Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Baru! Tes Molekuler Isotermal Sebagai Alternatif Pemeriksaan Covid-19

Jenis pemeriksaan Covid-19 di Indonesia kembali bertambah. Sebelumnya, Covid-19 dapat dideteksi melalui tes rapid antibodi dan rapid antigen, tes swab PCR, GeNose C19 dan kini ada pemeriksaan baru yang disebut tes molekuler isotermal.

tes molekuler isotermal

Baca Juga: Infografik Perbedaan Tes Corona dari Rapid Test Hingga Swab (PCR)

Tes molekuler isotermal diklaim memiliki sensitivitasnya mencapai 95%, spesifitas mencapai 97% dengan waktu tunggu pemeriksaan selama 5-13 menit. Sehingga tes molekuler isotermal dianggap memiliki keunggulan daripada tes swab antigen maupun tes swab PCR.

Bagaimana cara kerja tes molekuler isotermal ? Sahabat Sehat, mari simak penjelasan berikut!

Bagian dari Jenis Tes Molekuler

Tes molekuler bekerja dengan cara mendeteksi materi genetik dari virus sehingga lebih cepat menentukan apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak. Tes molekuler terbagi ke dalam dua macam, yaitu tes swab PCR dan tes molekuler isotermal.

Baca Juga: Tempat PCR Swab di Jabodetabek, List dan Biayanya

Perbedaan Tes Molekuler Isotermal dan Tes Swab PCR

Sahabat Sehat, meski tes molekuler isotermal mirip dengan tes swab PCR namun ternyata tes molekuler isotermal memiliki perbedaan yang terletak pada teknologinya.

Tes swab PCR memiliki proses pra analitik yang cukup panjang mulai dari melakukan swab pada rongga hidung dan faring (nasofaring) lalu membawa sampel swab ke laboratorium Biosafety Level-2 dalam bentuk tabung untuk kemudian melalui proses deaktivasi dan ekstraksi virus.

Selanjutnya, dimasukkan ke mesin PCR yang membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam. Hasil pemeriksaan dari tes swab PCR didapatkan dalam kurun waktu 1-3 hari.

Sementara itu, pada proses awal tes molekuler isotermal ternyata tahapan awalnya sama dengan tes swab PCR  yaitu dengan mengambil sampel pada rongga hidung dan faring (nasofaring) dengan alat swab. Namun, sampel langsung dimasukkan ke sebuah alat dan waktu tunggu hasil sekitar 5-13 menit.

Mengatasi Kendala Pemeriksaan Covid-19 di Indonesia

Kehadiran tes molekuler isotermal ini dapat mengatasi kendala pemeriksaan Covid-19 di Indonesia yang masih jauh dari harapan akibat terbatasnya fasilitas laboratorium untuk tes swab PCR, yang saat ini masih merupakan standar pemeriksaan untuk Covid-19.

Baca Juga: 6 Alasan Pentingnya Rapid Swab Antigen yang Perlu Sahabat Ketahui

Dilansir dari CNN Indonesia, Caroline Riady, Deputy President Director Siloam Hospital Group mengungkapkan bahwa dengan adanya tes molekuler isotermal maka hasil pemeriksaan akan diketahui lebih cepat sehingga dapat diberi penanganan sejak dini.

Tes Molekuler Isotermal Praktis dan Mudah Dibawa Ke Mana Saja

Sahabat Sehat, tes molekuler isotermal dapat menjadi acuan untuk melakukan pemeriksaan yang bersifat darurat seperti seperti di ruang gawat darurat, ruang operasi, hingga ruang rawat inap. Tes molekuler isotermal ini bersifat portable alias mudah dibawa ke tempat pasien berada.

Berapa Harga Tes Molekuler Isotermal ?

Rata-rata tes molekuler isotermal dipatok dari harga ratusan ribu, tergantung di tiap RS dan fasilitas kesehatan.

Sahabat Sehat, itulah mengenai tes molekuler isotermal yang merupakan salah satu pemeriksaan alternatif untuk mendeteksi Covid-19 dengan akurasi tinggi dan hasil yang cepat.

Produk Terkait: Tes Covid-19

Untuk tes Covid-19 termasuk tes swab PCR, tes rapid antigen, serta GeNose C19, dapat  Sahabat Sehat peroleh di Prosehat. Info lebih lengkap silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Group, S., 2021. Siloam Luncurkan Tes Molekuler, Deteksi Covid Kurang 15 Menit. [online] gaya hidup. Available at: <https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201120175122-260-572530/siloam-luncurkan-tes-molekuler-deteksi-covid-kurang-15-menit> [Accessed 4 May 2021].
  2. Republika Online. 2021. Siloam Hadirkan Tes Molekuler Terbaru untuk Covid, Apa Itu? |Republika Online. [online] Available at: <https://www.republika.co.id/berita/qk4n1b370/siloam-hadirkan-tes-molekuler-terbaru-untuk-covid-apa-itu> [Accessed 4 May 2021].
  3. 2021, L., 2021. Tes Molekuler Isotermal Lebih Akurat Deteksi Virus Corona. [online] rri.co.id. Available at: <https://rri.co.id/palembang/iptek/934792/tes-molekuler-isotermal-lebih-akurat-deteksi-virus-corona> [Accessed 4 May 2021].

 

 

 

Chat Asisten ProSehat aja