Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan sehat adalah kunci tumbuh kembang janin yang optimal pada ibu hamil. Tak jarang, ibu hamil merasa khawatir akan kecukupan zat gizi yang terdapat pada makanan yang dikonsumsinya. Banyaknya pilihan makanan cepat saji yang tinggi kalori namun rendah nutrisi seringkali menjadi pilihan untuk dikonsumsi, padahal ada banyak sekali variasi makanan sehat yang dapat dipertimbangkan oleh ibu hamil.1

Makanan sehat ini tentu saja selain mempengaruhi perkembangan janin, juga dapat memberi dampak kesehatan pada ibu hamil tersebut. Ibu hamil yang sehat dan kuat diharapkan mengandung janin yang sehat dan kuat pula. Pada saat kehamilan, kalori yang dibutuhkan akan semakin bertambah terutama di trimester kedua dan ketiga, sehingga makanan yang dikonsumsi juga sebaiknya adalah makanan yang bergizi dangan porsi yang baik dan mencukupi.

Berikut adalah 10 pilihan makanan sehat untuk ibu hamil:

1. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang mudah didapatkan dan mudah untuk diolah. Telur mengandung zat gizi penting antara lain protein, asam amino, vitamin dan mineral. Telur juga mengandung kolin dan kaya akan omega 3 yang berperan untuk pertumbuhan dan kesehatan otak janin. Pastikan dalam pengolahannya, telur benar-benar matang.

2. Salmon

Ikan salmon kaya akan protein, mengandung omega 3 dan vitamin B, yang baik untuk pertumbuhan otak janin dan perkembangan penglihatannya. Selain itu, kadar merkuri pada salmon rendah, hal ini penting karena merkuri yang tinggi dapat membahayakan perkembangan saraf janin. Mengonsumsi salmon juga dapat meningkatkan mood ibu hamil. Pengolahan salmon dapat dengan berbagai cara, misalnya dengan merebus, atau memanggangnya. Hindari penggunaan MSG dan bahan kimia lainnya.

3. Produk Susu

Susu dan olahannya seperti keju, juga memberi manfaat yang baik untuk ibu hamil. Susu merupakan salah satu bahan makanan yang lengkap zat gizinya. Susu kaya akan kalsium, vitamin D, serta asam lemak omega 3. Kalsium pada susu dapat membantu menyehatkan tulang ibu hamil dan calon bayi. Di samping itu, keju yang merupakan produk dari susu, kaya akan kalsium, fosfor, dan magnesium, yang berperan dalam menguatkan tulang ibu dan bayi. Pada susu juga terdapat probiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit selama hamil.

4. Minyak Ikan

Minyak ikan ini umumnya sekarang tersedia dalam bentuk kapsul, dan biasanya berasal dari ikan kod. Minyak ikan ini penting untuk perkembangan otak dan penglihatan calon bayi.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan nutrisi seperti protein nabati dan serat. Serat ini dapat membantu melancarkan pencernaan karena pada masa kehamilan saluran pencernaan bekerja lebih lambat dari biasanya. Kacang polong, misalnya, dapat menguatkan dan menunjang kesehatan janin dan mempertahankan berat badan yang ideal pada perkembangan janin. Kacang hijau, sebagai contoh lainnya, juga mempunyai nutrisi yang lengkap, diantaranya mengandung protein nabati, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, asam folat, lemak tak jenuh yang semuanya mempunyai manfaat yang baik untuk ibu hamil dan janin.

6. Ubi

Ubi jalar yang berwarna oren mengandung karotenoid yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Selain itu, ubi jalar juga mengandung karbohidrat, vitamin C, serat, dan asam folat. Ubi merah atau ungu, juga bisa menjadi pilihan karena kandungannya yang kurang lebih sama dengan ubi jalar orange. Selain rasanya yang manis dan enak, ubi ini mengandung vitamin yang dapat menumbuhkan daya tahan tubuh janin.

7. Buah Beri

Buah-buahan seperti strawberry, blueberry, blackberry, sangat kaya akan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan daya tahan dan menyehatkan kulit. Selain itu, kandungan antioksidannya membantu mencegah kerusakan sel dan melawan radikal bebas.

8. Alpukat

Alpukat mempunyai banyak manfaat melalui kandungan nutrisinya, antara lain; vitamin C dan B6 yang baik untuk jaringan tubuh dan pertumbuhan otak janin, asam folat yang penting untuk perkembangan sistem saraf janin, dan potassium yang membantu mengatur keseimbangan cairan. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E, vitamin K, dan lemak tak jenuh.

9. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, pokchoy, kailan, mengandung nutrisi penting antara lain vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Vitamin ini bagi janin perlu untuk perkembangan dalam rahim, sementara bagi ibu hamil vitamin perlu untuk menjaga kekebalan tubuh. Sayuran lain seperti brokoli mengandung karotenoid yang baik untuk perkembangan mata janin. Selain itu, berbagai sayuran hijau ini mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas dan juga mengandung kalsium dan potassium yang baik untuk keseimbangan cairan tubuh. Serat yang terdapat pada sayuran hijau juga bermanfaat melancarkan pencernaan.

10. Daging tanpa lemak

Daging seperti daging sapi, mengandung protein yang sangat tinggi. Daging yang baik dikonsumsi adalah daging tanpa lemak, yang membantu menambah zat besi dalam tubuh. Zat besi berperan dalam mencegah anemia, membantu melancarkan oksigen ke janin, dan mencegah bayi lahir prematur. Daging juga mengandung nutrisi lain seperti zink dan vitamin B. Dalam pengolahannya, daging sebaiknya dimasak hingga matang, untuk mencegah penularan bakteri seperti salmonella, listeria, maupun toksoplasma yang berbahaya bagi ibu hamil.

Demikian 10 pilihan makanan yang mempunya banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan sang buah hati. Perlu diingat bahwa pilihan makanan lain juga dapat dijadikan variasi dalam menu makanan sehari-hari, selain dari 10 contoh yang telah dipaparkan di atas. Untuk jumlah atau porsi makanannya, ibu hamil hendaknya mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat (6-7 porsi), sayur-sayuran (3 porsi), buah-buahan (2 porsi), daging-dagingan (3,5 porsi, 1 porsinya berasal dari produk susu dan makanan tinggi kalsium), dan dalam porsi kecil lemak, minyak, garam dan gula.4

Nela Fitria Yeral, dr.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
1. Williamson, C.S. 2006. Nutrition in Pregnancy. British Nutrition Foundation: London.
2. Ministry of Health. 2006. Food and Nutrition Guidelines in Healthy Pregnant and Breastfeeding Women. Wellington: New Zealand.
3. National Health and Medical Research Council. 2007. Healthy Eating during your Pregnancy. Department of Health and Aging: Australian Government.
4. Health Promotion Board. 2013. Your Pregnancy Food Plate. Singapore.

WhatsApp Asisten Maya saja