Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Dapatkan Beragam Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma

Memasuki bulan Ramadan, siapa tidak kenal dengan buah kurma yang kerap dijadikan sebagai salah satu menu saat berbuka puasa.

manfaat berbuka puasa dengan kurma

Baca Juga: 8 Makanan yang Dianjurkan Saat Berbuka Puasa

Nabi Muhammad SAW pernah menyatakan bahwa menyantap buah kurma saat berbuka puasa termasuk sunah. Hal ini sejalan dengan beragam manfaat kurma dari segi kesehatan. Yuk, Sahabat Sehat, mari simak beragam manfaat berbuka puasa dengan mengonsumsi buah kurma.

Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma

Mengontrol Gula Darah

Saat berbuka puasa, Sahabat disarankan mengonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu untuk meningkatkan energi dan gula darah. Namun Sahabat sebaiknya tidak berlebihan konsumsi makanan dan minuman yang manis karena berisiko meningkatkan gula darah secara drastis, terlebih bagi para penderita diabetes.

Produk Terkait: Cek Lab

Sebagai pilihannya Sahabat bisa mengonsumsi buah kurma karena termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik rendah, dan kaya akan serat.

Melancarkan Pencernaan

Selain dapat mengontrol gula darah, kurma juga dapat membantu melancarkan pencernaan karena mengandung serat. Kurma dapat menyiapkan perut untuk mencerna lebih banyak makanan sehingga perut tidak kaget saat berbuka puasa.

Mencegah Sembelit

Selama berpuasa, pola makan  berubah dan bila Sahabat kurang konsumsi serat saat sahur dan berbuka puasa maka meningkatkan risiko mengalami sembelit.

Baca Juga: Apa Saja Risiko Kurang Konsumsi Buah dan Sayur?

Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi 7 buah kurma setiap hari dapat buang air secara teratur sebab kandungan serat dalam kurma dapat mencegah sembeli.

Menyeimbangkan Keasaman Darah

Kurma turut berperan dalam menjaga keasaman darah yang dihasilkan dari asupan daging dan karbohidrat yang berlebihan saat berbuka puasa karena mengandung garam alkali.

Tingginya kadar asam dalam darah diketahui berkaitan dengan meningkatnya asam urat, batu ginjal, dan tekanan darah tinggi.

Melindungi Saluran Cerna

Lambung dan usus merupakan organ pencernaan yang utama dalam tubuh. Mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa dapat membantu melindungi lambung dan usus dari bakteri maupun parasit yang mungkin masuk bersama makanan.

Kurma Tidak Menyebabkan Obesitas

Meski mengandung protein dan karbohidrat, kurma diketahui tidak menyebabkan obesitas karena kaya akan serat.

Sebagai gambaran, satu buah kurma mengandung sekitar 23 kalori, 0,03 gram lemak, 6,23 gram karbohidrat, dan 0,2 protein.

Kandungan gizi lain yang terdapat dalam buah kurma antara lain kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan vitamin A. Sahabat dapat mengkonsumsi 3-5 buah kurma untuk membantu memenuhi kebutuhan kalori saat berbuka puasa.

Sahabat Sehat, itulah sederet manfaat berbuka puasa dengan kurma yang cukup baik bagi kesehatan tubuh setelah seharian berpuasa.

Baca Juga: 5 Menu Sehat dan Praktis Saat Telat Sahur

Selain itu buah kurma ternyata juga dapat diolah menjadi minuman sari kurma yang lebih praktis saat dikonsumsi.

Produk Terkait: Sari Kurma Al Jazira 360 Gram

Sahabat Sehat dapat memperoleh sari kurma, maupun produk kesehatan lainnya di Prosehat. Apabila Sahabat mengalami kendala selama berpuasa, silahkan berkonsultasi dengan dokter di Prosehat.

Info lebih lengkap dapat menghubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma [Internet]. CNN Indonesia. 2021 [cited 13 April 2021]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200417150449-255-494569/manfaat-berbuka-puasa-dengan-kurma
  2. Media K. Ahli Ungkap Sederet Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 13 April 2021]. Available from: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/12/075552920/ahli-ungkap-sederet-manfaat-berbuka-puasa-dengan-kurma

 

Chat Asisten ProSehat aja