Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Kangkung, Sayuran Favorit Orang Indonesia

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Sosial atau Susenas 2019 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik atau BPS, orang Indonesia menggemari kangkung sebagai komoditas sayuran terfavorit. Jumlah konsumsi untuk sayuran tersebut pada level nasional adalah 10,46 gram per kapita sehari. Di tempat kedua ketiga, sayur-sayuran yang paling banyak dikonsumsi adalah bayam dan terong. Masing-masing sebesar 9,26 gram dan 7,76 gram per kapita sehari. Secara keseluruhan dalam hasil survei jumlah konsumsi orang Indonesia untuk sayur dan buah adalah sebesar 209,89 gram per kapita sehari.

manfaat dan bahaya mengonsumsi kangkung

Baca Juga: Apa Saja Risiko Kurang Konsumsi Sayur dan Buah?

Jumlah ini sebenarnya masih cukup jauh dari ambang batas yang ditetapkan WHO dan Kemenkes. WHO secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari, terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram buah (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang. Dapat disimpulkan bahwa konsumsi sayur dan buah pada orang Indonesia cukup orang, dan hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada gizi dan nutrisi yang dibutuhkan. Apalagi di masa pandemi Covid-19, konsumsi sayur dan buah sangat diperlukan untuk imunitas tubuh yang alami.

Mengenai kangkung yang menjadi favorit karena sayuran tersebut enak dikonsumsi, mudah ditanam, dan dapat memberikan banyak manfaat pada tubuh. Sayuran ini diketahui mengandung zat besi, protein, vitamin C dan A, lemak serta karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh. Orang Indonesia sendiri gemar mengolah kangkung menjadi makanan dengan menumis atau dijadikan rujak dan plecing. Meskipun memberikan banyak manfaat ternyata kangkung juga bisa berbahaya bagi kesehatan sehingga inilah yang membuat Amerika Serikat menganggap sebagai tanaman sayuran yang berbahaya. Lalu apa saja manfaat dan bahaya mengonsumsi kangkung? Yuk, Sahabat Sehat, mari kita simak bersama-sama!

Produk Terkait: Jual Vegefrut Ekstrak Kapsul Sayur dan Buah

Manfaat Mengonsumsi Kangkung

Seperti sudah disebutkan kangkung merupakan salah satu sayuran yang bermanfaat banyak bagi tubuh. Manfaat kankung adalah sebagai berikut:

Obat Insomnia

Kangkung rupanya bisa menjadi obat bagi Sahabat yang sedang mengalami susah tidur atau insomnia. Hal itu dikarenakan kandungan karbohidrat dan lemak yang bisa memicu otak untuk merasakan kantuk. Kankung juga dapat digunakan untuk memperbaiki waktu tidur yang tidak teratur. Supaya mendapatkan kantuk Sahabat tinggal mengonsumsi kangkung yang sudah ditumis kemudian dimakan bersama dengan nasi.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Kurang Tidur Atau Kebiasaan Begadang

Mencegah Sariawan

Vitamin C yang terdapat pada kangkung rupanya juga dapat mencegah penyakit sariawan hingga gusi berdarah. Sahabat hanya perlu mengunyah daun kangkung yang sudah dibersihkan. Daun sayuran ini ternyata juga mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh kuman pada gigi dan mulut.

Mengurangi Kolesterol

Bagi Sahabat yang sedang bermasalah dengan berat badan dan mengalami obesitas hingga memutuskan menjalankan diet, jangan lupa untuk memasukkan kangkung dalam menu diet sehari-hari. Sebab, tanaman air ini ternyata dapat mengurangi kolestrol yang ada dalam tubuh Sahabat sehingga berat badan bisa turun jika dikonsumsi dengan benar.

Mengobati Penyakit Kuning

Kangkung juga dapat menjadi sayuran yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kuning dan hati melalui pengobatan ayurvedic. Ekstrak kangkung ternyata dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati yang disebabkan oleh bahan kimia karena modulasi enzim detoksifikasi, antioksidan, dan sifat pemicu radikal bebas.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dan fosfor pada kangkung bisa menjadi zat utama untuk melawan anemia. Kedua zat ini berperan penting dalam mendukung asupan oksigen dan zat gizi yang optimal bagi sel dan organ tubuh. Supaya Sahabat dapat merasakan kedua zat tersebut secara efektif pilihlah kangkung muda yang kandungan zat besi dan fosfornya masih sangat tinggi.

Produk Terkait: Jual Sangobion

Mengatasi Sembelit dan Gangguan Pencernaan

Kangkung dapat membantu mengatasi sembelit karena kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Hal ini tentu saja dapat membantu pencernaan dengan cara yang alami. Selain itu, kangkung sering digunakan sebagai pengobatan infestasi cacing usus karena mengandung lateks yang digunakan sebagai agen pencahar.

Mencegah Diabetes

Mengonsumsi kangkung secara teratur dan rutin juga membantu Sahabat mencegah terkena Diabetes yang merupakan salah satu penyakit mematikan. Hal itu karena kangkung akan bekerja sebagai antioksidan yang bisa menangkal oksidasi penyebab Diabetes pada sel-sel tubuh. Ibu hamil disarankan mengonsumsi kangkung supaya terhindar dari penyakit ini.

Bahaya Mengonsumsi Kangkung

Selain mempunyai manfaat yang sangat baik untuk tubuh dan dapat memenuhi gizi dan nutrisi, kangkung ternyata juga mempunyai bahaya bagi tubuh. Berikut ini adalah bahaya-bahayanya:

Menimbulkan Asam Urat

Bahaya pertama mengonsumsi kangkung adalah dapat menimbulkan asam urat. Karena itu, penderita asam yang sudah sembuh atau masih dalam masa pemulihan sebaiknya menghindari makanan yang berhubungan dengan kangkung. Sebab, zat purin yang ada pada kangkung dapat menyebabkan asam urat kambuh dan membuat nyeri pada persendian serta menimbulkan pembengkakan.

Menyebabkan Kantuk

Terlalu banyak mengonsumsi kankung rupanya berakibat seseorang mudah jadi terkena kantuk. Hal ini karena adanya zat kalium yang cukup tinggi yang mampu memengaruhi saraf-saraf di bagian kepala. Karena itu, disarankan mengonsumsi kangkung tidak berlebihan, dan jangan mengonsumsi di jam-jam beraktivitas.

Menyebabkan Alergi

Kangkung juga dapat menyebabkan alergi berupa gatal-gatal, ruam merah atau pusing sementara. Penyebabnya dari zat magnesium yang ada pada sayuran tersebut. Karena itu, sangat disarankan bagi orang-orang yang mengalami alergi supaya jangan mengonsumsi kangkung.

Produk Terkait: Jual Obat Herbal Pencegah Alergi

Sakit Perut

Bahaya terakhir dari mengonsumsi kangkung adalah dapat menyebabkan sakit perut dan mual-mual. Hal ini karena kankung yang dikonsumsi tidak dicuci benar-benar bersih sehingga bakteri yang masih tertinggal mengiritas dinding lambung dan jaringan perut lainnya.

Baca Juga: Dampak Konsumsi Serat Berlebihan dan Cara Mengatasinya

Selain dapat menyebabkan bahaya di atas, ada beberapa hal yang menyebabkan kangkung dapat berbahaya bagi kesehatan, yaitu:

  • Kangkung tidak dicuci dengan bersih sehingga masih menyisakan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan
  • Kangkung diolah dengan menggunakan minyak bekas pakai yang menyebabkan kangkung terkontaminasi dengan lemak jenuh yang bisa mengakibatkan masalah pencernaan
  • Kangkung yang terlalu banyak menggunakan bumbu MSG atau garam berlebihan mampu menyebabkan munculnya keluhan kesehatan

Itulah mengenai kankung, sayuran favorit orang Indonesia yang ternyata mempunyai manfaat dan bahaya jika mengonsumsinya. Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai sayuran dan produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Media K. Survei BPS: Orang RI Kurang Makan Sayur, Kangkung Paling Digemari Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2020 [cited 16 December 2020]. Available from: https://money.kompas.com/read/2020/12/15/114340126/survei-bps-orang-ri-kurang-makan-sayur-kangkung-paling-digemari?page=all#:~:text=Mengutip%20data%20BPS%2C%20Selasa%20(15,yang%20ditetapk
  2. Pratama F. Nggak Cuma Ditumis, 7 Olahan Kangkung Ini Bikin yang Ngantuk Jadi Bugar Lagi | YuKepo.com [Internet]. Yukepo.com. 2020 [cited 16 December 2020]. Available from: https://www.yukepo.com/hiburan/tips/nggak-cuma-ditumis-7-olahan-kangkung-ini-bikin-yang-ngantuk-jadi-bugar-lagi/
  3. Concerns H. Jadi Makanan Favorit di Indonesia, Kangkung Dilarang di Negara Ini Karena Dianggap Berbahaya – Serambi Indonesia [Internet]. Serambi Indonesia. 2020 [cited 16 December 2020]. Available from: https://aceh.tribunnews.com/2020/06/14/jadi-makanan-favorit-di-indonesia-kangkung-dilarang-di-negara-ini-karena-dianggap-berbahaya
  4. Nugroho R. 7 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bantu Turunkan Kolesterol [Internet]. liputan6.com. 2020 [cited 16 December 2020]. Available from: https://hot.liputan6.com/read/3941957/7-manfaat-kangkung-untuk-kesehatan-yang-jarang-diketahui-bantu-turunkan-kolesterol
  5. [Internet]. 2020 [cited 16 December 2020]. Available from: https://www.pertanianku.com/hati-hati-ini-bahaya-makan-kangkung/

Chat Asisten ProSehat aja