Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Pentingnya Medical Check Up di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama satu tahun lebih. Salah satu dampaknya adalah  peningkatan awareness terhadap kesehatan dari masing–masing individu.

medical check up di masa pandemi

Baca Juga: Boleh Tes Swab Selama Bulan Ramadan, Yuk Cek di Prosehat Aja!

Mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan dapat dilakukan dengan medical check up yang artinya memeriksa keseluruhan kondisi kesehatan tubuh dan mendeteksi ada atau tidaknya kelainan pada tubuh kita.

Medical check up sebaiknya dilakukan secara berkala karena dinilai untuk memastikan kondisi kesehatan diri. Masih banyak di antara kita yang menganggap bahwa medical check up dilakukan demi keperluan tertentu saja, seperti melamar pekerjaan atau syarat saat bekerja ke luar negeri.

Padahal prosedur pengecekkan kondisi tubuh secara menyeluruh juga dibutuhkan oleh perempuan ataupun laki-laki, baik yang berusia muda ataupun usia lanjut.

Manfaat Medical Check Up di Masa Pandemi

Selain melakukan pemeriksaan kondisi fisik dan tanda vital tubuh, pasien akan ditanya mengenai kondisi kesehatan yang sedang dirasakan serta riwayat kesehatan, baik diri sendiri ataupun keluarga. Tujuannya adalah untuk mendeteksi risiko penyakit yang kemungkinan diderita.

Jika terdapat kelainan, biasanya dokter akan merekomendasikan metode penanganan dan pengobatan yang paling tepat, sebelum penyakit tersebut berprogress lebih jauh.

Dengan rutin melakukan medical check up, maka Sahabat Sehat bisa mendeteksi sedini mungkin penyakit dengan gejala yang sering tidak tampak.

Produk Terkait: Cek Lab

Seperti contohnya, penyakit hipertensi, diabetes melitus, kelainan lemak, penyakit darah, penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit paru, dan lain sebagainya.

Bahkan, dengan dilakukannya medical check up bisa mencegah penyakit dan komplikasinya. Pengobatan bisa dilakukan tanpa menunggu keadaan lanjut sehingga terkait pengeluaran biaya pun menjadi lebih hemat.

Siapa yang Perlu Medical Check Up?

Sahabat Sehat harus ingat, medical check up bukan dibutuhkan bagi orang dewasa saja. Seluruh anggota keluarga yang berasal dari tahapan usia membutuhkan medical check up untuk memantau risiko penyakitnya masing-masing.

Terlebih lagi bagi anggota keluarga yang sudah berusia lebih dari 40 tahun atau anggota keluarga yang mengidap suatu penyakit tertentu, medical check up sebaiknya dilakukan secara rutin sesuai kebutuhannya.

Baca Juga: Sahabat Ingin Menikah? Yuk, Tes Check-Up Kesehatan Pranikah

Beberapa orang mungkin memiliki rasa takut untuk melakukan medical check up, alasannya pun beragam. Mulai dari takut saat diambil sampel darahnya, hingga takut jika mendapatkan hasil yang tidak normal atau tidak sesuai ekspektasi. Namun, perlu diingat mencegah tetap lebih baik dibandingkan mengobati.

Kapan Waktu Medical Check Up?

Bagi orang yang berusia di bawah 50 tahun, sebaiknya melakukan medical check up minimal tiga tahun sekali. Namun, bagi lansia yang berusia di atas 50 tahun, setidaknya harus melakukan pengecekkan kondisi kesehatan satu kali dalam setahun.

Namun, apabila Sahabat Sehat ingin memberikan self-reward, Sahabat Sehat bisa melakukan medical check up setidaknya satu kali dalam setahun. Hal tersebut dilakukan juga agar lebih mudah diingat, apabila melakukan medical check up satu tahun sekali.

Nah, Sahabat Sehat sekarang sudah tahu kan manfaat dari medical check up. Jadi, sebenarnya medical check up bisa dilakukan tanpa harus menunggu gangguan kesehatan, akrena tidak sedikit penyakit yang gejala awalnya tidak terlihat.

Baca Juga: 8 Alasan Pentingnya Melakukan Medical Check Up

Karena meski fisik terlihat sehat dan bugar, bukan berarti Sahabat Sehat bisa terbebas dari ancaman penyakit. Untuk itu, Sahabat Sehat penting untuk memantau kondisi kesehatan tubuh dengan melakukan medical check up secara rutin.

Ingin medical check up yang praktis dan mudah? Yuk, ke Prosehat aja. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Resolusi Kesehatan 2021: Yuk Pahami Pentingnya Medical Check Up! [Internet]. kumparan. 2021 [cited 8 April 2021]. Available from: https://kumparan.com/kumparansains/resolusi-kesehatan-2021-yuk-pahami-pentingnya-medical-check-up-1usK5Jjnhwd
  2. <em>General Medical Check up </em>Kian Penting Saat Pandemi |Republika Online [Internet]. Republika Online. 2021 [cited 8 April 2021]. Available from: https://republika.co.id/berita/qedk5s368/emgeneral-medical-check-up-emkian-penting-saat-pandemi
  3. Sambut Tahun Baru 2021, Ini Waktu yang Tepat untuk Medical Check-Up [Internet]. JawaPos.com. 2021 [cited 8 April 2021]. Available from: https://www.jawapos.com/kesehatan/18/12/2020/sambut-tahun-baru-2021-ini-waktu-yang-tepat-untuk-medical-check-up/

 

Chat Asisten ProSehat aja