Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cara Menghilangkan Sariawan dengan Cepat Namun Tetap Aman

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Pengobatan Terbaik sebagai Cara Menghilangkan Sariawan dengan Cepat

Banyak cara menghilangkan sariawan dengan cepat ternyata berbahaya. Cara tersebut justru menyebabkan luka sariawan yang semakin dalam. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah mulut yang kerap dialami banyak orang ini.

Mungkin banyak diantara Sahabat Sehat mengalami sariawan yang datang lagi dan lagi. Sariawan ditandai dengan luka berwarna putih atau kekuningan yang disertai nyeri pada rongga mulut dan bibir.

Tentu rasanya tidak nyaman jika mengalami sariawan, bahkan dapat berimbas pada menurunnya nafsu makan. Nah Sahabat Sehat, bagaimana cara mengatasi sariawan dengan cepat ? Mari simak penjelasan berikut.

Penyebab Munculnya Sariawan

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi sariawan, Sahabat Sehat harus mengetahui lebih dulu penyebab sariawan. Sebab penanganannya tentu harus disesuaikan dengan jenis penyebabnya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya Sariawan :

  • Trauma pada rongga mulut
  • Kebiasaan menggigit bibir atau lidah
  • Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau pedas
  • Penggunaan kawat gigi
  • Infeksi gusi (ginggivitis)
  • Infeksi rongga mulut, seperti jamur
  • Infeksi menular seksual, seperti herpes labialis
  • Mulut kering (xerostomia)
  • Mengunyah tembakau dan merokok
  • Efek samping obat, misal kemoterapi, antibiotik, dan anti epilepsi
  • Penyakit autoimun, misal penyakit lupus, penyakit Crohn dan penyakit Behcet.
  • Kurang gizi
  • Kekurangan asupan vitamin B-12, vitamin C, seng, asam folat, dan zat besi

Lihat Juga: Penyebab dan Solusi Mengatasi Anak Mudah Sariawan

Sariawan dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 5-10 hari. Meski disertai nyeri, sariawan umumnya tidak disertai dengan demam. Namun tentunya kita ingin agar rasa nyeri tersebut segera hilang, begitu juga dengan bekas sariawan di bibir dan mulut.

Cara Menghilangkan Sariawan dengan Cepat

Masalah umum pada sariawan adalah rasa nyeri serta bekas sariawan di bibir. Meskipun proses sembuh tergolong cepat (5-10 hari) namun tentunya rasa nyeri dan tanda sedang sariawan dapat mengganggu kenyamanan tidur, fokus kerja, maupun rasa percaya diri.

Bagi Sahabat Sehat yang tengah menderita sariawan, dianjurkan melakukan beberapa hal berikut untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses pemulihan:

Mengurangi Rasa Sakit atau Nyeri

Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri pada sariawan. Cara pertama adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Cara ini sangat efektif, namun bagi Sahabat Sehat yang tidak ingin “sedikit-sedikit minum obat” maka ada beberapa tips untuk mengurangi rasa nyeri sariawan.

  • Konsumsi Air Putih Minimal 2 Liter Per Hari

    Konsumsi air putih dapat membuat tubuh lebih tenang sehingga tubuh bisa sedikit mengabaikan rasa nyeri yang sedang ditimbulkan oleh sariawan tersebut. Selain itu, konsumsi air putih dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga membantu proses penyembuhan.

  • Hindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas dan Pedas

    Makananan dan minuman panas maupun pedas dapat memperburuk kondisi sariawan. Apalagi makanan dan minuman panas ataupun pedas merupakan salah satu faktor penyebab munculnya sariawan. Makanan yang dingin dan cenderung sedikit asam seperti es jeruk dapat mengurangi rasa nyeri pada sariawan.

  • Berkumur dengan Larutan Air Garam

    Rasa nyeri dari sariawan juga bisa dikurangin bahkan dihilangkan dengan berkumur menggunakan larutan air garam. Cara ini juga membantu mempercepat pemulihan sariawan, khususnya sariawan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur. Setelah berkumur, Sahabat Sehat sebaiknya tidak kembali menelan kembali sisa air garam di mulut.

Jika cara mengurangi rasa nyeri sariawan masih belum berhasil, silahkan pertimbangkan penggunaan obat pereda nyeri. Untuk mempercepat proses pemulihan bibir dan rongga mulut dari sariawan, ada beberapa pengobatan dan perawatan yang terbukti secara medis menjadi cara menghilangkan sariawan dengan cepat.

Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Sariawan

Jika ingin sariawan bisa sembuh lebih cepat, ada beberapa tips yang bisa Sahabat Sehat lakukan. Tips tersebut diantaranya adalah:

  • Sikat Gigi Secara Perlahan

    Menyikat gigi terlalu keras dapat menyebabkan trauma pada gusi dan rongga mulut. Sebaiknya Sahabat Sehat pilih sikat gigi dengan bulu yang halus. Menyikat gigi dapat membersihkan plak-plak yang kemungkinan besar menjadi sarang bakteri dan jamur penyebab sariawan. Solusi ini menjadi cara menghilangkan sariawan dengan cepat dan sangat ampuh pada sariawan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

  • Minum Teh Chamomile dan Madu

    Sebagai solusi alami, Sahabat Sehat dianjurkan mengkonsumsi teh chamomile yang mengandung anti-alergan pada penderita sariawan akibat reaksi alergi. Selain itu, kandungan zat dari Chamomile memiliki penenang yang dapat mengurangi nyeri akibat peradangan pada sariawan. Tambahkan madu, yang diketahui berperan sebagai antiseptik untuk meredakan peradangan akibat infeksi.

  • Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

    Sahabat Sehat sebaiknya mencukupi asupan buah, sayur, ikan, daging, telur, susu dan produk olahannya dalam menu sehari-hari. Pilih menu makanan yang bervariasi agar meningkatkan nafsu makan Sahabat Sehat. Daya tahan tubuh yang baik disertai nutrisi berimbang dapat membantu mempercepat pemulihan dan penyembuhan sariawan.

  • Konsumsi Multivitamin

    Salah satu penyebab sariawan adalah akibat kekurangan vitamin B12, vitamin C, zat besi, asam folat dan seng. Sebaiknya Sahabat Sehat rutin mengkonsumsi multivitamin dengan komposisi tersebut untuk mencegah dan mempercepat proses pemulihan saat menderita sariawan.

    Perhatian: Saat ini banyak beredar vitamin palsu. Pastikan untuk membeli vitamin dari toko yang memang terpercaya, dan cek keaslian produk dengan melihat segel kemasan dan tanda-tanda keaslian produl lainnya.

  • Obat Sariawan

    Saat ini sudah cukup banyak obat sariawan, baik dalam bentuk krim, salep, gel, maupun cairan. Sahabat Sehat dapat memilih obat sariawan yang dijual bebas terlebih dulu sebagai penanganan awal.

Temukan Kebutuhan untuk Mengatasi Sariawan Anda, Cek Di Sini

Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai cara menghilangkan sariawan dengan cepat yang dapat diterapkan di rumah. Apabila sariawan terasa semakin nyeri, bertambah banyak, atau bila dialami lebih dari 7 hari maka sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter. Sementara itu, jika Sahabat Sehat tengah menjalani pengobatan maka sebaiknya lakukan kontrol kembali ke dokter yang menangani.

Bagi Sahabat Sehat yang memerlukan multivitamin, segera manfaatkan layanan pesan antar dari Prosehat. Info lebih lengkap silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Friedman M. Stomatitis [Internet]. USA : WebMD. 2019 [updated 2019 Oct 11; cited 2021 July 28].
  2. Seymour T. Everything you need to know about stomatitis [Internet]. USA : Medical News Today. 2017 [updated 2017 June 09; cited 2021 July 28].

Chat Asisten ProSehat aja