Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

8 Cara Menjaga Stamina Ibu Menyusui Agar Tetap Bugar

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Meditasi Serta Yoga Menjadi Satu Cara Menjaga Stamina Ibu Menyusui yang Efektif Agar Tubuh Tetap Fit

Mengkonsumsi vitamin menjadi satu cara menjaga stamina ibu menyusui agar tetap bugar. Namun vitamin saja tidak cukup bagi ibu menyusui. Masih ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan agar stamina dan kesehatan ibu menyusui tetap terjaga.

Bagi Sahabat Sehat yang tengah menyusui, rasa lelah dan mudah lapar merupakan hal yang kerap dialami. Terlebih kini di masa pandemi Covid-19, Sahabat Sehat harus lebih giat dalam menjaga kesehatan tubuh agar produksi ASI tetap baik dan berkualitas. Nah Sahabat Sehat, bagaimana cara menjaga kesehatan dan stamina selama masa menyusui ? Mari simak penjelasan berikut.

Panduan Cara Menjaga Stamina Ibu Menyusui

Masa menyusui si kecil adalah momen yang sangat menyenangkan dan tentunya membahagiakan. Walaupun begitu, masa menyusui adalah masa yang berat karena akan menguras banyak waktu, pikiran, dan tenaga. Apalagi jika saat masa menyusui juga harus memikirkan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga.

Jangan sampai Sahabat Sehat jatuh saat harus menyusui si kecil karena tentunya akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI yang nantinya juga berdampak pada kesehatan si kecil. Untuk menjaga stamina dan kesehatan ibu waktu menyusui ada beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain:

Asupan Makanan Bergizi Seimbang

Menyusui diketahui membakar sekitar 300 kalori per hari. Sahabat Sehat dianjurkan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang seperti gandum utuh, makanan sumber protein (misal daging, ikan, telur, unggas, susu dan produk olahannya), serta sayuran untuk menjaga kadar gula darah serta mengurangi munculnya rasa lapar berlebihan. Penuhi asupan vitamin dan mineral seperti kalsium, iodin, vitamin B12 dan vitamin D, yang penting untuk pertumbuhan tulang, gigi, serta saraf bayi.

Jika dibutuhkan silahkan mengkonsumsi suplemen dan multivitamin, tentunya dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter mengenai suplemen yang cocok digunakan oleh Sahabat Sehat.

Jaga Pola Makan, Hindari Alkohol & Rokok

Jika ada makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu dalam masa menyususi, maka ada juga makanan dan minuman yang harus dihindari. Selama menyusui, Sahabat Sehat disarankan menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, serta minuman beralkohol sebab dapat terserap ke dalam ASI. Minuman berkafein dan alkohol yang terserap ke tubuh ibu dan mempengaruhi kualitas ASI. ASI dari ibu yang mengkonsumsi alkohol dan minuman berkafein dapat menyebabkan bayi rewel serta sulit tidur.

Konsumsi rokok sangat tidak disarankan, apalagi saat seorang ibu harus menyusui anaknya. Selain asapnya dapat mempengaruhi kesehatan bayi, rokok juga tidak baik bagi kesehatan ibu. Mengkonsumsi rokok dapat menyebabkan ibu yang sedang menyusui jadi mudah lelah dan mudah marah.

Penuhi Kecukupan Cairan Tubuh

Di masa menyusui, tubuh memerlukan tambahan asupan cairan yang lebih banyak. Konsumsi air putih minimal 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas per hari menjadi cara menjaga stamina ibu menyusui yang sangat efektif dan wajib dilakukan. Hindari minuman berenergi, alkohol, maupun soda.

Untuk memantau kecukupan cairan tubuh, Sahabat Sehat dapat melihat dari warna urin. Idealnya urin tampak berwarna kuning pucat, jika urin terlihat kuning pekat maka hal ini menunjukan kurangnya asupan cairan dalam tubuh.

Istirahat yang Cukup

Di masa menyusui, Sahabat Sehat mungkin kesulitan tidur akibat menjaga bayi. Meski demikian, berikan waktu di sela-sela kesibukan untuk mengistirahatkan tubuh seperti berbaring di sofa ataupun mendengarkan musik. Hal ini tentu dapat membantu Sahabat Sehat mengelola stress dan membuat tubuh lebih rileks.

Jika diperlukan, cobalah buat jadwal apa saja yang akan dilakukan setiap harinya. Cara ini akan membantu Sahabat Sehat menentukan kapan harus menidurkan si kecil sehingga bisa melakukan kegiatan rumah tangga dan kapan bisa berisitirahat. Jika memang terlalu banyak kegiatan sehingga tidak sempat beristirahat ada baiknya meminta bantuan untuk menjaga si kecil atau bantuan untuk mengurus keperluan rumah.

Kelola Stress Dengan Baik

Berdasarkan penelitian, salah satu kendala selama tahun pertama menyusui adalah masalah kesehatan mental ibu. Sahabat Sehat mungkin merasa lelah, bosan, bahkan muncul rasa takut dan cemas berlebihan di masa menyusui. Jika mengalami hal tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan pasangan, keluarga, maupun tenaga profesional seperti dokter, psikolog, dan konselor laktasi. 

Untuk mengurangi rasa stress, beberapa cara yang bisa dilakukan semisal meminta kepada suami untuk memijat ringan di area kepala, pundak dan punggung. Stress juga bisa dikurangi dengan mencoba kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan rasa tenang seperti berenang, menonton film favorit, ataupun melakukan video call bersama teman-teman sehingga tidak merasa sendirian selama merawat si kecil.

Rutin Berolahraga

Penting bagi Sahabat Sehat untuk mengembalikan kebugaran tubuh, salah satunya dengan berolahraga. Lakukan olahraga ringan misal jalan santai, yoga, dan berenang. Secara umum, olahraga tidak mempengaruhi produksi ASI. Dengan berolahraga, Sahabat Sehat dapat membantu mengatasi stress, memperbaiki kualitas tidur, mencegah penyakit metabolik, serta memperkuat sendi dan otot. Lakukan olahraga minimal 30 menit per hari, atau minimal 150 menit dalam seminggu.

Dalam berolahraga pastikan untuk membatasi diri agar tidak terlalu lelah maupun sampai cidera. Pastikan berolahraga hanya sekedar mendapatkan keringat dan agar tubuh menjadi lebih bugar. Jangan memaksakan diri berolahraga untuk segera mendapatkan bentuk badan ideal. Jangan sampai niat dan cara menjaga stamina ibu menyusui yang Sahabat Sehat lakukan justru menciderai tubuh sendiri.

Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Pada ibu yang sedang menyusui seringkali merasa masih mampu melakukan banyak hal seorang diri. Akhirnya memaksakan diri dan menyebabkan tubuh terlalu lelah. Oleh sebab itu jika memang merasa sedikit letih tidak ada salahnya untuk segera berisirahat sampai letih tersebut hilang. Jika diperlukan mintalah pendamping yang dapat menemani Sahabat Sehat selama menjaga dan menyusui anak. Dengan demikian ketika Sahabat Sehat memerlukan sesuatu saat sedang menyusui ada yang membantu.

Seringkali ibu menyusui ingin terlihat tangguh dan kuat sehingga tidak berani mengatakan bahwa dirinya letih dan lelah setelah seharian mengurus si kecil. Tidak ada salahnya berbagi cerita perjuangan merawat si kecil selama seharian ini. Jangan terlalu memendam rasa lelah tersebut karena dapat membuat stress. Berbagi cerita selain membantu memulihkan pikiran dari stress juga dapat membantu menciptakan rasa bahagia yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Segera Hubungi Dokter Jika Ada Keluhan Kesehatan

Kesehatan ibu sangatlah penting, terutama di masa-masa menyusui ini. Jika memang merasa ada masalah kesehatan segeralah konsultasikan ke dokter untuk memastikan masalah tidak bertambah serius. Selain itu, Dokter juga bisa memberikan saran-saran terbaik apa yang harus dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit selama masa menyusui ini. Misalnya memberikan saran vaksin yang Sahabat Sehat butuhkan, ataupun suplemen dan multivitamin apa yang harus dikonsumsi.

Lihat Juga: Kesalahan Setelah Olahraga

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai trik dan cara menjaga stamina ibu menyusui agar tetap sehat dan bugar. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter Prosehat 24 jam. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Frizzle N. Five ways to stay healthy when breastfeeding [Internet]. USA : The Guardian. 2020 [updated 2020 Feb 02; cited 2021 Aug 03].
  2. Raising Children. Healthy diet, exercise and lifestyle for breastfeeding [Internet]. Australia : Raising Children. 2020 [updated 2020 June 19; cited 2021 Aug 03].

Chat Asisten ProSehat aja