Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Kenali Tanda Awal Kehamilan yang Penting untuk Kamu Ketahui

Kehamilan adalah hal yang umumnya diinginkan oleh pasangan yang telah berkeluarga. Mungkin tidak jarang Sahabat Sehat merasa kebingungan mengenai tanda-tanda di awal kehamilan. Kini telah tersedia berbagai tes kehamilan, seperti tes urin serta pemeriksaan USG. Namun, apa saja tanda awal di masa kehamilan ? Sahabat Sehat, mari simak penjelasan berikut.

Kenali Tanda Awal Kehamilan yang Penting untuk Kamu Ketahui

Kenali Tanda Awal Kehamilan yang Penting untuk Kamu Ketahui

Apa Saja Gejala Awal Kehamilan?

Setiap wanita memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Begitu pula dengan pengalaman yang dirasakan di setiap kehamilan. Tidak ada satupun wanita yang memiliki tanda dan gejala kehamilan yang sama persis, bahkan dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya.

Ditambah, ada beberapa tanda dan gejala kehamilan yang sering tidak disadari sebab gejala awal kehamilan menyerupai gejala menjelang menstruasi. Berikut ini beberapa gejala awal kehamilan yang paling umum dialami wanita, yaitu:

  • Terlambat menstruasi

Terlambat menstruasi dapat menjadi tanda awal kehamilannya. Apabila terjadi kehamilan, sel telur akan menempel pada dinding rahim yang kemudian akan berkembang menjadi janin dalam kurun waktu 9 bulan. Saat itu, tubuh akan melepaskan hormon kehamilan (hormon HCG) yang memberi sinyal pada indung telur untuk berhenti memproduksi sel telur baru selama hamil. Itu sebabnya Sahabat Sehat tidak akan mengalami haid selama hamil. 

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

  • Perubahan payudara dan puting

Setelah terjadi pembuahan, kadar hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh juga meningkat, hal inilah yang menyebabkan terjadinya perubahan pada payudara. Saat hamil, ukuran payudara membesar hingga bengkak dan dapat disertai dengan rasa nyeri, payudara terasa penuh, serta puting tampak menghitam (areola). Perubahan pada payudara ini dapat terjadi di usia kehamilan 4 – 6 minggu, sedangkan perubahan warna puting mulai terjadi pada minggu ke-11 kehamilan.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

  • Mual dan muntah

Mual dan muntah menjadi salah satu gejala awal kehamilan lainnya yang umum dialami saat hamil. Melansir American Pregnancy Association (APA), sebagian besar wanita hamil mengalami keluhan tersebut. Sebagian wanita hamil akan terus mengalami mual dan muntah sejak trimester pertama hingga memasuki trimester kedua, meski pada sebagian ibu hamil dapat berlanjut hingga menjelang persalinan. Rata-rata gejala mual dan muntah dapat mereda dengan sendirinya seiring bertambahnya usia kehamilan. 

  • Indera penciuman sensitif

Beberapa studi menyebutkan bahwa kepekaan hidung meningkat drastis selama masa kehamilan. Ketika mencium bau tertentu, Sahabat Sehat dapat merasa pusing, mual dan muntah, atau bahkan dapat merusak suasana hatinya. Kondisi ini akan sangat mempengaruhi ibu hamil saat ngidam. Selera makannya turut berubah akibat mencium aroma makanan tertentu.

Baca Juga: Kenali Bahaya dan Tips Mengatasi Flu Saat Hamil

  • Keluar flek (bercak darah) dari vagina

Bercak darah sebagai tanda kehamilan berbeda dengan darah menstruasi. Bercak darah ini disebut sebagai pendarahan implantasi, biasanya berlangsung pada awal kehamilan. Kondisi ini terjadi akibat bakal janin (embrio) melekat pada dinding rahim. Pendarahan implantasi umumnya berupa 1 atau 2 tetes darah dan dapat terjadi sekitar  10-14 hari setelah pembuahan, berlangsung selama 1-3 hari. 

  • Mudah lelah dan lemas

Meski belum pasti, kelelahan dan rasa lemas dapat menjadi tanda kehamilan. Kelelahan yang luar biasa dapat terjadi pada trimester 1 kehamilan. Kondisi ini disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron di awal kehamilan sehingga memicu rasa kantuk. Rasa kantuk inilah yang membuat wanita hamil menjadi mudah lelah dan ingin beristirahat. 

  • Kram perut

Proses perlekatan bakal janin (embrio) di awal kehamilan juga dapat menyebabkan kram perut, hal inilah yang menyebabkan kram perut dapat terjadi bersamaan dengan keluarnya flek darah. Kram perut pada wanita hamil umumnya tidak terlalu berat, hanya terasa seperti dicubit dan berlangsung singkat. Kondisi ini terjadi akibat proses implantasi embrio yang cenderung berpusat pada satu titik lokasi saja. 

Baca Juga: Alasan Pentingnya Vaksin TT Bagi Ibu Hamil

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai tanda awal kehamilan. Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

 

Referensi

  1. Healthline. Pregnancy Symptoms: Early Signs You May Be Pregnant.
  2. Mayo Clinic. Symptoms of pregnancy: What happens first.
  3. WebMD. Pregnancy Symptoms: 10 Early Signs That You Might Be Pregnant.
  4. American Pregnancy Association. Pregnancy Symptoms.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com