Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cara Mencegah Hepatitis A Bagi Kamu yang Suka Kulineran

Ditulis oleh : dr. Jonathan Christopher
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Cara Mencegah Hepatitis A Penting Bagi Sahabat Sehat yang Senang Jajan Makanan di Luar

Tidak jajan sembarangan menjadi salah satu cara mencegah hepatitis A. Namun hal ini sulit dilakukan oleh orang yang suka kulineran. Untungnya masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap sehat sambil jajan makanan dan minuman di berbagai tempat.

Nah Sahabat Sehat, bagaimana mencegah terinfeksi hepatitis A bagi yang sering makan diluar ? Mari simak penjelasan berikut ini:

Penyebab Hepatitis A

Terdapat beberapa jenis dari virus hepatitis, namun salah satu yang sering ditemukan akibat sanitasi yang buruk adalah penyakit hepatitis A. Hepatitis A merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Data dari World Health Organization mengatakan bahwa pada tahun 2016 terdapat 7.134 orang yang meninggal akibat hepatitis A diseluruh dunia.

Penyakit hepatitis A kerap ditemukan pada negara berkembang yang memiliki tingkat sanitasi kurang baik.Makanan dan minuman yang kotor akibat sanitasi yang buruk dapat menularkan berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit tersebut dapat berupa tifoid, diare hingga hepatitis. 

Gejala Hepatitis A

Gejala yang dapat diakibatkan hepatitis A, yakni demam, mual muntah, diare, nyeri perut, pegal-pegal, hingga warna kulit menjadi kuning.

Pemeriksaan laboratorium dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis hepatitis A. Hasil tes darah yang menunjukan adanya antibodi terhadap virus hepatitis A, dapat menegakkan diagnosis bahwa seseorang terinfeksi hepatitis A.

Cara Mencegah Hepatitis A saat Kulineran

Virus hepatitis A menular dengan cara fecal – oral, yaitu dari feses penderita hepatitis A yang kemudian masuk ke tubuh seseorang melalui makanan atau minuman yang terpapar kotoran akibat sanitasi yang buruk. Bisa juga karena seseorang berjalan tanpa alas kaki di daerah yang masih kurang baik dalam hal sanitasi.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah penyakit hepatitis A:

Rajin Mencuci Tangan

Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir pada saat sebelum dan sesudah makan, untuk membunuh virus yang mungkin terdapat pada tangan Sahabat Sehat sehingga transmisi melalui makanan dapat dihindari.

Bersihkan Buah dan Sayur

Buah dan sayur yang dibeli mungkin sebelumnya terpapar oleh kotoran yang mengandung hepatitis A. Bersihkan dahulu sebelum mengkonsumsi buah dan sayuran yang mentah.

Hindari Makanan Mentah

Lebih baik lagi untuk menghindari makanan-makanan mentah. Masak terlebih dahulu makanan Sahabat Sehat. Dengan demikian, kuman, virus, dan parasit mati dan tidak membahayakan tubuh.

Vaksinasi Hepatitis A

Vaksin untuk virus hepatitis A sudah tersedia. Sahabat Sehat dapat melakukan vaksinasi untuk mencegah terinfeksi virus hepatitis A. IDAI merekomendasikan pemberian imunisasi Hepatitis A setelah anak berusia 2 tahun dalam 2 dosis. Dosis ke-2 diulang setelah 6 bulan sampai 12 bulan berikutnya, namun bagi Sahabat Sehat yang sudah dewasa dan senang kulineran juga bisa mengambil vaksin hepatitis A sehingga risiko terkena hepatitis A menjadi lebih rendah.

Dapatkan: Layanan Vaksinasi Hepatitis A ke Rumah

Jangan Berbagi Barang Pribadi

Berbagai kulineran di luar mungkin akan menawarkan anda sendok logam. Walaupun terlihat bersih, namun bisa jadi sendok tersebut tidak higienis. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk hanya menggunakan sendok sekali pakai atau membawa sendok dan sedotan pribadi dari rumah. Jangan meminjamkan barang tersebut kepada orang lain.

Itulah beberapa cara mencegah hepatitis A yang perlu dilakukaan, khususnya oleh mereka yang suka jajan atau kulineran di berbagai tempat. Jika memiliki pertanyaan seputar hepatitis A, segera manfaatkan layanan konsultasi dokter gratis yang bisa didapatkan di Prosehat.

Referensi

  1. Iorio N, John S. Hepatitis A
  2. World Health Organization. Hepatitis A
  3. Medline Plus Medical Encyclopedia. Preventing hepatitis A
  4. Ikatan Dokter Anak Indonesia. Mengenal Hepatitis A pada Anak

Chat Dokter 24 Jam