Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Apakah Sahabat Sehat cukup rutin secara berkala mengecek kadar kolesterol dalam tubuh? Atau justru sebaliknya, Anda sangat menghindari cek kesehatan karena takut hasilnya justru membuat khawatir dan stres?

Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

 

Perlu diketahui, memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung dan stroke. Oleh sebab itu, mengontrol kadar kolesterol tetap normal adalah salah satu upaya penting untuk menjaga kesehatan.

Jika Anda telah didiagnosis memiliki kolesterol tinggi, dokter mungkin akan meresepkan obat yang biasa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Di samping itu, dokter mungkin juga menyarankan perubahan gaya hidup, termasuk pola makan dan olahraga.

Namun adakah cara alami lainnya untuk menurukan kolesterol tinggi? Ya, Sahabat Sehat bisa menerapkan beberapa hal berikut:

1. Perbanyak konsumsi buah

Alpukat
Selama ini banyak beredar anggapan, alpukat mengandung banyak lemak dan tidak baik untuk kesehatan. Kandungan lemak dalam alpukat memang cukup tinggi, yakni sekitar 16 persen. Tapi, kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak yang menyehatkan, sebab 63% penyusunnya merupakan asam lemak tak jenuh, terutama jenis asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat (LDL – low density lipoprotein).

Tomat
Menurut riset dari jurnal Maturitas, tomat yang sudah dimasak hampir sama khasiatnya dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin. Mengonsumsi tomat dalam jangka panjang juga tidak memberikan efek samping seperti lemas, sakit otot, dan bahkan kerusakan saraf yang mungkin terjadi jika mengonsumsi obat-obatan.

Rahasia khasiat tomat terdapat pada senyawa likopen, pemberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan antioksidan penting yang berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain likopen, di dalam tomat juga terkandung vitamin B dan kalium yang mampu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

Jeruk Nipis
Buah yang satu ini memang jarang sekali dikonsumsi secara langsung. Tapi tahukah Sahabat Sehat, kandungan senyawa flavonoid dalam jeruk nipis berkhasiat untuk menurunkan tingkat produksi kolesterol LDL. Dengan kata lain, jeruk nipis juga akan mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Selain jeruk nipis, flavonoid sebenarnya juga banyak ditemui pada kedelai, tomat, teh, delima, brokoli, serta bawang merah dan bawang bombay.

Anda bisa menikmati jeruk nipis dengan mengirisnya tipis-tipis dan menyeduhnya dalam gelas berisi air panas selama 30 menit. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, sebaiknya seduhan jeruk nipis diminum sehari dua kali, pagi dan malam.

Semangka
Buah yang segar dikonsumsi ini, apalagi saat cuaca panas, ternyata juga mengandung likopen, sama halnya dengan tomat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Apel
Kandungan zat beta-glucan yang terdapat di dalam apel berperan untuk mengontrol produksi kolesterol dalam darah. Selain itu, apel juga berfungsi sebagai sumber serat larut yang juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, serta mencegah arteri mengeras. Dengan kata lain, apel juga bisa melindungi tubuh terhadap risiko serangan jantung dan stroke. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, apel juga bisa dibuat cuka. Secara rutin mengonsumsi cuka apel, akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: Benarkah Daging Kambing Penyebab Kolesterol Tinggi?

2. Rutin berolahraga

Penderita kolesterol tinggi disarankan untuk berolahraga selama minimal 30 menit sehari sebanyak lima kali per minggu, dan lebih aktif bergerak. Olahraga dan aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Pilih jenis olahraga yang Anda suka agar Anda mau melakukannya dengan rutin, seperti jalan kaki, lari, atau aerobik di rumah. Selain itu, cari aktivitas yang bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak seperti jalan kaki di jam istirahat, naik turun tangga, bersepeda ke tempat kerja, atau mengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri.

3. Atur porsi makan

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang perlu dilakukan lainnya yakni dengan menghindari makan berlebihan. Makan berlebihan dapat meningkatkan berat badan sehingga berisiko meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Perhatikan porsi dan kualitas makanan. Jaga agar kalori yang masuk ke tubuh tidak melebihi kebutuhan harian Anda. Orang dewasa dengan aktivitas sedang dan kondisi tubuh sehat rata-rata membutuhkan 1.800 sampai 2.200 kalori per hari. Makan terlalu banyak tak hanya memengaruhi kolesterol tapi juga berisiko mengalami obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Baca Juga: Teh Hijau Bisa Turunkan Kolesterol? Masa Sih?

4. Batasi asupan makanan digoreng dan junk food

Penderita kolesterol tinggi wajib menghindari asupan tinggi lemak trans yang bisa meningkatkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida. Lemak trans dalam jumlah kecil, secara alami ditemukan dalam daging sapi, daging kambing, susu, dan produk susu seperti keju.

Selain itu, lemak trans juga terkandung dalam lemak tak jenuh yang telah dimodifikasi dengan proses yang disebut hidrogenasi. Pemrosesan tersebut membuat bahan makanan memiliki tekstur yang lebih renyah dan cita rasa lebih gurih. Beberapa makanan kaya lemak trans yaitu gorengan, keripik, kerupuk, dan makanan cepat saji (junk food).

5. Tidur yang cukup

Studi membuktikan, terlalu banyak atau kurang tidur sama-sama dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kurang tidur rentan meningkatkan kadar kolesterol jahat karena orang kurang tidur cenderung ngemil (snacking) atau makan lebih banyak, kurang bergerak, dan lebih stres. Maka, pastikan Anda tidur yang cukup sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

Jika gejala kolesterol tinggi masih menetap setelah menerapkan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami seperti di atas, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Selain itu, bila Sahabat Sehat membutuhkan produk-produk kesehatan terkait menurunkan kolesterol atau ingin mengecek kadar kolesterol, layanan tersebut dapat dilakukan dengan menghubungi WhatsApp Asisten Kesehatan Maya dengan nomor 08111816800.

Ditulis oleh: Redaksi ProSehat
Ditinjau oleh: dr. Nurul L

Referensi
1. Kemkes. Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan 5 Buah-buahan Berikut. 2018
2. Mayo Clinic. Top 5 Lifestyle Changes to Improve Your Cholesterol. 2021
3. Kompas. 10 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi secara Alami. 2020

 

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com