Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Manfaat Imunisasi Hib Bagi Bayi dan Kapan Harus Diberikan

Begitu besar  manfaat imunisasi Hib bagi bayi terutama bagi kesehatannya. Imunisasi merupakan salah satu cara agar Si Kecil kebal terhadap suatu penyakit. Pemberian imunisasi sangat penting dan bermanfaat karena dapat mencegah infeksi oleh berbagai penyakit yang sebenarnya dapat dihindari. Hingga saat ini tercatat ada lebih dari 20 jenis penyakit yang dapat dihindari dengan imunisasi. Salah satu dari imunisasi yang dapat diberikan untuk Si Kecil adalah imunisasi Haemophilus influenzae Type B (HiB). 

Manfaat Imunisasi Hib Bagi Bayi dan Kapan Harus Diberikan

Manfaat Imunisasi Hib Bagi Bayi dan Kapan Harus Diberikan

Nah Moms, apa saja penyakit yang dapat dicegah dengan pemberian imunisasi Haemophilus influenzae Type B (HiB)? Mari simak penjelasan berikut.

Apa Itu Bakteri HiB ?

Haemophilus influenzae Type B (HiB) merupakan jenis bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam infeksi pada tubuh. Infeksi bakteri ini dapat terjadi pada telinga, paru-paru, sendi, kulit, hingga ke cairan otak dan selaput otak (meninges).

Dampak infeksi Haemophilus influenzae Type B (HiB) bergantung pada organ yang terlibat, contohnya infeksi pada paru dapat menyebabkan pneumonia. Sementara infeksi pada selaput otak dapat menyebabkan peradangan selaput otak atau disebut Meningitis. Kondisi ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan Si Kecil.

imunisasi anak di rumah, imunisasi anak hemat, imunisasi anak murah, imunisasi si kecil

Bagaimana Cara Penularan Bakteri HiB ?

Bakteri Haemophilus influenzae Type B (HiB) dengan mudah menular ke Si Kecil maupun Moms melalui droplet dari orang yang terinfeksi. Cipratan air liur dari seorang penderita yang batuk atau bersin lalu masuk ke saluran pernafasan Si Kecil atau Moms maka dapat menularkan infeksi HiB. 

Baca Juga: Vaksinasi Hib Bantu Cegah Pneumonia Pada Anak

Bagaimana Cara Mencegah Penularan Bakteri HiB ?

Penting bagi Si Kecil dan Moms untuk selalu menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker saat berinteraksi dengan orang lain. Melakukan imunisasi turut membantu mencegah Si Kecil terinfeksi bakteri HiB. Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan pemberian imunisasi Haemophilus influenzae Type B (HiB), yaitu :

  • Infeksi telinga
  • Infeksi sendi
  • Pneumonia
  • Radang selaput otak (Meningitis)
  • Radang selaput jantung (Perikarditis)

Baca Juga: Imunisasi Lengkap: Sehatkan Keluarga, Lewati Masa Pandemi

Kapan Jadwal Imunisasi HiB ?

Imunisasi HiB dapat diberikan pada usia 2, 4, dan 6 bulan, dan diulang pada usia 18 bulan. Vaksin HiB juga dapat diberikan dalam bentuk vaksin kombinasi. Apabila Si Kecil datang pada usia 1 – 5 tahun, vaksin HiB hanya diberikan 1 kali saja. Bagi Si Kecil yang sudah berusia 5 tahun atau lebih maka tidak perlu mendapatkan vaksinasi tersebut, kecuali memiliki kondisi lain seperti gangguan sistem imun maka pemberian imunisasi dapat dipertimbangkan.

Imunisasi HiB sampai saat ini sudah berjalan lama dan efektif sehingga menurunkan resiko berbagai penyakit yang dapat disebabkan oleh bakteri HiB.  Mama dapat melihat buku atau kartu imunisasi si Kecil untuk memastikan jadwal imunisasi tidak terlewat. 

Baca Juga: Mengenal 3 Jenis Baru Vaksin Wajib Untuk Anak – Anak

Nah Moms, itulah informasi mengenai imunisasi Haemophilus influenzae Type B (HiB) yang dapat mencegah berbagai penyakit. Jika Momst membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh : dr. Jonathan Christopher
Ditinjau oleh : dr. Monica C

 

Referensi

  1. Centres for Disease Control and Prevention. Immunisation Basics.
  2. World Health Organization. Vaccines and immunisation.
  3. Centres for Disease Control and Prevention. Haemophilus influenzae: Types of Infection and Causes.
  4. Ikatan Dokter Anak Indonesia. Melengkapi/ Mengejar Imunisasi (Bagian III).
  5. Nemours Kids Health. Your Child’s Immunizations: Hib Vaccine (for Parents).
  6. Brundage H, Mukka S. Haemophilus Influenza Type B Vaccine.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com