Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Mau Liburan Ke Luar Negeri? Jangan Lupa Persiapan Ini!

Kesibukan dalam menyelesaikan pekerjaan dan mengurus dokumen-dokumen resmi sebelum terkadang membuat seseorang melewatkan salah satu hal penting sebelum pergi berlibur. Apakah hal yang penting namun sering terlewatkan itu? Jawabannya adalah vaksinasi. Sebalkan rasanya jika liburan yang Anda tunggu-tunggu selama ini harus berantakan karena terserang penyakit selama liburan.

Pastikan Anda dan keluarga mendapatkan vaksinasi yang sesuai sebelum memulai perjalanan Anda. Memang apa kaitannya antara vaksinasi dan berlibur? Tentu ada, karena arus keluar masuk pendatang dari berbagai penjuru dapat berisiko menularkan beberapa penyakit loh. Oleh sebab itu, beberapa vaksinasi berikut dianjurkan sebelum bepergian:

  • Vaksinasi Yellow Fever

Berencana liburan ke daerah Afrika? Anda harus berhati-hati nih karena beberapa daerah di Afrika (Etiopia, Nigeria & Sudan) dan Amerika Selatan, Anda diwajibkan melakukan vaksinasi yellow fever. Yellow Fever sendiri adalah sebuah virus (Flavivirus) yang ditularkan dari gigitan nyamuk aedes dan hemogogus yang telah terinfeksi. Setelah vaksinasi, biasanya Anda akan memiliki sertifikat vaksinasi Internasional untuk vaksinasi yellow fever ini yang berlaku selama sepuluh tahun.

  • Vaksinasi Meningitis

Meningitis adalah pembengkakan pada selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Vaksinasi ini juga menjadi syarat untuk orang yang hendak melakukan Ibadah haji atau umroh. Namun, bagi pelancong yang akan bepergian ke daerah endemis, misalnya sub sahara Afrika, vaksinasi ini adalah wajib untuk melindungi diri dari penyakit meningitis.

  • Vaksinasi Polio

Ingin mengunjungi negara-negara seperti Kamerun, Somalia, Etiopia, Kenya ataupun Suriah untuk melakukan kegiatan kemanusiaan? Sebelum pergi, pastikan Anda melakukan vaksinasi polio terlebih dahulu. Polio menjadi salah satu penyakit virus yang sangat menular dan penularan lebih cepat terjadi pada anak-anak. Vaksinasi polio direkomendasikan untuk wisatawan yang berkunjung ke negara epidemis polio.

  • Vaksinasi Hepatitis A

Vaksini ini direkomendasikan untuk wisatawan yang bertujuan ke negara endemis hepatitis A, negara berkembang atau negara dengan tingkat sanitasi yang rendah atau keterbatasan air bersih. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan dua minggu sebelum keberangkatan, lakukan vaksinasi hepatitis A untuk melindungi Anda selama satu tahun. Hepatitis A yaitu infeksi hati yang sangat menular yang disebabkan dari virus hepatitis A yang menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Virus ini yang menyebabkan radang serta mempengaruhi fungsi hati Anda.

  • Vaksinasi Hepatitis B

Untuk Anda yang memilih melakukan perjalanan ke daerah endemis hepatitis B (Seperti Afrika, Amerika Selatan, Asia Tengah dan Asia Tenggara), bekerja pada bidang kesehatan atau yang melakukan kontak lewat darat atau melakukan kontak seksual dengan masyarakat di daerah tersebut. Maka Anda memerlukan vaksinasi Hepatitis B untuk mencegahnya. Hepatitis B sendiri virus yang menginfeksi hati, dan banyak terjadi pada orang dewasa.

  • Vaksinasi Japanese Encephalitis

Terdapat pula vaksinasi Japanese Encephalitis, virus Japanese Encephalitis yang dapat menyebabkan infeksi otak. Virus ini banyak terjadi di India,Bangladesh, Pakistan, Nepal, Cina dan juga Vietnam. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk, biasanya 5-15 hari untuk berkembang dan termasuk demam, sakit kepala, muntah dan sulitnya bergerak.

  • Vaksinasi Influenza

Nah, salah satu vaksin ini penting juga loh buat kalian yang merencanakan perjalanan. Penyakit flu sangat umum menyerang travelers, terutama bila bepergian ke negara musim dingin atau adanya perubahan iklim/cuaca. Saat terkena flu, bisa-bisa jadwal bepergian Anda menjadi terganggu. Jadi vaksinasi flu menjadi wajib buat Anda yang tidak ingin liburan menjadi rusak hanya karena terjangkit flu.

Dengan melakukan vaksinasi sebelum liburan, akan membuat perjalanan Anda aman dan nyaman pastinya. Nah, bila ingin mendapatkan vaksin dengan nyaman, ada cara praktis. Coba akses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat, Anda bisa mendapatkan layanan vaksin ke rumah loh!

Info lebih lanjut mengenai vaksinasi, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

instal aplikasi prosehat

Sumber :

  1. WHO. “Yellow Fever”.  who.int/csr/disease/yellowfev/en/. Diakses pada 20 Februari 2018
  2. Mayo Clinic. “Meningitis”. mayoclinic.org/diseases-conditions/meningitis/symptoms-causes/syc-20350508. Diakses pada 20 Februari 2018
  3. WHO. “Poliomyelitis (Polio)”. who.int/topics/poliomyelitis/en/. Diakses pada 20 Februari 2018
  4. Mayo Clinic. “Hepatitis A”. mayoclinic.org/diseases-conditions/hepatitis-a/symptoms-causes/syc-20367007. Diakses pada 21 Februari 2018

 

WhatsApp Asisten Maya saja