Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tips Sehat Kakek Nenek Selama Liburan Bersama Cucu

Hore, libur telah tiba! Masa ini pasti sangat ditunggu-tunggu oleh anak sekolah. Libur sekolah artinya bersantai menikmati waktu sambil bermain dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Tapi, sayangnya tidak semua orang tua bisa cuti kerja bersamaan dengan si Kecil. Oleh karena itu, sebagian anak mungkin berlibur bersama kakek dan nenek yang selalu menunggu kehadiran cucunya.

Tips Sehat Kakek Nenek Selama Liburan Bersama Cucu

Tips Sehat Kakek Nenek Selama Liburan Bersama Cucu

Tahukah Sahabat Sehat bahwa kedua kelompok ini, anak dan lanjut usia (lansia), merupakan kelompok rentan? Ya, karena kekebalan tubuhnya yang tidak prima seperti orang dewasa muda, mereka lebih rentan terserang penyakit. Tidak hanya penyakit fisik, tapi juga mental. Maka, ikuti tips ini agar kakek dan nenek tetap fit selama liburan bersama cucu!

Fleksibel dengan anak-anak

Liburan dengan anak-anak artinya harus siap dengan perubahan jadwal atau rencana. Bisa jadi cucu Anda menginginkan waktu tidur yang lebih lama di pagi hari atau menonton kartun kesukaannya dahulu sebelum berangkat menuju tempat kunjungan yang sudah direncanakan. Tidak perlu dipusingkan. Jika tempat yang akan dikunjungi tidak memiliki waktu yang terbatas atau ditentukan, Anda bisa gunakan waktu yang berkualitas ini untuk ikut bersantai bersama cucu.

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

Pertimbangkan keinginan cucu

Kakek dan nenek adalah sosok orang dewasa tambahan diluar keluarga intinya yang dapat membuat cucu merasa aman, senang, bisa berbicara tentang apapun, dan menjadi sumber kebijaksanaan sehingga menjadi rumah kedua baginya. Maka, wajar jika saat liburan mereka ingin menggunakan waktunya bersama Anda.

Liburan bersama cucu tidak melulu harus jalan-jalan. Melakukan aktivitas menyenangkan lainnya yang ia sukai juga akan cukup membuatnya bahagia selama Anda ikut melakukannya bersama-sama. Atau, Anda juga bisa mengenalkan jenis permainan yang Anda sukai saat kecil dan bermainlah bersamanya.

Baca Juga: 8 Alasan Pentingnya Melakukan ‘Medical Check Up’

Lakukan medical check up

Berlibur bersama cucu memerlukan tenaga ekstra, terutama jika mereka masih kecil dan lincah. Maka, asupan makanan dan waktu istirahat kakek dan nenek juga harus terpenuhi dengan cukup. Tapi, jangan sampai sembarang makan ya, Sahabat Sehat! Sebab hal ini justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan dapat memperburuk kesehatan jika Anda memiliki penyakit komorbid.

Pastikan Anda sudah melakukan medical check up sebelum menerima kunjungan cucu. Dengan melakukan medical check up, Anda dapat mendeteksi dini sebuah gangguan dan mendapatkan penanganannya sedari awal.

Baca Juga: 10 Jenis Medical Check Up Rutin yang Perlu Dilakukan Lansia

Vaksinasi

Seperti yang disebutkan di awal, anak dan lansia adalah kelompok yang rentan terhadap penularan penyakit. Kedua kelompok ini dapat saling menularkan dan tertular penyakit. Salah satu penyakit yang mudah sekali ditularkan adalah influenza atau flu.

Walau penyakit ini sering diremehkan, sebenarnya flu dapat berakibat berat bagi kelompok rentan. Beberapa komplikasi yang dapat terjadi antara lain pneumonia (paru-paru basah) dan perburukan penyakit penyerta seperti jantung dan asma. Maka, sangat disarankan bagi kakek dan nenek untuk melakukan vaksinasi flu setiap satu tahun sekali agar selalu terlindungi, apalagi jika berencana untuk jalan-jalan.

Selain vaksin flu, disarankan juga agar lansia mendapatkan vaksin pneumonia dengan jenis PCV-13 dan/atau PPSV-23. Vaksin ini melindungi lansia dari 13 hingga 23 jenis kuman penyebab pneumonia (paru-paru basah). Mengingat penurunan fungsi tubuh yang terjadi secara alami pada lansia, vaksin ini dapat memberikan manfaat besar bagi lansia.

Baca Juga: Kenali 3 Vaksinasi yang Penting untuk Lansia

Sahabat Sehat, itulah tips sehat bagi kakek dan nenek agar liburannya bersama cucu selalu menyenangkan. Gunakan waktu liburan ini sebagai momen spesial bagi kakek nenek dan juga cucu.

Bagi Sahabat Sehat yang ingin melakukan vaksinasi dan medical check up umum atau tertentu, Prosehat siap membantu Anda. Cukup pesan jenis medical check up dan vaksinasi yang diinginkan melalui website atau Chat Admin ProSehat, dan tim medis Prosehat akan mengunjungi Anda di rumah untuk kenyamanan dan kemudahan Anda. Layanan ini juga bisa dilakukan di klinik Prosehat di Grand Wisata Bekasi dan Palmerah Jakarta Barat.

Ayo jaga kesehatan selama liburan panjang. Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: dr. Nurul L

 

Referensi

  1. Focus on the Family. No-Stress Grandparenting During the Holidays. 2019.
  2. PAPDI. Jadwal Imunisasi Dewasa. 2021.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com