Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Karyawan yang Sering Begadang, Waspada Dampaknya pada Kesehatan

Pekerjaan yang menuntut konsistensi dan performa yang tinggi terutama di daerah perkotaan tidak jarang menuntut para pekerjanya untuk melakukan pekerjaan hingga larut malam atau dini hari. Hal ini yang kemudian menyebabkan para pekerja tersebut begadang atau bekerja di waktu jam-jam biologis untuk istirahat atau tidur.

dampak negatif kerja lembur, bahaya kerja larut malam

Ternyata banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan para pekerjanya untuk begadang atau bekerja di malam hari terutama di media massa seperti televisi dan media online, bidang konstruksi, keamanan, atau malah kesehatan itu sendiri.Tentu saja hal ini sebenarnya kurang bagus untuk kesehatan mengingat banyak sekali dampak negatif yang dihasilkan dari begadang.

Para ahli pun menekankan pentingnya tidur demi kesehatan mental dan fisik. Tak hanya itu, tidur juga mampu mengonservasi energi, merestorasi tubuh, dan untuk perkembangan otak.Terlihat cukup mudah sebenarnya untuk dilakukan, namun ternyata hal tersebut sukar bagi orang-orang yang pekerjaannya mengharuskan untuk begadang demi menyelesaikan tugas. Sebenarnya seperti apa dampak negatif begadang tersebut? 

Baca Juga: 7 Makanan Ini Dapat Cegah Akibat Buruk Bergadang

Dampak Negatif Bergadang

Konsentrasi Menurun

Dampak negatif yang Sobat akan rasakan akibat sering begadang adalah Sobat mengalami turunnya konsentrasi. Hal itu karena begadang juga mengubah aktivitas otak. Konsentrasi yang menurun itu membuat Sobat menjadi lambat dalam merespons segala sesuatu terutama pada lingkungan sekitar. Hal ini yang kemudian keinginan untuk sering tidur menjadi lebih tinggi. Tentu saja hal ini dapat membahayakan mengingat keseringan tidur atau bahkan tidur secara berlebihan akibat begadang dapat menyebabkan masalah-masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, sakit kepala, sakit punggung hingga malah menyebabkan kematian.

Mood menjadi Labil

Dampak kedua yang Sobat rasakan adalah mood menjadi labil. Akibatnya, Sobat akan menjadi orang yang tidak mudah mengendalikan emosi atau gampang emosian. Sobat juga mudah sensitif terhadap hal-hal yang sebenarnya sepele, dan bahkan Sobat bisa mempunyai kecenderungan tinggi untuk depresi.

Menjadi Pelupa

Lupa adalah hal wajar yang terjadi pada setiap orang akibat menurunnya daya ingat dalam otak. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang sudah tua atau lanjut usia.Namun ternyata sifat lupa juga bisa terjadi pada orang yang sering begadang. Lupa muncul karena adanya hambatan pada otak untuk memproses sesuatu yang sudah terjadi, dan dapat dipastikan informasi yang baru diterima itu hilang dalam sekejap. Karena itu, supaya Sobat tidak menjadi orang yang pelupa sebaiknya mulai mengurangi begadang atau tidak begadang sama sekali.

Turunnya Daya Tahan Tubuh

Keseringan begadang ternyata juga dapat menyebabkan turunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh dapat mudah terserang penyakit termasuk Corona. Turunnya daya tahan tersebut dikarenakan kemampuan sel imun untuk melawan kuman terganggu kemudian hal tersebut diperparah dengan meningkatnya hormon stres sehingga kuman dapat mudah masuk ke tubuh.

Berdampak Negatif pada Pekerjaan

Keseringan begadang karena tuntutan pekerjaan ternyata malah berdampak negatif bagi pekerjaan itu sendiri. Beberapa dampak yang Sobat rasakan adalah sebagai berikut:

  • Terjadinya kecelakaan kerja akibat atensi yang terganggu dan kurang waspada terhadap lingkungan sekitar.
  • Menyebabkan miskomunikasi yang berujung pada terjadinya emosi akibat salah persepsi, dan salah menerima informasi.
  • Produktivitas menurun yang berujung pada respon yang menurun, bekerja secara lambat, dan sering tertidur saat bekerja.
  • Absen karena sakit berawal dari daya tahan tubuh yang menurun sehingga mudah terserang penyakit. Apabila dibiarkan terus-menerus tentu akan menganggu performa dan kelanjutan Sobat di tempat kerja.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengatasi Dampaknya?

Untuk mengurangi dampak negatif akibat begadang sebenarnya cukup mudah. Sobat hanya perlu tidur cukup selama 8 jam, kemudian merelaksasi pikiran, konsumsi vitamin, dan melakukan vaksinasi. Namun apabila Sobat memang tidak bisa mengurangi begadang karena pekerjaan, beberapa hal ini bisa Sobat lakukan supaya tetap sehat saat begadang.

Istirahatlah dengan Cukup Terlebih Dahulu

Kunci pertama supaya begadang tetap sehat adalah Sobat sebaiknya tidur dengan cukup terlebih dahulu di waktu siang.  Dengan istirahat yang cukup tersebut, Sobat tidak akan merasa terbebani dan mengantuk sehingga bisa semangat dalam bekerja. Karena itu, aturlah pencahayaan dengan cukup di tempat kerja supaya Sobat tidak mengantuk, dan bisa bekerja.

Baca Juga: 5 Tips Bergadang Agar Tidak Cepat Lelah

Perhatikan yang Harus Dikonsumsi

Supaya begadang tetap sehat dan dalam keadaan prima, konsumsi makanan harus juga diperhatikan. Usahakan jangan mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan yang berat yang justru akan menyebabkan kantuk, dan menurunkan performa. Karena itu, sebaiknya konsumsi saja makanan yang ringan dan menyehatkan alias mengandung vitamin untuk kebugaran tubuh. Jika Sobat ingin meminum kopi, hal itu boleh saja asalkan diminum secara teratur dan tidak berlebihan.

Jika Sudah Mengantuk, Tidurlah Sejenak

Meski Sobat sudah mempersiapkan diri dengan tidur di waktu pagi atau siang, tentu saja yang namanya rasa kantuk akan kembali melanda. Jika Sobat sudah merasakan hal tersebut, sebaiknya Sobat tidur saja sejenak. Namun apabila Sobat tidak ingin tidur karena tidak enak dengan atasan, Sobat bisa mengalihkan rasa kantuk itu dengan menonton TV atau mendengarkan musik. Atau Sobat bisa berdiri, melakukan peregangan atau berjalan-jalan di sekitar tempat kerja supaya aliran darah menjadi lancar dan tidak kaku, serta Sobat mendapatkan penyegaran.

Baca Juga: Ternyata Tidur 6 Jam Saja Tidak Cukup

Itulah dampak negatif dari begadang serta mengatasinya, dan cara begadang yang sehat apabila Sobat memang tidak bisa menghindari yang namanya begadang karena tuntutan pekerjaan. Meski begitu, jika ingin mempunyai kehidupan yang bagus dan berkualitas, sebaiknya Sobat tetap menghindari begadang jika hal itu memang bisa dihindari.

Apabila Sobat ingin mengetahui secara lengkap dampak negatif dari begadang, silakan tonton video Youtube berikut inidan jangan lupa subscribe YouTube ProSehat.



Selain itu, bagi Sobat yang memerlukan informasi kesehatan lainnya maupun membutuhkan produk-produk kesehatan, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

Referensi:

  1. Inilah 6 profesi yang menuntut aktif bekerja pada malam hari [Internet]. brilio.net. 2020 [cited 21 July 2020]. Available from: https://www.brilio.net/creator/inilah-6-profesi-yang-menuntut-aktif-bekerja-pada-malam-hari-cfa7bb.html
  2. [Internet]. 2020 [cited 21 July 2020]. Available from: https://greatdayhr.com/id/kerjaan-banyak-mengharuskan-begadang-inilah-tips-sehat-saat-begadang/
  3. Bahaya Begadang untuk Kesehatan [Internet]. gaya hidup. 2020 [cited 21 July 2020]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191021141513-255-441495/7-bahaya-begadang-untuk-kesehatan

Chat Asisten ProSehat aja