Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Apakah Benar Minum Kopi Bisa Meningkatkan Konsentrasi?

Anda tidak bisa melewati sehari tanpa secangkir kopi? Anda minum kopi agar tetap konsentrasi dan tidak mengantuk saat menyelesaikan deadline kantor? Nah, saatnya kalian baca artikel ini karena tenyata kopi mengusir kantuk itu hanya MITOS. Kenapa?

Menurut dr. Andreas Prasadja, RPSGT bahwa kafein dalam secangkir kopi yang anda minum saat bekerja hanya akan menghambat kantuk, namun otak tetap saja lelah. “Jika lelah dan ngantuk, obatnya hanya satu, yakni tidur. “Jangan minum kopi pada saat ngantuk!” ujar dokter penggiat komunitas @IDTidurSehat.

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat Ketika Hamil

Secangkir kopi memiliki kadar kafein bervariasi antara 100-180 mg. Sedangkan kadar kafein yang baik dalam tubuh adalah kurang dari 500 mg per hari. Apabila mengkonsumsi berlebihan (> 10 gram atau > 6 cangkir) dapat berakibat fatal. Jadi wajarnya, seseorang sebaiknya hanya meminum kopi 1 hingga 3 cangkir per hari.

Tapi itu tidak berarti Anda bisa mereguk kopi 3 cangkir sekaligus yaa. Karena hampir seluruh kafein dalam kopi yang dikonsumsi dapat diserap dengan cepat oleh saluran pencernaan. Kadar kopi yang meningkat drastis dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti jantung berdebar, gelisah, insomnia (sulit tidur), gugup, tremor (tangan bergetar), bahkan mual sampai muntah.

Produk Terkait: Jual Madu Bungan Kopi

Secangkir kopi hanya perlu waktu 5 menit untuk menambah energi Anda. Selain itu, kafein juga memberikan kemampuan untuk bisa lebih fokus. Sehingga kopi sangat baik diminum ketika sedang menyelesaikan pekerjaan, bukan saat sedang mencari ide. Meminum kopi baik bagi seseorang yang pekerjaannya memerlukan ketelitian, kerapian, serta ketepatan menghitung, seperti matematika, menggambar atau melukis.

Produk Terkait: Jual Herbadrink Kopi Gingseng

Selain itu kafein dalam kopi dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak), sistem pernapasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung. Rangsangan ini timbul akibat dilepasnya katekolamin yang dapat meningkatkan kerja dan denyut jantung sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Makanya, setiap anda minum kopi dalam jumlah wajar, tubuh terasa segar, bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah atau pun mengantuk.

Anda yang lebih tahu keadaan tubuh sendiri, jika memang dirasa perlu istirahat sejenak dari tumpukan deadline, maka beristirahatlah!

WhatsApp Asisten Maya saja