Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Tips Begadang Agar Tidak Cepat Lelah

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Yup, itu tadi adalah penggalan lirik dari lagu “Begadang” yang dipopulerkan Rhoma Irama dan populer hingga kini. Memang benar kita tidak disarankan untuk begadang apabila hal itu tidak terlalu penting karena seharusnya kita menggunakan malam hari untuk beristirahat. Yup, dengan kata lain begadang adalah salah satu kegiatan yang memotong jam tidur kita.

Seperti yang kita tahu, ketika kita tidak memiliki jam tidur yang cukup maka hal ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan kita di kemudian hari. Badan mudah lelah atau rasa mengantuk yang luar biasa merupakan contoh nyata dari kita yang sering begadang. Lalu bagaimana dengan dampak begadang lainnya? Tentu saja masih banyak dampak dari begadang dan salah satunya dapat menyebabkan terganggunya kinerja organ kita. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Lalu, apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar badan tetap fit setelah begadang seharian, atau begadang dalam jangka waktu beberapa hari? Kabar baiknya, kali ini kita akan membahas beberapa tips untuk begadang secara “sehat” alias tidak akan membuat kita lemas dan jatuh sakit di hari berikutnya setelah kita begadang. Nah, kira-kira apa saja ya yang bisa kita lakukan? Daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

1. Tetap memiliki jam tidur yang cukup

Meskipun kita tidak bisa tidur panjang ketika malam hari, tetapi kita tetap harus memiliki jam tidur yang cukup dalam sehari. Bagi orang dewasa, badan kita setidaknya harus memiliki jam istirahat yang cukup yaitu antara 6 hingga 8 jam dalam sehari. Kebiasaan begadang belum tentu disebabkan karena kita terpaksa beraktivitas di malam hari, sering kali hal ini juga disebabkan karena kita mengalami insomnia. Agar tetap memiliki jam tidur yang cukup, kita bisa membaginya dengan tidur di siang hari selama 3 hingga 4 jam dan sisanya bisa kita lakukan di malam hari.

2. Rajin berolahraga

Kapan terakhir kali kalian berolahraga? Apakah kalian sudah berolahraga minggu ini? Berolahraga adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan terutama untuk menjaga badan tetap fit. Berolaharga juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan setelah kita begadang semalaman dan pastinya meminimalisir datangnya berbagai penyakit menyerang tubuh kita. Berbagai jenis olahraga pun bisa kita lakukan, mulai dari jogging, sit up, push up, berenang, dan lain-lain.

3. Mengetahui batasan tubuh

Yup, hal yang satu ini perlu diketahui serta diwaspadai mengingat kegiatan begadang tidak disarankan untuk dilakukan secara terus menerus. Batasan yang dimaksud artinya kita perlu mengetahui kondisi badan dan sadar untuk beristirahat mengganti waktu begadang. Istirahat pengganti ini hendaknya membuat tidur kita lebih lelap karena diharapkan setelah bangun kita akan merasa segar kembali.

4. Mengonsumsi vitamin

Cara berikutnya yang efektif untuk badan tetap fit setelah begadang adalah dengan mengonsumsi vitamin bila dibutuhkan. Vitamin yang dimaksud di sini adalah vitamin C yang mengandung banyak antioksidan dan berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kita juga bisa mengonsumsi vitamin D apabila kita kurang mendapatkan sinar matahari selama beraktivitas.

5. Menghindari mengonsumsi minuman penambah energi

Cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit setelah begadang semalaman adalah dengan tidak mengonsumsi minuman penambah energi. Kenapa begitu? Justru minuman penambah energi ini dapat mengganggu kinerja ginjal kita di kemudian hari dan lebih baik kita mengonsumsi air putih ditambah dengan madu untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang pastinya juga efektif untuk menjaga tubuh tetap fit.
Nah, itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit setelah begadang semalaman. Pastinya sudah tidak khawatir lagi kan jika badan lemas setelah begadang? Satu hal yang perlu kita ingat adalah untuk tidak memiliki kebiasaan begadang karena hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
idntimes.com/health/fitness/nadia-fazira/cara-biar-sehat-saat-begadang-c1c2/full

Chat Asisten ProSehat aja