Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Kondisi yang Disarankan untuk Melakukan Tes Fungsi Hati

Pemeriksaan fungsi hati, atau disebut juga Liver Function Test (LFT) merupakan pemeriksaan yang digunakan dalam membantu mendiagnosis penyakit atau kelainan pada organ hati. Tes ini dilakukan dengan mengukur kadar enzim, protein, bilirubin, dan zat lainnya yang terdapat di dalam darah. Kadar enzim, protein, atau bilirubin yang lebih tinggi tinggi atau lebih rendah biasanya dapat menunjukkan adanya masalah pada hati. 

5 Kondisi yang Disarankan untuk Melakukan Tes Fungsi Hati

5 Kondisi yang Disarankan untuk Melakukan Tes Fungsi Hati

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Tes Fungsi Hati ? 

Sahabat Sehat, tes fungsi hati umumnya direkomendasikan pada situasi berikut:

  • Memeriksa Kerusakan Hati Akibat Infeksi Hati

Penyakit hati seperti Hepatitis B dan Hepatitis C, perlu melakukan tes fungsi hati sebab virus hepatitis menyerang organ hati dan dapat mempengaruhi kinerja hati.

  • Memantau Efek Samping Obat 

Bagi Sahabat Sehat yang rutin mengkonsumsi obat, dianjurkan melakukan tes fungsi hati. Hal ini dikarenakan beberapa obat telah diketahui dapat mempengaruhi kinerja organ hati misalnya obat NSAID, Statin, obat antibiotik, obat anti kejang, dan obat TBC (Tuberkulosis).

  • Memiliki Riwayat Penyakit Hati

Bagi penderita gangguan hati, misalnya infeksi hati (hepatitis), kanker hati, perlemakan hati, pengerasan hati (sirosis hati), dapat melakukan pemeriksaan fungsi hati secara berkala untuk memantau perkembangan penyakit dan seberapa baik pengobatan bekerja.

  • Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Bagi Sahabat Sehat yang memiliki kondisi medis seperti kadar trigliserida tinggi, diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, penyakit kandung empedu, dan anemia, turut dianjurkan melakukan tes fungsi hati untuk memastikan ada atau tidaknya komplikasi pada organ hati akibat riwayat penyakit tersebut.

  • Sering Konsumsi Alkohol

Bagi Sahabat Sehat yang rutin konsumsi alkohol, dianjurkan melakukan tes fungsi hati sebab peminum alkohol lebih beresiko mengalami perlemakan hati dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi alkohol

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

Berbagai Jenis Tes Fungsi Hati

Apabila Sahabat Sehat memiliki salah satu kondisi diatas, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Sahabat Sehat, berikut adalah berbagai macam jenis tes fungsi hati :

  • Alanine transaminase (ALT)

Alanine transaminase (ALT) atau dikenal juga sebagai serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT), adalah enzim yang digunakan tubuh untuk metabolisme protein. Apabila fungsi hati terganggu, enzim ALT dapat dilepaskan ke dalam darah dan kadar ALT mengalami peningkatan. Saat hasil tes menunjukan kadar ALT yang sangat tinggi, maka kemungkinan besar telah terjadi kerusakan hati.

  • Aspartate aminotransferase (AST)

Aspartate aminotransferase (AST) adalah salah satu enzim yang dapat ditemukan di beberapa bagian tubuh, seperti jantung, otak, pankreas, hati, otot. Ketika hati mengalami kerusakan, enzim AST dilepaskan ke dalam aliran darah. Kadar AST yang tinggi dapat menunjukan adanya masalah pada hati atau otot. Kadar AST secara spesifik memang tidak bisa dijadikan penanda kerusakan hati seperti ALT. Oleh sebab itu, tes AST biasanya diukur bersama dengan ALT untuk mengetahui kondisi hati.

  • Alkaline phosphatase (ALP)

Alkaline phosphatase (ALP) adalah enzim yang ditemukan dalam tulang, saluran empedu, dan hati. Pemeriksaan ALP biasanya dilakukan dalam kombinasi dengan beberapa tes lainnya. Tes ALP dapat digunakan untuk mengevaluasi kondisi hati dan saluran empedu-hati. 

  • Tes albumin

Albumin merupakan protein utama yang diproduksi oleh hati dan memiliki banyak fungsi penting terhadap tubuh. Tes albumin dapat memperkirakan kinerja hati dalam menghasilkan protein albumin. Apabila kadar albumin dalam darah rendah, kemungkinan menunjukan adanya masalah pada fungsi hati. 

  • Tes bilirubin

Bilirubin adalah produk sisa dari pemecahan sel darah merah yang biasanya diproses oleh hati, sebelum ikut keluar bersama feses. Apabila fungsi hati terganggu, maka bilirubin tidak dapat terproses dengan benar. Oleh sebab itu, jika hasil pemeriksaan darah menunjukan kadar bilirubin yang tinggi, kemungkinan menjadi tanda adanya gangguan pada fungsi hati. 

  • Gamma-glutamyl transpeptidase (GGT)

Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk melengkapi tes fungsi hati. Pasalnya, tingginya kadar GGT dalam tubuh dapat menjadi tanda adanya kerusakan hati yang umumnya disebabkan oleh penggunaan obat-obatan, alkohol, maupun racun. 

Baca Juga: Cara Mencegah Hepatitis A Bagi Kamu yang Suka Kulineran

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Tes Fungsi Hati

Dokter biasanya akan memberikan Sahabat Sehat arahan persiapan sebelum mengambil sampel darah untuk tes fungsi hati, sebagai berikut :

  • Lakukan puasa sekitar 10 – 12 jam sebelum melakukan tes fungsi hati
  • Sahabat Sehat tetap dapat mengkonsumsi air putih sebelum tes
  • Kenakan baju berlengan pendek atau baju yang bagian lengannya mudah digulung agar tidak menyulitkan petugas medis dalam proses pengambilan sampel darah.

Baca Juga: Hal Sepele yang Jadi Penyebab Hepatitis A Kambuh Lagi

Berapa Nilai Normal Tes Fungsi Hati ?

Perlu diketahui bahwa nilai normal dari tes fungsi hati dapat berbeda-beda karena tergantung dari alat laboratorium yang digunakan. Secara umum, berikut adalah patokan nilai normal hasil tes fungsi hati yaitu :

  • A L T: 7 – 55 unit per liter (U/L)
  • A S T: 8 hingga 48 U/L
  • A L P: 40 hingga 129 U/L
  • Albumin: 3,5 hingga 5,0 gram per desiliter (g/dL)
  • Total protein: 6,3 hingga 7,9 g/dL
  • Bilirubin: 0,1 hingga 1,2 miligram per desiliter (mg/dL)
  • GGT: 8 hingga 61 U/L

Selain itu, batas nilai normal ini juga dapat bervariasi antara pria, wanita, dan anak-anak. 

Baca Juga: Sirosis Hati dan Hepatitis, Apa Bedanya?

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai kondisi yang memerlukan pemeriksaan fungsi hati. Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh: dr. Monica C

 

Referensi

  1. Healthline. Liver Function Tests: Purpose, Procedure, and Results [Internet]. USA : Healthline.
  2. Better Health. Liver – Better Health Channel [Internet]. Australia : Better Health.
  3. Mayo Clinic. Liver problems – Symptoms and causes [Internet]. USA : Mayo Clinic.
  4. Tests M. Liver Function Tests: MedlinePlus Medical Test [Internet]. USA : Medline Plus.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com