Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

7 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Hidangan meja makan keluarga saat Idul Adha mungkin sebagian besarnya merupakan olahan daging kambing dan sapi. Penyajiannya saja yang berbeda tergantung selera, ada yang dibuat sate, gulai tongseng, sop, kari, dan sebagainya.

7 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Namun tahukah Sahabat Sehat bahwa daging kambing memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan? Yuk, ketahui apa saja efek baiknya. 

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker
    Tak banyak yang tahu bahwa daging kambing mengandung CLA (conjugated linoleic acid), atau asam lemak, yang dikenal mampu mencegah beberapa jenis kanker dan meminimalisir risiko peradangan. Selain itu, kandungan selenium dan klorin dalam daging kambing juga membantu tubuh untuk menurunkan risiko terkena penyakit kronis.
  2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Daging kambing juga bermanfaat sebagai asupan yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini disebabkan oleh zat besi yang terkandung di dalam daging kambing. Zat besi akan membantu melawan berbagai bakteri, kuman, hingga virus untuk dilumpuhkan.
  3. Meningkatkan Massa Otot
    Manfaat daging kambing yang tidak kalah penting untuk diketahui yakni sebagai salah satu asupan penambah massa otot. Hal ini karena daging kambing mengandung tinggi protein, yaitu 25 gram protein setiap 100 gram daging kambing. Nah, bagi Sahabat Sehat yang rutin berolahraga juga bisa memanfaatkan jenis daging merah ini sebagai sumber protein. Tapi, pilih potongan yang rendah lemak seperti sirloin atau bagian kaki, ya!

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah4. Meningkatkan Pembakaran Lemak Tubuh

Kandungan L-carnitine di dalam daging kambing memiliki peran penting dalam membantu proses pembakaran lemak. L-carnitine adalah asam amino yang berperan dalam mengubah lemak menjadi energi sehingga memiliki efek pembakaran lemak.

Kebutuhan L-carnitine seseorang setiap harinya sekitar 500 hingga 2000 mg; dan diantara semua jenis daging merah, daging kambing mengandung L-carnitine tertinggi berjumlah sekitar 210 mg setiap 100 gram daging kambing.

Baca Juga: Benarkah Daging Kambing Penyebab Kolesterol Tinggi?

  1. Mengurangi Nyeri Haid
    Bagi wanita, nyeri haid adalah sesuatu hal yang tak asing lagi. Saat nyeri haid datang, seluruh tubuh seolah terasa pegal dan tak nyaman untuk digunakan beraktivitas. Nah, hal ini dapat dicegah dengan mengambil manfaat daging kambing. Sebab, daging kambing memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi untuk mengurangi rasa nyeri haid hingga mengurangi inflamasi pada area tertentu.
  2. Mencegah Anemia
    Kandungan zat besi pada daging kambing juga berperan aktif untuk menambah suplai darah di dalam tubuh. Sehingga, mengonsumsi daging kambing dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah anemia.
  3. Menjaga Kesehatan Tulang
    Manfaat daging kambing yang satu ini berasal dari beragam mineral yang terkandung, yakni kalsium, kalium, dan fosfor. Dikutip dari jurnal Osteoporosis International, daging kambing kaya akan kalium yang juga bermanfaat untuk tulang. Sebab, kalium membantu menetralkan kadar asam pada tubuh sehingga mengurangi risiko berkurangnya kadar kalsium dalam tulang. Jadi, kepadatan tulang dapat tetap terjaga.

Sahabat Sehat, itulah sederet manfaat daging kambing yang perlu Sahabat Sehat ketahui. Hal ini telah mematahkan reputasi buruk daging kambing sebagai sumber lemak dan kolesterol yang berbahaya bagi tubuh.

Sebenarnya, daging kambing merupakan daging yang dianggap paling sehat di antara daging merah lainnya. Berdasarkan data dari Departemen Pertanian AS, daging kambing (per 100 g) menghasilkan kalori paling sedikit dibandingkan daging ayam, sapi, babi, dan domba.

Baca Juga: Yuk Vaksinasi Mumpung Liburan Sekolah

Namun menurut dr. Samuel Oetoro, dokter spesialis gizi, Anda tetap harus berhati-hati dalam menyantap hidangan daging kambing karena bahaya darah tinggi (hipertensi) dan penyakit kronis lainnya. Ancaman tersembunyi yang dapat memicu hipertensi dalam hidangan daging kambing bukanlah daging itu sendiri, melainkan garam salah satunya.

Nah, buat Sahabat Sehat dan keluarga yang ingin memeriksakan tekanan darah, kadar kolesterol, atau kesehatan umum, bisa melakukan medical check up bersama ProSehat.

Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh: dr. Nurul L

 

Referensi
1. p2ptm.kemkes.go.id. 2018. ‘Ancaman tersembunyi’ dalam hidangan daging kambing
2. merdeka.com. 2021.  8 Manfaat Daging Kambing bagi Kesehatan, Tingkatkan Massa Otot hingga Cegah Anemia
3. kompas.com. 2021. 7 Manfaat Daging Kambing bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com