Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

8 Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat di Tengah Pandemi

Masa pandemi Covid-19 sampai saat ini belum juga berakhir, akibatnya penularan dan jumlah kasus terinfeksi virus Covid-19 di Indonesia semakin banyak dan meluas.

Sebagai upaya pencegahan yang dapat masyarakat lakukan selain menjaga kebersihan dan melakukan gaya hidup sehat, masyarakat perlu juga untuk mulai meningkatkan perlindungan kesehatannya.

memilih asuransi kesehatan, tips memilih asuransi kesehatan

Pasalnya, setiap orang memiliki risiko terpapar virus corona ketika melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga masyarakat perlu memiliki proteksi dini dengan menggunakan produk asuransi.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik di Masa Pandemi

Demi ikut membantu memberi perlindungan dari Covid-19, saat ini telah banyak produk asuransi kesehatan dari pemerintah maupun swasta yang dapat memberi jaminan perlindungan dari wabah pandemi virus Covid-19 ini.

Memiliki asuransi kesehatan di situasi seperti ini merupakan hal yang bijaksana karena paparan Covid-19 bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan kepada siapa saja.

Bergabung dengan dengan lembaga asuransi kesehatan juga dapat membantu kita untuk lebih terlindungi dan tidak begitu cemas dengan situasi sekarang ini.

Mengutip dari laman agenasuransi.co.id, saat ini asuransi swasta masih sangat dibutuhkan di Indonesia karena produk asuransi swasta dapat bermanfaat untuk mendapatkan akses dari layanan langsung.

Polis asuransi kesehatan juga dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan nyaman untuk pasien, sehingga pasien akan lebih optimal dalam mendapatkan layanan kesehatan.

Apabila Sahabat berminat untuk bergabung dengan asuransi kesehatan di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam memilih asuransi kesehatan, di antaranya:

1. Ikut Asuransi Ketika Masih Sehat

Jangan menunda-nunda untuk ikut polis asuransi ketika masih sehat. Kita harus sedini mungkin menyadari bahwa memiliki asuransi sangat penting dalam memberi perlindungan biaya kesehatan yang maksimal jika terjadi suatu musibah.

Sehingga apabila Sahabat terinfeksi Covid-19, semua biaya pengobatan akan terjamin oleh asuransi kesehatan yang Anda miliki. Jangan sampai menyesal dikemudian hari karena Sahabat baru mengambil asuransi ketika sakit, karena akan merugi dan pengajuan klaim juga akan ditolak.

2. Pahami Kebutuhan Sahabat dan Keluarga

Sama halnya dengan masa pandemi seperti saat ini, alangkah baiknya jika Sahabat membeli produk asuransi kesehatan berdasarkan dengan kebutuhan bukan karena keinginan. Dengan memahami kebutuhan Anda dan keluarga, tentunya akan lebih mempermudah Sahabat dalam menemukan pilihan produk asuransi yang tepat ditengah masa pandemi seperti ini.

Dengan begitu, Sahabat dapat mendapatkan manfaat optimal dari polis asuransi tersebut. Namun tetap perhatikan riwayat kesehatan anggota keluarga, apakah memiliki riwayat penyakit kritis atau tidak. Hal ini bertujuan untuk menentukan apa saja fasilitas dan jaminan perlindungan yang Anda butuhkan dari asuransi kesehatan

3. Perhatikan Polis Asuransi dengan Teliti dan Detail

Kebanyakan orang seringkali melewatkan membaca polis, padahal berdasarkan polis tersebut kita dapat mengetahui apa saja hak dan kewajiban kita sebagai nasabah.

Dengan membaca secara detail, Sahabat akan tahu fasilitas apa saja yang akan diterima dari polis asuransi tersebut, seperti menjamin biaya pengobatan Covid-19 atau tidak. Jadi, sebaiknya Sahabat memilih asuransi kesehatan yang dapat memberi proteksi terhadap infeksi Covid-19 di tengah pandemi yang semakin meluas ini.

4. Buat Perbandingan

Saat ini, dengan banyaknya perusahaan yang menawarkan produk asuransi kesehatan, tentunya Anda memiliki bermacam pilihan yang dapat dipertimbangkan.

Baca Juga: Gratis! Mahalnya Biaya Perawatan Covid-19 Ditanggung Pemerintah, Begini Cara Klaimnya

Di era new normal ini, Sahabat secara tidak langsung diharuskan untuk memilih produk asuransi kesehatan terbaik. Caranya mudah, Sahabat cukup membuat daftar perbandingan produk asuransi kesehatan antara yang satu dengan yang lainnya.

Tujuannya tentu saja agar Sahabar dapat dengan mudah membandingkan masing-masing produk asuransi yang ditawarkan secara lebih jelas, sehingga Sahabat dapat menemukan produk asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Mencari Tahu Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Tips selanjutnya dalam memilih asuransi kesehatan di tengah pandemi adalah dengan mempelajari kredibilitas perusahaan asuransi tersebut terlebih dahulu sebelum mangambil keputusan.

Hal ini wajib Sahabat lakukan agar terhindar dari segala kerugian yang mungkin saja terjadi di kemudian hari. Oleh sebab itu, pastikan Sahabat dapat memilih produk asuransi kesehatan dengan kredibilitas dan track record yang baik.

6. Memilih Produk Asuransi Kesehatan dengan Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Memastikan suatu produk asuransi kesehatan dapat berlaku pada jaringan rumah sakit yang luas juga dapat memberi keuntungan yang optimal bagi kebutuhan Sahabat.

Jadi, jangan sampai tertipu dalam memilih asuransi kesehatan yang menawarkan banyak perlindungan penyakit, namun ternyata jaringan rumah sakitnya dalam lingkup yang terbatas

7. Fleksibel dalam Menentukan Premi dan Manfaat

Tips berikutnya dalam memilih asuransi kesehatan adalah dengan mengamati fleksibilitas yang ditawakan. Pilih produk asuransi kesehatan yang memberi Anda peluang untuk dapat mengubah premi atau manfaat secara fleksibel. Hal ini guna memudahkan Sahabar untuk menyesuaikan rencana keuangan di masa yang akan datang.

8. Proses Klaim yang Mudah

Tips yang terakhir adalah amatilah sistem pembayaran klaimnya. Produk asuransi kesehatan yang baik bukan hanya memberikan perlndungan bagi resiko penyakit, tetapi juga mempermudah proses klaim agar bisa merealisasikan manfaat dari perlindungan dengan cepat.

Prosedur klaim yang sederhana dan tidak bertele-tele dapat menghemat waktu dan mengurangi beban pikiran Anda jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Mulailah sayangi dan lindungi diri Sahabat dan keluarga dari infeksi Covid-19. Jangan menganggap remeh virus corona ini, karena infeksi ini tidak hanya menganggu kesehatan tetapi juga dapat menyebabkan kematian.

Selalu jaga kebersihan diri Anda, lakukan pola hidup sehat dan tetap selalu patuhi protokol kesehatan. Selain itu, Sahabat  dapat memberi perlindungan diri dengan menggunakan produk asuransi kesehatan yang terpercaya.

Demikian informasi mengenai beberapa tips dalam memilih asuransi kesehatan di tengah pandemi yang dapat sahabat jadi acuan dalam membeli prosuk asuransi kesehatan.

Baca Juga: Bikin Salah Paham! Berikut 10 Penyakit yang Tidak Ditanggung Asuransi Kesehatan

Melihat dari banyaknya keuntungan yang akan Sahabat dapatkan, seperti pemeriksaan Covid-19 dan vaksinasi Covid-19, yuk mulai daftarkan diri dan keluarga melalui asuransi yang disediakan oleh Prosehat. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Referensi:

  1. Mediatama, G., 2021. Tips memilih produk asuransi yang beri perlindungan risiko Covid-19 – Page 1. [online] kontan.co.id. Available at: <https://keuangan.kontan.co.id/news/tips-memilih-produk-asuransi-yang-beri-perlindungan-risiko-covid-19?page=1> [Accessed 10 March 2021].
  2. com. 2021. Tips Pilih Asuransi Covid-19, Perhatikan Tiga Hal Penting Ini! | Finansial – Bisnis.com. [online] Available at: <https://finansial.bisnis.com/read/20201013/55/1304614/tips-pilih-asuransi-covid-19-perhatikan-tiga-hal-penting-ini> [Accessed 10 March 2021].
  3. com. 2021. Tips Memilih Asuransi di Masa Pandemi Covid-19. [online] Available at: <https://www.beritasatu.com/kesehatan/695961/tips-memilih-asuransi-di-masa-pandemi-covid19> [Accessed 10 March 2021].
  4. co.id. 2021. [online] Available at: <https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/11/tips-memilih-asuransi-kesehatan-yang-tepat-di-tengah-pandemi> [Accessed 10 March 2021].

 

 

Chat Asisten ProSehat aja