Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Kenapa Vaksinasi Penting Sebelum Pergi Umroh?

Tak terasa kesempatan Anda pergi umroh di depan mata, segala macam persiapan sudah Anda persiapkan namun persiapan vaksinasi belum Anda siapkan. Jangan sampai lupa ya, karena vaksinasi sangat penting demi menjaga diri Anda dari berbagai virus seperti flu hingga meningitis. Kenapa harus vaksinasi? Padahal tubuh saya sangat fit. Bukan hanya membutuhkan kesehatan tubuh yang prima, namun saat Anda melakukan umroh, Anda akan bertemu jutaan orang dari berbagai penjuru dunia yang rentan terinfeksi penyakit yang dapat mengancam kesehatan Anda.

Perubahan suhu, kelelahan serta imunitas yang rendah membuat Anda beresiko terpapar penyakit. Untuk itu, vaksinasi dibutuhkan agar Anda lebih kebal terhadap penyakit tertentu, kekebalan tersebut muncul karena vaksin yang dimasukkan ke tubuh dan memicu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi.

Lalu vaksinasi apa sajakah yang dibutuhkan sebelum menjalankan ibadah umroh? Berikut beberapa vaksinasinya:

1. Vaksinasi Meningitis

Penyakit Meningokokus atau yang lebih dikenal dengan nama meningitis, menjadi salah satu salah saat umroh ataupun haji. Penyakit meningitis disebabkan oleh bakteri Neisseria Meningitis yang ditularkan melalui kontak dari orang ke orang melalui percikan ludah dari penderita ataupun pembawa.

2. Vaksinasi Pneumokokus

Penyakit pneumonia disebabkan bakteri Strepococcus pneumoniae yang ditularkan melalui batuk, bersin, udara yang telah tercemar dari virus tersebut dan terhirup manusia melalui kontak dekat dengan jarang kurang dari 2 meter. Vaksin ini memiliki efektifitas sebesar 80% dan membutuhkan 10-14 hari menimbulkan kekebalan yang bertahan selama 5 tahun dan dianjurkan diberikan untuk orang yang berusia lebih dari 65 tahun.

3. Vaksinasi Yellow Fever

Yellow fever suatu penyakit infeksi virus endemis di daerah tropik Afrika dan juga Amerika Selatan. Yellow fever disebabkan oleh Flavivirus yang dibawa atau ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegepti dan Haemogogus sp. Vaksin ini dapat diberikan pada setiap orang yang berumur lebih dari 9 bulan yang tinggal atau melakukan perjalanan ke daerah endemis. Satu kali vaksin akan memberikan perlindungan selama 10 tahun.

4. Vaksinasi Influenza

Siapa yang tak pernah terserang influenza? Penyakit infeksi saluran napas ini disebabkan oleh virus influenza. Penyakit yang menular ini dapat mengakibatkan komplikasi yang serius terlebih untuk Anda yang mengalami penurunan pada kekebalan tubuh. Vaksin Influenza menjadi hal yang sangat efektif dalam mencegah infeksi virus dan memicu timbulnya komplikasi serius. Vaksinasi influenza dapat bertahan selama 1 tahun.

Jadi itulah beberapa vaksinasi yang dapat Anda lakukan sebelum berangkat ke Arab saudi untuk ibadah Anda lebih tenang dan nyaman. Kini Anda dapat melakukan vaksinasi tanpa antri dengan layanan praktis. Caranya hanya dengan mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat, Anda bisa mendapatkan layanan vaksin ke rumah loh! Info lebih lanjut mengenai vaksinasi, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

instal aplikasi prosehat

Sumber :

  1. Haurissa, Andreas Erick. “Raga Optimal Saat Umrah”. tanyadok.com
  2. Kumala, Vinka. “Naik Haji atau Melancong ke Arab Saudi? Vaksin Dulu, Yuk!” tanyadok.com
  3. Suci, Hygiena Kumala. “Ayo Vaksinasi !!!”. tanyadok.com
  4. Primadila. “Penyakit Menular yang Perlu Diwaspadai Saat Beribadah Haji”. tanyadok.com

WhatsApp Asisten Maya saja