Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Cara Menurunkan Berat Badan Praktis yang Harus dicoba

Makan adalah salah satu kegiatan pokok dalam keseharian kita dan ketika kita tidak melakukan kegiatan yang satu ini maka dapat berpengaruh terhadap tubuh kita. Yup, mengonsumsi makanan menjadi sangat penting karena menjadi sumber energi untuk dapat beraktivitas sehari-hari dengan optimal. Pastinya tahu dong apa jadinya ketika kita tidak makan dalam sehari?

Benar sekali, jawabannya adalah kita akan merasa lemas bahkan menjadi cepat lelah daripada orang lain – meskipun aktivitas yang dilakukan sama. Pastinya kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Lalu apa yang bisa kita lakukan? Jawabannya adalah dengan mengonsumsi cukup makanan dalam sehari yang pastinya juga tidak berlebihan. Apakah ada pengaruh buruk ketika kita terlalu banyak makan dalam sehari? Apakah terlalu banyak makan dapat mempengaruhi kesehatan kita di masa depan?

Segala sesuatu sebaiknya dilakukan dengan porsi “pas”, alias tidak terlalu berlebihan ataupun kekurangan dan hal ini juga berlaku untuk asupan makanan kita. Ketika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan, hal ini dapat menyebabkan terjadinya obesitas pada kita nantinya di mana hal ini menjadi momok untuk banyak orang. Obesitas dan kegemukan adalah hal yang paling tidak diinginkan – terlebih oleh kaum wanita karena mempengaruhi penampilan mereka bahkan sebagian orang menganggap orang yang obesitas tidak terlihat menarik.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya? jawabannya adalah dengan memperhatikan pola makan kita alias bisa memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh tapi dalam porsi yang sesuai. Lalu bagaimana dengan mereka yang sudah mengalami obesitas? Apakah ada makanan yang bisa kita konsumsi untuk menurunkan berat badan? Tentu saja ada! Nah kira-kira jenis makanan apa saja ya yang cocok untuk menurunkan berat badan? Nah daripada semakin penasaran, yuk mending kita simak penjelasannya yang satu ini!

1. Mengurangi konsumsi gula

Siapa sih di antara kita yang suka mengonsumsi cookies atau kue Apakah kalian tahu jika berbagai makanan manis memicu badan kita melebar alias menimbun lemak? Tentu saja hal ini bukanlah hal baik untuk tubuh kita sehingga perlu mengurangi konsumsi gula atau berbagai makanan dengan kadar gula yang lebih rendah. Kita bisa mengganti pemanis makanan dengan manis yang berasal dari buah yang pastinya lebih sehat. Ketika kita melakukan hal ini, jangan heran ketika kita sudah dapat mengurangi berat badan hingga mencapai 10 pounds meskipun masih dalam minggu pertama.

2. Mengonsumsi lebih banyak protein

Seperti yang kita bahas sebelumnya, memenuhi kebutuhan tubuh melalui asupan makanan sangatlah penting untuk dilakukan, terlebih lagi ketika kita bisa memenuhinya dalam porsi yang pas. Protein merupakan salah satu zat yang perlu dipenuhi tiap hari. Setidaknya 20-50 gram dan terpenuhinya kebutuhan protein ini akan meningkatkan metabolisme kita sebanyak 80 hingga 100 kalori. Sebuah penelitian juga menyatakan jika mengonsumsi lebih banyak protein juga akan mengurangi rasa lapar kita serta mengurangi keinginan untuk mengemil sebanyak 60 persen dan hal ini berarti kita bisa mengurangi asupan kalori dalam jumlah angka yang cukup banyak – yaitu sekitar 441 kalori. Beberapa makanan yang banyak mengandung kalori antara lain adalah daging, ayam, domba, salmon, udang, serta telur.

3. Mengurangi porsi makan

Yup, cara yang satu ini merupakan cara yang efektif sekaligus realistis untuk dilakukan dan pastinya tidak menyiksa ketika kita melakukannya. Kok bisa? Karena kita sendiri yang tahu porsi yang terbaik untuk diri kita dan kita bisa menguranginya secara perlahan. Contohnya saja kita bisa mengurangi porsi mengemil kita dari 300 kalori menjadi 150 kalori dan ketika kita melakukannya secara rutin maka otak dan tubuh kita akan terbiasa sehingga kita tidak akan merasa kelaparan lagi.

4. Mengonsumsi lebih banyak serat

Mengonsumsi serat lebih banyak daripada zat lainnya merupakan cara yang efektif untuk mengurangi berat badan kita – layaknya apa yang dilakukan protein terhadap tubuh. Kok bisa? Yup tentu saja jawabannya karena serat berfungsi untuk membuat kita merasa kenyang lebih lama serta mengurangi kadar gula dalam tubuh – dan hal inilah yang berfungsi untuk mengurangi berat badan dan tentu saja mencegah terjadinya obesitas. Kabar baiknya, terdapat banyak jenis makanan yang tinggi akan serat sehingga untuk mendapatkannya bukanlah suatu hal yang sulit. Beberapa contoh makanan yang berserat tinggi adalah roti putih (white bread) ataupun berbagai buah-buahan.

5. Mengurangi konsumsi kalori

Yup, cara yang satu ini sangat perlu untuk dilakukan mengingat kalori dalam tubuh akan membuat tubuh lebih cepat gemuk alias memicu timbulnya obesitas pada seseorang. Melakukan hal yang satu ini bukanlah hal yang sulit untuk diakukan karena kita bisa menggunakan kalkulator untuk menghitung seberapa banyak kalori yang kita butuhkan dalam sehari; di mana faktor umur juga tinggi badan mempengaruhi kebutuhan asupan kalori kita. Ketika kita melakukan hal ini, kita sebaiknya hanya menguranginya sebanyak 1000 hingga 1200 kalori saja dan hal ini sudah cukup efektif untuk mengurangi 2 pounds berat badan kita dalam seminggu.

6. Mengonsumsi alpukat

Alpukat adalah salah stau buah yang disarankan untuk dikonsumsi karena banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan, dan salah satunya adalah untuk mengurangi berat badan. Kita bisa mengonsumsi alpukat ketika waktu makan siang ataupun memadukannya dengan garam laut supaya terasa lebih lezat.

7. Mengonsumsi teh hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis minuman yang saat ini menjadi favorit masyarakat karena berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan. Teh hijau sangatlah efektif untuk memerangi kanker serta dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan jika mereka yang mengonsumsi teh hijau setidaknya tiga kali dalam sehari akan meningkatkan kekebalan tubuhnya tiga kali lipat. Teh hijau juga mampu membakar 60 kalori tiap harinya dan hal ini karena tingginya kandungan catechins di dalamnya.

8. Menghindari konsumsi alkohol

Siapa di antara kita yang suka mengonsumsi alkohol? Alkohol adalah salah satu jenis minuman yang hanya bisa dikonsumsi oleh kita yang sudah cukup umur dan sebaiknya tidak dikonsumsi secara rutin ataupun dalam jumlah banyak karena dapat membahayakan kesehatan kita. Selain itu, sebuah penelitian di Inggris juga menyatakan jika alkohol akan memicu timbulnya lemak pada tubuh dan tentu saja akan membuat kita gemuk. Bukan hanya itu saja, alkohol juga akan menurunkan metabolisme tubuh kita yang berarti akan membuat kita rentan terhadap penyakit.

9. Mengonsumsi makanan rendah lemak

Yup, pastinya sekarang bukan suatu hal yang sulit untuk menemukan makanan rendah lemak mengingat banyak masyarakat yang suka melakukan diet. Sebuah penelitian menyatakan jika wanita yang lebih banyak mengonsumsi makanan rendah lemak seperti yogurt ataupun keju rendah lemak dapat mengurangi kandungan lemak dalam tubuh sebanyak 70 persen. Sebaliknya makanan rendah lemak ini tinggi akan kandungan kalsiumnya dan hal ini sangat efektif untuk membakar kalori.

10. Mengonsumsi ikan

Cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan kita dengan efektif adalah dengan mengonsumsi lebih banyak ikan – atau mulai mengonsumsi ikan dari sekarang. Kenapa begitu? Jawabannya tentu saja karena ikan akan mengurangi zat leptin dalam tubuh kita di mana zat yang satu ini memicu terjadinya obesitas bahkan dapat menurunkan daya imun tubuh. Sebaiknya kita mengonsumsi 3 hingga 4 ikan dalam seminggu dan beberapa ikan yang baik untuk mengurangi berat badan adalah salmon, tuna, ataupun mackerel.

Nah bagaimana? Pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara yang tepat untuk mengurangi berat badan? Selain itu, kita juga sudah mengetahui jenis makanan apa saja yang baik untuk tubuh sehingga kita tidak perlu takut lagi akan mengalami obesitas. So, tunggu apalagiuntuk hidup lebih sehat daripada sebelumnya?

instal aplikasi prosehatReferensi:
redbookmag.com/body/health-fitness/advice/g643/burn-fat-yl/?slide=20
livestrong.com/article/38580-woman-can-lose-weight-fast/
cosmopolitan.com/health-fitness/advice/a5614/drop-5-pounds-in-a-week-0509/
healthline.com/nutrition/how-to-lose-weight-as-fast-as-possible#section3

WhatsApp Asisten Maya saja