Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

7 Cara Pencegahan Kanker Hati yang Dapat Anda Lakukan

Kanker hati merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Meski demikian, bukan berarti penyakit kanker hati ini tidak dapat dicegah. Terdapat sejumlah hal yang dapat Sahabat Sehat lakukan sebagai upaya agar terhindar dari kanker hati. Mari simak penjelasan berikut.

7 Cara Pencegahan Kanker Hati yang Dapat Anda Lakukan

7 Cara Pencegahan Kanker Hati yang Dapat Anda Lakukan

Menjalani Pengobatan Bagi Penderita Hepatitis B dan C

Melansir dari American Cancer Society, salah satu faktor penyebab kanker hati adalah infeksi dari penyakit hepatitis B dan C yang kronis. Salah satu penyakit menular ini sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang lainnya melalui jarum suntik yang digunakan secara berulang, biasanya digunakan untuk pengobatan. Selain itu, penyakit ini juga dapat menular melalui seks bebas atau seks tanpa proteksi (penggunaan kondom) dan dari ibu kepada anaknya yang dilahirkan.

Salah satu langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari infeksi menular ini adalah dengan menghindari penggunaan jarum suntik bersama dengan orang lain, serta selalu menggunakan kondom atau alat proteksi lainnya ketika berhubungan seksual. Bukan hanya itu saja, anak-anak hingga orang dewasa juga dianjurkan untuk mendapatkan suntik vaksin HBV (untuk hepatitis B) guna mengurangi risiko terinfeksi hepatitis sekaligus sebagai upaya pencegahan terhadap kanker hati. 

Apabila Sahabat Sehat memiliki resiko atau riwayat hepatitis B dan C, sebaiknya segera lakukan deteksi dini kanker hati. Sedangkan bagi Sahabat Sehat yang telah terinfeksi hepatitis B dan C, segera jalani pengobatan dan perawatan guna mencegah berkembangnya infeksi hepatitis menjadi kanker hati. Meski penggunaan obat belum tentu dapat menyembuhkan hepatitis B secara efektif, tetapi metode ini dinilai mampu mengurangi risiko sirosis hati dan kanker hati. 

vaksin ke rumah, layanan ke rumah, vaksinasi di rumah aja

Hindari Minuman Beralkohol dan Merokok

Mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok terbukti dapat memicu munculnya berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker hati. Oleh karena itu, jika Sahabat Sehat kerap mengkonsumsi alkohol dan merokok maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini. 

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol berpotensi meningkatkan resiko pengerasan hati (sirosis hati) yang merupakan salah satu faktor risiko penyebab kanker hati. Selain itu, menghentikan kebiasaan merokok juga mampu mengurangi risiko berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya. 

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal 

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kanker hati. Oleh sebab itu, Sahabat Sehat perlu menjaga berat badan untuk selalu ideal sebagai upaya pencegahan terhadap kanker hati. Hal ini dapat dilakukan dengan cara rutin berolahraga dan menjaga pola makan sehat. 

Pasalnya obesitas juga dapat meningkatkan risiko sirosis hati dan menjadi faktor risiko lain dari penyakit kanker hati. Apabila ingin menurunkan berat badan, Sahabat Sehat dapat memulai dengan mengurangi jumlah kalori dari asupan makanan harian kemudian tingkatkan pula durasi atau intensitas olahraga. 

Baca Juga: Hal Sepele yang Jadi Penyebab Hepatitis A Kambuh Lagi

Lakukan Deteksi Dini Kanker Hati

Melakukan deteksi dini terhadap kanker hati menjadi langkah pencegahan yang tidak kalah pentingnya untuk dilakukan, terutama jika Sahabat Sehat sudah mulai mengalami beberapa gejala kanker hati. Akan tetapi ada beberapa orang yang dikategorikan wajib untuk melakukan deteksi kanker hati, yakni mereka yang mengalami sirosis hati, infeksi hepatitis B, dan hepatitis C. Selain itu, Sahabat Sehat juga dapat melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk kemudian mendiskusikan apakah perlu melakukan deteksi dini atau tidak. 

Mengatasi Penyakit yang Menjadi Faktor Pemicunya

Terdapat beberapa jenis penyakit yang mungkin dapat meningkatkan risiko kanker hati. Beberapa penyakit yang meningkatkan resiko kanker hati yaitu diabetes, dan sirosis hati. Diabetes dapat mempengaruhi peredaran darah secara sehingga apabila terjadi komplikasi dapat menyerang organ tubuh lainnya, termasuk hati. Selain itu, memiliki riwayat penyakit keturunan seperti sirosis hati juga dapat meningkatkan risiko kanker hati. 

Konsultasikan Dengan Dokter

Sahabat Sehat dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi tubuh dan  memastikan langkah yang akan diambil selanjutnya. Selain itu, ada berbagai informasi terkait upaya pencegahan kanker hati yang perlu Anda konfirmasi kebenaranan dengan dokter. 

Diagnosis Kanker Hati

Saat melakukan pemeriksaan, dokter umumnya akan mendiagnosis kanker hati dengan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan tambahan seperti:

  • Pemeriksaan darah, untuk menilai fungsi organ hati dan kadar Alpha Fetoprotein (AFP) dalam darah.
  • Pencitraan dengan USG, MRI atau CT scan, untuk mengetahui bentuk hati, lokasi kanker, keberadaan tumor, hingga sejauh mana penyebarannya.
  • Biopsi hati, dengan mengambil sedikit sampel jaringan hati untuk dianalisa di laboratorium.
  • Laparoskopi, untuk memeriksa kondisi bagian dalam perut dengan menggunakan selang berkamera. 

Baca Juga: Kenali dan Cegah Hepatitis

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai informasi mengenai cara mencegah kanker hati. Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

 

Referensi

  1. World Health Organization. Cancer.
  2. Cancer. Can Liver Cancer Be Prevented?
  3. Memorial Sloan Kettering Cancer Center. Liver Cancer Prevention & Risk Factors.
  4. Mayo Clinic. Liver cancer – Symptoms and causes.
  5. Mayo Clinic. Liver cancer – Diagnosis and treatment.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com