Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Seperti Inilah Cara Melepas Masker dengan Benar

Bagaimanakah cara melepas masker dengan benar? Hal ini tentu saja menjadi perhatian banyak orang ketika masker menjadi bagian dari gaya hidup di saat pandemi sekarang ini. Di tempat-tempat publik atau keramaian, masker wajib dipakai sebagai salah satu cara meminimalkan penyebaran virus, selain mencuci tangan dan menjaga physical distancing. Bahkan beberapa tempat tidak akan membiarkan orang masuk tanpa menggunakan penutup hidung dan mulut yang satu ini.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Masker dan Tips Nyaman Memakainya

Selain memahami cara memakai masker dengan benar, ada baiknya Sobat Sehat juga mengetahui cara yang benar untuk melepasnya. Sebab, jika tidak melepas dengan benar, masker ini justru akan menjadi tempat berkembangnya virus. Berikut ini adalah cara melepas masker dengan baik dan benar supaya tetap steril.

Cara Melepas Masker

Jangan Asal Taruh

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah jangan asal taruh masker dimana saja, terutama sewaktu Sobat Sehat makan dan minum atau saat ke kamar mandi. Ketika berada di kamar mandi, Sobat bisa menggunakan dua cara untuk meletakkannya. Yang pertama adalah menaruhnya di atas tisu kering atau handuk bersih, dengan memastikan sisi luar masker yang kotor menghadap ke bawah dengan tali pengikat ditempatkan ke arah luar. Cara kedua, simpan masker di dalam kantong atau paper bag yang bersih. Tujuannya agar sisi dalam masker tetap bersih.

Jangan Menarik ke Bawah Dagu

Yang selanjutnya harus diperhatikan namun nyatanya sering dilakukan adalah jangan menarik masker ke bawah dagu misalnya saat sedang minum. Karena saat diturunkan ke dagu atau leher, area dalam masker yang awalnya melindungi mulut dan hidung justru jadi menyentuh area yang berpotensi ada bakteri atau virus yang menempel. Selain itu, jangan juga menggantung masker di satu telinga ya, karena bagian dalam masker berisiko untuk menyentuh area wajah lain yang sejak awal tidak terlindungi. Jadi, lebih baik dilepas seluruhnya dan diletakkan pada meja, serta tetap selalu memastikan kebersihan tangan sebelum memakai dan melepas masker.

Buka Secara Perlahan

Supaya masker tetap steril saat dilepas adalah buka secara perlahan supaya tidak ada risiko penularan. Pastikan juga tangan sudah steril, kemudian pegang tali dan jangan sentuh bagian depannya. Sebab, hal itu bisa membuat masker berpotensi terkena bakteri yang menempel selama pemakaian.

Baca Juga: Aturan Penggunaan Masker Pada Anak dan Tips Memakainya

Langsung Dicuci Setelah Dilepas

Apabila Sobat menggunakan masker kain, hendaknya langsung dicuci setelah dilepas. Pencucian dianjurkan menggunakan air dan sabun agar virus atau bakteri yang menempel mati. Setelah dicuci, masker juga harus dijemur di bawah sinar matahari. Setelah dicuci dan dikeringkan, simpanlah pada tempat yang bersih dan steril dari kotoran namun juga mudah dijangkau supaya Sobat tidak kesulitan saat hendak memakai lagi. Sedangkan khusus untuk masker medis yang penggunaannya sekali pakai dan tidak boleh dicuci, dianjurkan dibungkus dengan plastik atau dibuang pada tempat sampah khusus saat selesai dipakai supaya tidak mengkontaminasi.

Lepas Apabila Sudah Mencapai 4-5 Jam

Cara melepas masker yang juga perlu diperhatikan adalah ketika sudah mencapai 4-5 jam harus dilepas sebab bila melewati jangka waktu tersebut akan memberi dampak yang tidak baik pada kulit wajah di sekitar mulut dan hidung. Jumlah virus, bakteri, debu, atau partikel lainnya sudah di atas normal sehingga wajah akan rentan terkena jerawat dan iritasi sehingga butuh perawatan khusus. Namun kalau hal ini sudah terjadi, bersihkanlah wajah dengan sabun anti jerawat, gunakan krim pelembap yang menjaga kelembapan kulit, dan hindari penggunaan bahan-bahan yang menggunakan alkohol.

Cucilah tangan

Cara terakhir dalam melepas masker adalah cucilah tangan dengan sabun pada air yang mengalir atau hand sanitizer apabila tidak ada keran untuk mencuci tangan. Hal ini supaya dapat mencegah terjangkit virus corona yang bisa bertahan di benda mati dalam waktu 72 jam.

Produk Terkait: Masker Kain

Itulah beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan dalam cara melepas masker yang benar supaya tetap bersih dan steril sehingga tidak menjadi sarang penyakit. Apabila Sobat mempraktikkan dengan benar, Sobat sudah membantu menghentikan penyebaran virus Corona yang semakin hari semakin naik jumlah penderitanya. Dengan begitu, memakai masker merupakan cara paling ampuh untuk saat ini sampai menunggu vaksin antivirus selesai dikembangkan, dan bisa dipergunakan untuk umum. Karena itu, jangan sepelekan masker ya!

Apabila Sobat mempunyai pertanyaan tentang masker dan rapid test, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Kamaliah A. Cara Melepas Masker yang Benar, Selama Ini Banyak yang Salah! [Internet]. detikinet. 2020 [cited 26 August 2020]. Available from: https://inet.detik.com/science/d-5145516/cara-melepas-masker-yang-benar-selama-ini-banyak-yang-salah
  2. Supaya Tak Tertular Corona, Begini Cara Memakai dan Melepas Masker yang Benar | Kabar24 – Bisnis.com [Internet]. Bisnis.com. 2020 [cited 26 August 2020]. Available from: https://kabar24.bisnis.com/read/20200808/15/1276608/supaya-tak-tertular-corona-begini-cara-memakai-dan-melepas-masker-yang-benar-
  3. Riyandi R. Begini Cara Memakai dan Melepas Masker Secara Benar [Internet]. AYOBANDUNG.com. 2020 [cited 26 August 2020]. Available from: https://ayobandung.com/read/2020/08/15/118139/begini-cara-memakai-dan-melepas-masker-secara-benar
  4. Wajib Ganti Masker Setiap Lima Jam – Fajar Indonesia Network [Internet]. Fajar Indonesia Network. 2020 [cited 26 August 2020]. Available from: https://fin.co.id/2020/08/25/wajib-ganti-masker-setiap-lima-jam/

Chat Asisten ProSehat aja