Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

9 Panduan Mengatasi Anak Susah Makan

Anak-anak yang susah makan memang menjadi masalah bagi orang tuanya. Terkadang anak susah makan menjadi sebuah kebingungan bagi orangtuanya. Penting untuk mencari cara untuk membuat anak memiliki nafsu makan lagi.

Berikut ini adalah 9 Panduan Mengatasi Anak Susah Makan:

1. Jangan dipaksa makan

Tindakan orangtua yang binggung dan khawatir terhadap anaknya selalu menjadikan sebuah keputusan yang keliru, salah satunya adalah saat memaksa anak untuk makan. Hal ini tidak boleh dilakukan karena memaksa makan akan membuat anak mendapatkan suatu tekanan.

2. Buat Makanan dengan tampilan menarik

Sebuah makanan yang didesain khusus untuk menarik perhatian anak tentu sangatlah baik dibuat contohnya dengan menambahkan buah stroberi pada bagian atas makanan akan membuat daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

3. Goda dengan aroma makanan

Aroma makanan yang menggoda tentu akan membuat anak tertarik untuk makan dan makanan yang memiliki aroma sedap salah satunya adalah sate karena tanpa melihatpun kita bisa tau bahwa aroma sedapnya berasal dari sate. Aroma juga dapat menarik rasa lapar seorang anak.

4. Kasih alas sendiri

Pada umumnya seorang anak akan merasa senang bila diberikan makanan yang dipisah sesuai dengan porsinya, ukuran piring yang lebih mini akan membuat anak senang dan dapat merangsang anak untuk menghabisakan makanan yang ada di piring. Dengan menyediakan makan di piring yang terpisah akan membuat anak merasa punya sesuatu seperti halnya orang dewasa dan anakpun akan mulai belajar untuk bertanggung jawab menghabiskan makanan yang ada di piring.

5. Batasi minuman

Saat nafsu untuk minum bertambah tentu akan membuat rasa lapar berkurang dan akan menyebabkan anak enggan untuk makan. Saat anak kurang nafsu makan batasilah minuman yang ia minum, ini bisa membantu anak mendapatkan rasa lapar. Ketika anak terlalu banyak minum tentu akan menyebabkan kembung dan perut terasa penuh padahal yang ada dalam tubuh hanyalah air bukan sebuah asupan nutrisi.

6. Ajak anak saat siapkan makanan

Anak-anak yang diajak belanja makanan yang akan dimasak tentu akan sangat senang jika diajak lagi untuk memasak makanan. Saat ia ikut memasak maka nafsu makan anak terangsang dan anak akan lahap makan. Selain itu dengan mengikuti proses memasak, fisik anakpun akan merasa lelah dan pasti membutuhkan sebuah energi yang berasal dari asupan makanan.

7. Bermain dengan aktivitas melelahkan

Ajaklah anak bermain dengan aktivitas yang lumayan tinggi seperti lati-lari dengan temannya ataupun bermain sepeda. Hal ini akan membuat anak menjadi cape dan akan membuat anak jadi lapar. Anak cenderung akan mengalami rasa lapar bila menjalani aktivitas yang padat dan melelahkan.

8. Ajak anak membeli makanan

Mengajak anak ke warung untuk jajan dan mencari makanan favoritnya adalah salah satu cara untuk membuat anak memiliki nafsu untuk makan. Ajarkan pada anak bahwa makan lebih penting dari pada jajan. Jadi mulai sekarang harus banyak makan dirumah dan jangan terlalu sering jajan.

9. Konsultasikan dengan dokter

Ini adalah solusi terakhir saat anak tidak kunjung untuk makan, bawalah anak ke dokter dan konsultasikan hal-hal apa saja yang menyebabkan anak tidak mau makan. Seorang dokter pasti akan memberikan sebuah solusi terbaik dan akan memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Lakukanlah apa yang dokter anjurkan dan hindarilah apa yang dilarang oleh dokter.

Itulah 9 Panduan Mengatasi Anak Susah Makan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para orang tua yang mencari tau bagaimana cara merangsang anak untuk mau makan.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja