Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Awas, Penyebab Miss V Gatal Bisa Jadi Ada Kencing Manis

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia D

Penyebab Miss V Terasa Gatal Bisa Karena Infeksi Jamur Maupun Tanda Adanya Penyakit Kronis

Banyak faktor yang menjadi penyebab miss V gatal berkepanjangan. Pada beberapa kasus bahkan disertai keputihan dan bau tidak sedap. Banyak juga yang mengeluhkan rasa gatal di miss V disertai dengan bercah darah.

Apa yang menyebabkan miss V terasa gatal? Bagaimana cara mengatasinya? Mari kita simak bersama penjelasan berikut ini.

Penyebab Miss V Gatal

Mengetahui penyebab gatal pada area kewanitaan akan membantu Sahabat Sehat menentukan solusi terbaik apa yang harus diambil. Adapun beberapa penyebab miss V terasa gatal antara lain adalah:

Iritasi Bahan Kimia 

Bahan kimia seperti krim, kondom, deterjen pencuci pakaian, sabun, tissue toilet dan pembalut dapat menjadi penyebab vagina terasa gatal, terutama bagi Sahabat Sehat yang memiliki riwayat alergi dengan komposisi bahan kimia tersebut.3 Jika Sahabat Sehat merasa gatal setelah menggunakan suatu produk, segera hentikan penggunaannya.

Kebiasaan Mencukur Rambut Kemaluan

Kulit vagina akan terasa halus ketika selesai dicukur namun, ketika rambut kemaluan mulai tumbuh akan menimbulkan rasa gatal dan kurang nyaman. Selain itu, Sahabat Sehat perlu berhati-hati dalam memilih pisau cukur sebab area kewanitaan sangat sensitif. 

Setelah mencukur rambut kemaluan, dapat terjadi iritasi yang ditandai dengan kulit kemaluan tampak kemerahan bahkan dapat terlihat membengkak. Untuk mencegah hal ini, saat mencukur rambut kemaluan sebaiknya sisakan beberapa sentimeter rambut dan tidak dicukur hingga habis.

Infeksi Bakteri & Jamur

Keluhan vagina terasa gatal juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur apabila disertai keluhan keputihan yang tampak berubah warna (misal kuning dan kehijauan). Infeksi bakteri yang disebut vaginosis bakterialis dapat menimbulkan rasa perih, serta keputihan yang berbau tidak sedap.

Sementara infeksi jamur pada kemaluan kerap dialami akibat menggunakan pakaian dalam yang ketat dan kondisi kemaluan basah atau lembab karena penggunaan pembalut. Untuk mengatasinya, Sahabat Sehat dianjurkan menjaga higienitas kemaluan dan berkonsultasi dengan dokter untuk diberi penanganan lanjutan.

Perubahan Hormon

Ketika memasuki masa menopause, hormon estrogen menjadi tidak seimbang dan dinding vagina menjadi lebih kering sehingga dapat menimbulkan keluhan gatal pada vagina. Selain itu, perubahan hormon akibat kehamilan, menstruasi, menyusui atau efek samping dari kb hormonal juga menyebabkan munculnya rasa gatal pada kemaluan.3-5 Untuk mengatasinya, segera berkonsultasi dengan Dokter agar diberikan penanganan lebih lanjut.

Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual seperti herpes, klamidia, trikomoniasis dan gonore merupakan penyakit yang turut dapat menimbulkan keluhan gatal pada vagina. Penyakit menular seksual berisiko dialami seseorang yang berganti pasangan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi (kondom) saat berhubungan intim.

Keluhan yang dapat dialami yaitu gatal, nyeri saat berhubungan intim, bau tidak sedap dari kemaluan, keputihan yang tampak berubah warna (misal putih, kuning atau kehijauan). Untuk penanganannya lebih lanjut, segera periksakan ke dokter.

Kencing Manis

Kencing manis atau disebut juga Diabetes Mellitus ditandai dengan keluhan mudah lapar, mudah haus, serta sering buang air kecil. Namun selain keluhan tersebut, gejala lain yang dapat dialami penderita kencing manis adalah rasa gatal pada kulit dan kemaluan. Lakukan pemeriksaan gula darah secara berkala untuk mendeteksi penyakit kencing manis.

Nah Sahabat Sehat, itulah penyebab miss V gatal yang Sahabat Sehat perlu ketahui. Jika Sahabat Sehat membutuhkan produk sabun kewanitaan maupun produk kesehatan lainnya untuk menunjang kesehatan tubuh, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat.

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Ellis M. Vaginal Itching: Causes, Treatments, and Diagnosis [Internet]. USA : Healthline. 2020 [updated 2020 July 22; cited 23 August 2021].
  2. McDermott A. Reasons Vaginal Itch Happens When You Don’t Have a Yeast Infection [Internet]. USA : Healthline. 2020 [updated 2020 July 22; cited 23 August 2021].
  3. Todd N. Vaginal Itching, Burning, and Irritation [Internet]. USA : WebMD. 2020 [updated 2020 Sep 11; cited 23 August 2021].
  4. Gomez J, Bradley S. These Are The Most Common Reasons For A Seriously Itchy Vagina (And They’re Treatable!) [Internet]. USA : Women’s Health. 2020 [updated 2020 July 30; cited 23 August 2021].
  5. Cornforth T. Causes of Vaginal Itching Without Discharge [Internet]. USA : Verywell Health. 2021 [updated 2021 June 03; cited 23 August 2021].
  6. Tidy C. Itchy Vulva (Pruritus Vulvae) [Internet]. USA : Patient. 2020 [updated 2020 June 28; cited 23 August 2021].

Chat Asisten ProSehat aja