Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

3 Makanan Penyebab Asam Urat yang Perlu Diwaspadai

Sobat Sehat tentu sudah tidak asing dengan yang namanya asam urat, yaitu penyakit yang terjadi akibat peradangan yang terjadi pada persendian. Penyakit ini biasanya menyerang sendiri kaki dan tangan. Penyakit muncul karena zat uric acid yang sangat banyak di dalam darah. Penyebab lainnya adalah juga karena mengonsumsi makanan.

makanan asam urat, penyebab asam urat

Apabila Sobat adalah salah satu penderita asam urat, sebaiknya hindari tiga makanan yang disinyalir dapat meyebabkan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Berikut adalah tiga makanan penyebab asam urat seperti dilansir dari Herstory. Apa saja makanannya, dan apakah termasuk makanan favorit Sobat? Yuk, mari disimak!

1. Daging

Makanan pertama yang dapat menyebabkan asam urat adalah daging, terutama daging sapi, kambing, bebek, dan burung puyuh. Menurut salah satu penelitian, mengonsumsi 100 gram daging masak mampu meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, daging-daging olahan seperti sosis, naget, dan kornet, juga harus dihindari karena memiliki lemak jenuh dan natrium tinggi yang mampu meningkatkan kadar asam urat. Karena itu, apabila Sobat Sehat masih ingin mengonsumsi daging namun terkendala asam urat, sebaiknya konsumsi saja daging ayam yang bebas dari asam urat.

2. Seafood

Atau makanan laut atau boga bahari ternyata juga dapat menyebabkan asam urat terutama pada lobster, ikan sarden, kerang, kepiting, serta udang sehingga harus dihindari. Apabila Sobat masih ingin mengonsumsi makanan laut yang aman dan bebas dari asam urat adalah ikan salmon. Supaya asam urat stabil usahakan juga mengonsumsi sayuran seperti brokolii sewaktu menyantap hidangan laut serta berikan perasan air lemon.

3. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan terakhir penyebab asam urat yang mesti Sobat hindari adalah makanan berlemak tinggi sebab makanan ini mampu meningkatkan kadar asam urat pada tubuh. Selain itu, makanan berlemak tinggi juga dapat menghasilkan insulin dalam tubuh. Apabila berlebihan, dapat menganggu kesehatan ginjal dan asam urat bisa mengristal.

Itulah 3 makanan penyebab asam urat yang Sobat mesti hindari supaya asam urat tidak kambuh dan naik kembali. Apabila  Apabila Sobat ingin mengetahui lebih dalam dan lengkap mengenai cara menghindari asam urat yang tepat dan memerlukan informasi kesehatan lainnya maupun membutuhkan produk-produk kesehatan untuk mengatasi asam urat, dapat mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat atau bisa menghubungi nomor Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800. Salam sehat!

Referensi

  1. Penderita Asam Urat Merapat! 3 Makanan Ini Patut Dihindari Ya! [Internet]. HerStory. 2020 [cited 27 July 2020]. Available from: https://herstory.co.id/read5331/penderita-asam-urat-merapat-3-makanan-ini-patut-dihindari-ya

Chat Asisten ProSehat aja