beberapa sistem tubuh yang terpengaruh.

Perjalanan haji merupakan perjalanan yang dilakukan oleh umat muslim seluruh dunia ke Arab Saudi yaitu ke Mekkah-Madinah untuk melakukan ibadah haji. Sekitar 2 juta umat muslim di dunia akan melakukan ibadah serentak pada bulan Dzulhijjah. 

Pada tahun 1987 dan 2000 terjadi kejadian luar biasa meningitis meningokokus yang menimpa Jemaah haji di Arab Saudi, yang merupakan salah satu negara endemis penyakit meningitis. terdapat 99 kasus meningitis meningokokus yang menimpa Jemaah haji Indonesia dan 40 diantaranya meninggal dunia.

Baca Juga: Pentingnya Vaksinasi Umroh untuk Ibadah yang Sehat

Untuk itu, diperlukan sekali pencegahan berupa vaksinasi meningitis dan demam kuning yang bertujuan untuk melindungi turis atau Jemaah haji yang akan berangkat ke daerah endemis. Jika Sahabat Sehat memerlukan vaksinasi meningitis dan yellow fever segera manfaatkan layanan Prosehat dan Klinik Kasih.

Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: Jesica Chintia
Ditinjau oleh: dr. Monica C

 

Referensi

  1. Mayo Clinic. Meningitis – Symptoms and causes [Internet]. USA : Mayo Clinic. 2021.
  2. Centers for Disease Control and Prevention. Meningitis [Internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention. 2021.
  3. Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI. Demam Kuning [Internet]. Indonesia :  Infeksi Emerging Kemkes. 2021.
  4. Soebrata A. Mengenal Penyakit Yellow Fever [Internet]. Sinkarkes.kemkes.go.id.
  5. Lewaherilla N, Maitimu F, Niani C. Model Penyebaran Penyakit Meningitis Pada Musim Haji di Madinah dan Mekkah. Barekeng : Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. 2017;11(1):55-62. 

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com