Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

4 Tips Mengatur Keuangan Untuk Wanita Single

Belanja dan wanita adalah dua kata yang tidak dapat dipisahkan, terlebih lagi untuk wanita single. Kebutuhan hidup yang dikeluarkan tidaklah terlalu banyak. Namun keinginan untuk berbelanja terkadang menjadi masalah. Terlebih lagi para wanita akan mudah terbuai jika mendengar kata diskon ataupun promo. Dikutip dari Danaxtra, pada The Journal of Financial Planning melaporkan bahwa 24% wanita tidak dapat menahan diri dari godaan sale.

Sebagian Wanita single berpikir jika keuangan saat berumah tangga menjadi tanggung jawab suaminya kelak. Tentu, cara berpikir seperti itu harus diubah, karena wanita single perlu untuk menyimpan penghasilannya dengan bijak. Penghasilan yang dimiliki wanita single janganlah dihabiskan hanya untuk shopping, hangout dengan sahabat, traveling hingga membeli barang yang sebanya tidak terlalu dibutuhkan. Lalu bagaimanakah cara mengatur keuangan untuk wanita single?

Berikut 4 tips mengatur keuangan untuk wanita single:

  1.       Kontrol Diri Saat Berbelanja

Hal inilah yang menjadi kendala pada wanita, belanja, diskon dan promo menjadi kata-kata sakti untuk merayu para wanita. Walaupun wanita dikenal sebagai wanita yang dapat mengatur keuangan lebih baik dari Pria namun bila berkaitan dengan belanja, wanita tidak bisa mengelak. Maka salah satu cara untuk mengatur keuangan dengan baik dengan mengontrol diri Sahabat dari godaan diskon ataupun promo-promo yang ditawarkan.

Hal ini memanglah sulit untuk dilakukan, namun dengan tekad yang bulat cara ini sangat ampuh bila Sahabat berhasil melakukannya. Mulailah mengalokasikan uang belanja Sahabat tersebut untuk tabungan masa depan. Tentu hal ini sangat berguna jika sahabat sudah berumah tangga, uang tabungan tersebut bisa Sahabat manfaatkan untuk hal yang lebih baik dan lebih berguna kedepannya.

  1.       Atur Keuangan Setiap Bulan

Wanita dikenal sebagai sosok yang rapi serta segala sesuatu terorganisir dengan baik dibandingkan pria. Untuk wanita single cara ini bisa dilakukan untuk mengatur keuangan pribadi Sahabat dalam jangka waktu berkala. Cobalah untuk membuat anggaran bulanan dan catat setiap pemasukan serta pengeluaran di setiap bulannya.

Baca Juga : 7 Cara Siasati Gaji Tidak Habis Sia-sia

Pada akhir bulan, maka Sahabat dapat melihat pengeluaran apa yang cepat menghabiskan uang Sahabat dan cobalah untuk mengurangi atau menghilangkan pembelian yang sebenarnya tidak begitu penting. Hal tersebut berguna agar keuangan sahabat bisa lebih terkontrol di bulan-bulan berikutnya.

  1.       Mulai Menabung

Menabung memanglah sangat sulit jika dilakukan, namun cara ini paling manjur untuk mengatasi keuangan Sahabat. Tabungan yang sahabat miliki mungkin untuk saat ini tidak terlalu penting, di kemudian hari mungkin saja Sahabat membutuhkan dana yang cukup besar untuk sesuatu yang sangat penting. Dengan pemikiran seperti itu, bisa mendorong Sahabat untuk mulai menabung sedini mungkin.

  1.       Investasi

Penghasilan bulanan mungkin dirasa tidaklah cukup untuk wanita single. Maka investasi menjadi salah satu hal yang tepat, maka cobalah untuk menginvestasikan uang Sahabat untuk beberapa produk ataupun barang yang bisa Sahabat jual. Bila dirasa tidak pandai dalam menjual barang, maka investasikan uang Sahabat pada sebuah usaha atau bisnis. Namun selain investasi dapat mengembangkan keuangan Sahabat, ada satu yang sahabat perlukan untuk kesehatan yaitu dengan berinvestasi melalui vaksinasi.

Vaksinasi merupakan salah satu investasi diri Sahabat di masa depan. Tentu kita tidak ingin jika dimasa depan kita sakit-sakitan terlebih lagi jika masa depan direnggut karena kanker serviks. Kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang mematikan pada wanita. Kanker serviks ini menyerang leher rahim wanita yang sebagai pintu masuk menuju rahim. Terjadinya kanker serviks ini dipengaruhi adanya virus HPV (Human Papiloma Virus) akibat faktor resiko dari merokok, melakukan hubungan seksual sebelum usia 18 tahun, adanya infeksi kelamin akibat hubungan seksual dan berganti-ganti pasangan.

Baca Juga : Mengapa Vaksinasi HPV Diperlukan Si Gadis?

Kanker yang tidak mudah dideteksi gejala awalnya ini pada akhirnya baru diketahui pada stadium lanjut. Karena gejala awal tersamarkan oleh gejala yang umum terjadi pada wanita seperti mentruasi yang tidak teratur, nyeri pada bagian panggul dan badan mudah lemas. Walaupun Sahabat tidak melakukan faktor resiko dari kanker serviks ini, namun pencegahan tetap perlu dilakukan demi masa depan Sahabat. Maka dari itu pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan vaksinasi HPV.  

Vaksinasi HPV dapat mencegah 4 jenis tipe HPV yaitu tipe 6 dan 11 faktor timbulnya kutil kelamin, sedangkan tipe 16 dan 18 penyebab kanker serviks. Untuk mendapatkan vaksinasi HPV ini, sahabat bisa mendapatkannya di ProSehat (www.prosehat.com) layanan kesehatan di rumah. Di ProSehat, sahabat bisa mengatur jadwal dan tempat vaksinasi, ditangani dokter yang profesional, vaksinasi yang asli dan vaksinasi dapat dicicil. Jadi lebih mempermudah Sahabat baik dari kesehatan dan juga keuangan kan..

Jadi tunggu apa lagi? Lindungi dirimu dan perempuan disekitar dengan vaksinasi HPV untuk cegah kanker serviks. Hubungi Maya (Asisten Kesehatan ProSehat) melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800. Ikuti #Kamisehat Goes To Office untuk mendapatkan sharing kesehatan seputar wanita secara gratis di kantormu. Prosehat memberikan layanan vaksinasi ke rumah anda. Follow instagram ProSehat (@prosehat) untuk info selanjutnya.

Sumber:

Tanyadok, Winardo, Donny Sutrisno. “Kanker Serviks dan Imunisasi HPV”.  Diakses pada 1 Maret 2018
TanyaDok. “Info Tentang Kanker Serviks”. Diakses pada 1 Maret 2018

 

Chat Dokter 24 Jam