Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Mengapa Vaksinasi HPV Juga Diperlukan Untuk Si Gadis?

Kanker serviks menjadi penyebab kanker tertinggi pada wanita dan menjadi hal yang menakutkan. Terlebih lagi jika kanker serviks merenggut masa depan Bunda atau Si Gadis. Penyebab terbesar kanker serviks yaitu dari infeksi Human Papilloma Virus (HPV), infeksi yang mudah menular melalui hubungan seksual namun hal ini dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi.

HPV sendiri memiliki berbagai tipe yang diindentifikasi yang hampir mencapai 40 jenis mulai dari risiko rendah hingga risiko tinggi, namun HPV tipe 16 dan 18 lah memiliki sifat onkogenik (penyebab kanker).  Vaksin HPV sendiri dibagi menjadi tua jenis yaitu Vaksin Bivalen (untuk tipe 16 dan 18) dan juga Vaksin Quadrivalen (Tipe 6, 11, 16 dan juga 18).

Infeksi HPV ini pada awalnya tidak akan menimbulkan gejala apapun atau keluhan loh Bunda. Apabila tubuh kita tidak dapat melawannya maka hal inilah yang memicu terjadinya kanker serviks. Pada penelitian di Amerika Serikat, rata-rata usia pertama hubungan seksual di usia 16 tahun dan pencegahan terbaik dilakukan sebelum aktif melakukan hubungan seksual.

Lalu mengapa vaksinasi HPV ini perlu untuk Putri saya? WHO merekomendasikan bahwa vaksinasi HPV menjadi program untuk mencegah terjadinya kanker serviks. FDA juga menyetujui pemberian vaksin hpv dapat dimulai pada usia 9 tahun. Sedangkan The Advisory Committee on Immunzation Practice (ACIP) dan Centre for diagnosis Control Prevention rekomendasikan pemberian vaksin HPV mulai usia 11-12 tahun.

Sedangkan HOGI-IDAI menetapkan bahwa vaksinasi ini dapat diperikan pada perempuan pada usia 10-55 tahun lalu dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu:

1)      Usia 10-12 tahun (Usia Sekolah Dasar)

2)      Usia 13-15 tahun (Usia Sekolah Menengah Pertama)

3)      Usia 16-25 tahun (Usia Sekolah Menengah Atas Hingga Perguruan Tinggi)

4)      Usia 26-55 tahun (Vaksinasi yang dilakukan setelah mendapatkan hasil Pap Smear negatif)

Antibodi HPV 16 dan 18 pada Putri Bunda di usia remajanya lebih tinggi 2-3 kali dibandingkan kelompok usia 26-55 tahun. Jadi demi masa depannya lakukan yang terbaik dengan melindungi kesehatannya dari kanker serviks. Vaksinasi HPV bisa Bunda dapatkan di ProSehat (Aplikasi Kesehatan). Kenapa harus di ProSehat? Bunda dapat berkonsultasi seputar vaksinasi dengan Maya Asisten Kesehatan ProSehat dan bebas memilih lokasi agar Putri Bunda lebih tenang.

Informasi seputar vaksinasi hubungi segera Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0857-75-500-800 atau klik website ProSehat di www.prosehat.com.

Sumber :

Winardo, Donny Sutrisno. ”Kanker Serviks dan Imunisasi HPV”. https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/kanker-serviks-dan-imunisasi-hpv. Diakses pada 30 Januari 2018

Effendi, Bonita. “Pencegahan Infeksi HPV untuk Kaum Muda”. https://www.tanyadok.com/berita/pencegahan-infeksi-hpv-untuk-kaum-muda. Diakses pada 30 Januari 2018

Produk Terkait

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked