Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

6 Daftar Makanan dan Minuman Meredakan Maag

Mayoritas orang mungkin pernah mengalami maag. Banyak penyebab yang mendasari seseorang terjangkit maag. Tetapi, kemungkinan besar adalah telat makan sesuai jadwal biasanya. Sehingga asam lambung meningkat dan mengakibatkan nyeri pada lambung. Dalam keadaan ini, tentu kamu tidak diperbolehkan untuk sembarang mengonsumsi makanan atau minuman. Namun, kamu dapat bersenang hati sebab beberapa jenis makanan dan minuman mampu diandalkan sebagai pereda maagmu jika sedang kambuh.

Apa saja makanan dan minuman yang bisa meredakan maag? Berikut daftarnya:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antioksidan yang mampu meredakan rasa nyeri di lambung. Kamu bisa menngkreasikannya untuk meredakan maag saat kambuh. Lidah buaya bisa diolah menjadi jus dengan campuran madu, atau jika kamu suka, silakan memakannya langsung dengan memastikan bahwa lidah buaya sudah tercuci bersih terlebih dahulu.

2. Teh herbal

Nyeri pada lambung saat maag tentunya diakibatkan karena kadar asam lambungmu sedang meningkat. Kamu bisa mengonsumsi teh herbaluntukmeredakannya. Tidak semua teh herbal dapat kamu konsumsi. Pilih teh herbal yang tidak mengandung kafein dan daun peppermint. Sebab kafein serta pappermint justru akan meningkatkan kadar asam pada lambung. Cara menyajikannya pun juga tidaklah sulit. Kamu tinggal menyeduh satu sendok teh herbal di dalam satu cangkir yang telah terisi air hangat. Minum saat itu juga agar meredakan maag dengan segera.

3. Kentang rebus

Selain memenuhi kebutuhan karbohidratmu agar tubuh tetap kenyang, ternyata kentang yang direbus juga dapat digunakan untuk meredakan maag saat kambuh. Sebab kentang rebus mengandung alkali yang mampu menetralisir asam lambungmu yang sedang meningkat. Kamu bisa mencobanya sebagai alternatif pereda maag dengan mengonsumsinya langsung tanpa harus ditambahkan apapun.

4. Air Kelapa

Minuman selanjutnya yang bisa kamu andalkan saat mengalami maag yaitu air kelapa. Air kelapa mengandung kalium yang berfungsi untuk menetralisir asam lambung yang meningkat dengan menyeimbangkan pH tubuh kembali normal sehingga maag yang kamu alami segera reda. Kamu bisa mengonsumsi air kelapa dari satu kelapa utuh tanpa harus menambahkan apapun.

5. Jus rendah sitrus

Kamu boleh mengonsumsi jus buah atau sayur sebagai pereda maag asalkan bahan yang kamu pilih tidak mengandung asam. Misalnya wortel, mentimun, atau bayam. Selain itu kamu juga bisa memilih buah bit, semangka, atau pir. Apapun buah dan sayurnya, jangan sampai bahan makanan tersebut mengandung asam berlebih yang menyebabkan nyeri lambung semakin parah.

6. Air putih

Air putih selalu menjadi pilihan terbaik dalam menyembuhkan beragam jenis penyakit dan tidak terkecuali penyakit maag. Air putih dapat menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralisir kandungan asam pada lambung. Meski demikian, biasanya air putih di beberapa kota memiliki pH yang juga berbahaya bagi tubuh. Sehingga disarankan untuk berhati-hati dalam memilih air putih yang akan dikonsumsi.

Ketika maag kambuh, tentunya rasa nyeri pada lambung akan membuatmu sulit melakukan banyak aktivitas. Olehkarena itu, diperlukan langkah-langkah yang mampu menetralisir dan meredakan maag tersebut. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu memerhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam lambung. Kamu perlu tahu beberapa makanan dan minuman dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam lambungmu seperti teh herbal, kentang, dan beberapa jus buah atau sayur. Namun, juga ada beberapa makanan dan minuman yang perlu kamu hindari pula seperti kopi, buah dengan kandungan sitrus yang tinggi, dan alkhohol.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
idntimes.com/food/dining-guide/yoshi/6-makanan-redakan-sakit-maag-1/full
lifestyle.kompas.com/read/2018/05/03/102521320/berbagai-minuman-yang-bisa-mengurangi-gejala-asam-lambung

WhatsApp Asisten Maya saja