Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Makanan Peningkat Stamina Pria

Apakah kalian sering mengalami kelelahan berlebih? Apa yang menurut kalian menyebabkan kelelahan? Pola tidur yang berantakan? Atau karena aktivitas yang terlalu padat sehingga kita tidak mendapat waktu istirahat yang cukup dalam sehari? Apapun alasannya, kelelahan adalah suatu hal yang paling tidak diinginkan oleh seseorang karena hal ini menyebabkan kita tidak bisa beraktivitas dengan optimal dalam sehari. Bukan saja hanya menyebabkan kita tidak mampu untuk beraktivitas dengan optimal, badan yang kelelahan pastinya juga menyebabkan berbagai penyakit mudah menyerang kita. Pastinya kita tidak mau kan kedua hal ini mengganggu keseharian kita?

Apakah ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah tubuh kita kelelahan? Tentu saja ada! Jawabannya adalah dengan memulai pola hidup yang lebih sehat, contohnya saja adalah dengan membuat jadwal keseharian kita supaya kita mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Bukan saja hanya memiliki jam istirahat yang cukup, merubah asupan makanan kita menjadi lebih sehat adalah cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit – bahkan mampu meningkatkan stamina kita. Wah yang benar nih?

makanan sehat puasa

Yup, makanan bukan saja hanya bermanfaat sebagai sumber energi tapi dengan mengonsumsi makanan yang tepat juga mampu untuk menjaga stamina kita sepanjang hari. Memiliki cukup stamina dalam sehari merupakan hal yang sangat penting, terlebih bagi kita kaum pria yang sedang berada dalam usia 30-an. Tentu tidak bisa dipungkiri pada masa ini lah kita disibukkan oleh banyak hal, mulai dari urusan pekerjaan, keluarga, komunitas, serta hal-hal yang ada di luar itu semua.

Kesibukan sering kali membuat kita tidak sempat untuk mengonsumsi makanan sehat dan memilih untuk mengonsumsi makanan cepat saji alias fast food. Tidak dapat dipungkiri pula jika cita rasa fast food yang lezat dan cepat untuk didapatkan adalah alasan utama kita mengonsumsi jenis makanan yang satu ini. Namun, apakah kalian sudah menyadari apa dampak dari mengonsumsi fast food terlalu sering?

Jawabannya adalah lama kelamaan fast food akan menimbulkan plak pada pembuluh darah dan dapat mengganggu sistem peredaran darah kita. Bukan hanya itu saja, plak ini juga dapat mengganggu kinerja organ kita dan juga dapat berujung pada kematian. Dampak yang sangat menyeramkan bukan? Untuk itulah kita perlu merubah pola makan kita menjadi lebih sehat dan salah satu contohnya adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memang memiliki fungsi lebih untuk menjaga stamina kita. Wah, kira-kira makanan apa saja ya yang dapat menjaga stamina kita sepanjang hari?

Nah, daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

1. Ikan berlemak

Jenis makanan pertama yang bisa kita konsumsi adalah ikan yang berlemak, di mana jenis ikan yang satu ini adalah ikan yang tinggi akan kandungan protein, lemak, serta vitamin B dan juga bagus untuk dikonsumsi ketika kita menjalani diet. Kandungan omega-3 yang tinggi pada jenis ikan ini akan menurunkan risiko terjadinya infeksi bateri yang dapat menyebabkan kelelahan. Selain itu, adanya kandungan vitamin B12 berfungsi untuk memperlancar sistem peredaran darah dan bermanfaat untuk mengurangi risiko kelelahan serta mampu meningkatkan energi. Salmon dan tuna adalah contoh jenis ikan berlemak yang bisa kita konsumsi dengan rutin.

2. Ubi

Siapa dari kita yang suka mengonsumsi ubi? Apakah kalian tahu jika ubi adalah salah satu jenis makanan yang ampuh untuk menjaga stamina kita? Yup, ubi adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan nutrisi serta karbohidrat. Dalam satu ubi setidaknya terdapat 23 gram karbohidrat dan 3,8 gram serat yang berfungsi sebagai sumber tenaga kita sepanjang hari.

3. Kopi

Bukan rahasia lagi jika kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling sering dicari ketika kita mengalami kelelahan. Yup, kopi adalah minuman yang kaya akan kafein dan kandungan inilah yang bermanfata untuk memperlancar peredaran darah ke otak dan membantu sistem saraf untuk terus bekerja. Kopi juga meningkatkan produksi hormon epinephrine yang berfungsi untuk membuat kiat tetap fokus dan sadar terhadap lingkungan sekitar.

4. Apel

Apel adalah salah satu jenis buah yang efektif untuk menjaga stamina kita sepanjang hari. Kok bisa? Tentu saja rahasianya ada pada kandungannya, di mana apel kaya akan serat, kalsium, vitamin, dan mineral di mana hal ini berfungsi untuk meningkatkan daya imun, mendetoksifikasi hati, serta menjaga berat badan kita tetap ideal. Kandungan serat yang tinggi inilah yang berperan penting untuk menjaga kita tetap fokus dan berenergi sepanjang hari. Selain itu, kandungan kalsium berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah untuk meningkatkan oksigen dan stamina kita.

5. Pisang

Pisang adalah jenis buah berikutnya yang bermanfaat untuk menjaga stamina kita sepanjang waktu. Tentu saja rahasianya ada pada pisang, di mana karbohidrat, serat, serta potassium adalah kandungan utama pada pisang yang berfungsi untuk menjaga energi kita bahkan menambah stamina sepanjang waktu. Pisang juga berfungsi untuk meningkatkan produksi dopamin yangmembantu kita untuk tetap konsentrasi dan fokus sepanjang hari.

6. Oatmeal

Oatmeal adalah jenis makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat dan pastinya berfungsi untuk menjaga kita tetap bertenaga sepanjang hari. Mengonsumsi oatmeal akan membuat kita lebih kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama dan pastinya membuat porsi cemilan kita berkurang pula. Selain itu, oatmeal juga efektif untuk menjaga kadar gula kita tetap normal bahkan membuat kita berenergi sepanjang hari.

7. Selai kacang

Selai kacang adalah salah satu topping yang sering kita gunakan ketika kita mengonsumsi roti. Namu,n tahukah kalian jika selai kacang juga efektif untuk menjaga energi kita sepanjang hari? Yup, selai kacang merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan omega-3 yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan kesehatan jantung, serta menjaga kinerja otak. Selai kacang memiliki kandungan kalori yang tinggi dan pastinya bermanfaat untuk meningkatkan stamina kita.

8. Jus buah bit

Mengonsumsi jus buah bit sangatlah efektif untuk menjaga badan kita tetap bertenaga meskipun aktivitas kita padat seharian. Kok bisa? Tentu saja rahasianya ada pada kandungan buah bit, di mana buah ini kaya akan vitamin A dan C. Kedua vitamin ini sangatlah efektif untuk menjaga stamina kita serta mengurangi risiko tubuh kita terserang berbagai virus maupun bakteri.

9. Telur

Siapa yang sering mengonsumsi telur saat sarapan? Telur adalah jenis makanan berikutnya yang efektif untuk menjaga energi kita sepanjang wkatu dan pastinya kita tidak akan merasa kelelahan setelah beraktivitas seharian. Kok bisa? Telur adalah makanan yang kaya akan protein yang berfungsi sebagai sumber energi tapi menjaga kadar gula kita tetap rendah. Selain itu, telur juga kaya akan kandungan vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan stamina kita.

10. Cokelat

Siapa di antara kita yang suka mengonsumsi cokelat? Siapa sangka jika cokelat bisa menjadi sumber energi kita, selain cokelat sangatlah efektif untuk menjaga mood kita tetap baik sepanjang wkatu? Yup, tingginya kandungan anti-oksidan pada cokelat bermanfaat untuk memperlancar peredaran dalam tubuh yang pastinya membuat kita mampu untuk berkonsentrasi dan fokus sepanjang hari. Lancarnya peredaran darah akan menurunkan risiko imun tubuh kita melemah sehingga kita tidak perlu khawatir kita mudah terserang penyakit. Cokelat hitam adalah jenis cokelat yang paling efektif untuk menjaga stamina kita karena coelat ini mengandung theobromine dan kafein yang lebih tinggi daripada coklat susu ataupun cokelat biasa.

Nah itu tadi adalah beberapa jenis makanan yang efektif untuk menjaga bahkan stamina kita sepanjang waktu. Pastinya sekarang tidak khawatir lagi jika akan kelelahan meski beraktivitas seharian bukan? So, makanan apakah yang jadi pilihan kalian? Yuk mulai hidup lebih sehat dari sekarang!

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja