Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

10 Kesalahan Setelah Olahraga yang Bisa Berakibat Fatal

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Contoh Kesalahan Setelah Olahraga Yakni Langsung Tidur Setelah Berolahraga

Kebanyakan orang tidak sadar ada kesalahan setelah olahraga yang dilakukan. Alhasil olahraga tersebut hanya membuat lelah atau cidera. Padahal tujuan berolahraga adalah agar badan sehat dan kuat.

Pada kesempatan kali ini yuk kita cek jangan-jangan olahraga yang Sahabat Sehat lakukan selama ini tidak memberikan efek positif apapun karena ada kesalahan yang dilakukan setelah berolahraga. Dengan demikian Sahabat Sehat bisa memperbaiki cara berolahraga.

Kesalahan Setelah Olahraga yang Kerap Terjadi

Berolahraga bukan sekedar “mencari keringat”. Setelah berolahraga ada beberapa pantangan yang sebaiknya tidak dilakukan karena bisa mengakibatkan tubuh cidera, masalah kesehatan, atau membuat manfaat berolahraga tersebut hilang. Adapun beberapa kesalahan yang kerap dilakukan setelah berolahraga antara lain adalah:

Tidak Melakukan Pendinginan

Setelah berolahraga, Sahabat Sehat dianjurkan melakukan pendinginan. Saat berolahraga suhu tubuh meningkat dan pembuluh darah melebar. Dengan melakukan pendinginan, denyut jantung menurun dan tekanan darah kembali normal, selain itu otot tubuh kembali relaks. Sahabat Sehat dianjurkan melakukan pendinginan selama 5 – 10 menit. 

Efek buruk tidak melakukan pendinginan adalah keram dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Selain itu ada resiko pusing dan lemas setelah berolahraga tanpa melakukan pendinginan karena detak jantung dan tekanan darah belum dalam posisi normal.

Menunda Waktu Makan

Setelah berolahraga biasanya Sahabat Sehat akan merasa lapar. Hal ini menunjukan bahwa asupan nutrisi di dalam tubuh telah digunakan untuk menghasilkan energi selama berolahraga. Para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat dan protein dengan jumlah yang cukup agar menggantikan nutrisi penting yang hilang selama berolahraga.

Walaupun tujuan berolahraga adalah untuk diet, namun sangat disarankan untuk segera makan jika merasa lapar setelah berolahraga. Tentunya dengan jenis makanan yang baik bagi kesehatan tubuh dan program diet Sahabat Sehat.

Konsumsi Makanan Berlemak

Jika Sahabat Sehat mengkonsumsi makanan berlemak setelah berolahraga, hal ini justru dapat memperlambat sistem pencernaan dan meningkatkan jumlah asupan kalori harian. Oleh sebab itu, setelah berolahraga dianjurkan mengkonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat agar mudah dicerna tubuh.

Selain itu, jika tujuan berolahraga adalah untuk membakar lemak (mengurangi berat badan) maka mengkonsumsi makanan berlemak justru membuat olahraga yang baru saja dilakukan menjadi sia-sia.

Merokok Setelah Berolahraga

Banyak yang mengatakan merokok setelah melakukan olahraga itu sangat menyenangkan dan menenangkan. Faktanya kegiatan tersebut merupakan kesalahan setelah olahraga yang sangat berbahaya dan berisiko tinggi menyebabkan kegagalan jantung. Apalagi jika sebelumnya tidak melakukan pendinginan maka risiko masalah jantung dan tekanan darah akan semakin tinggi.

Alih-alih merokok, Sahabat Sehat bisa mencoba meminum lebih banyak air putih untuk mengalihkan perhatian dari keinginan merokok. Cara ini cukup efektif apalagi jika dilakukan berulang-ulang.

Membiarkan Tubuh Kekurangan Cairan

Kekurangan cairan tubuh atau disebut juga dehidrasi, kerap kali dialami setelah berolahraga. Hal ini berdampak pada timbulnya rasa mengantuk.  Sahabat Sehat dianjurkan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih agar otak dan tubuh kembali berfungsi optimal, serta menjaga kesimbangan elektrolit tubuh. 

Menurut American College of Sport Medicine, jika durasi berolahraga kurang dari 1 jam maka Sahabat Sehat membutuhkan asupan cairan mencapai 240 ml per 15 menit. Namun jika Sahabat Sehat melakukan olahraga intensif dengan durasi lebih dari 1 jam, sebaiknya konsumsi cairan isotonik agar dapat segera mengganti cairan tubuh yang hilang.

Langsung Istirahat Setelah Berolahraga

Rasa lelah setelah berolahraga kerap kali membuat Sahabat Sehat ingin segera beristirahat. Namun menurut para ahli, sebaiknya melakukan kegiatan ringan terlebih dahulu setelah berolahraga agar membantu proses pemulihan tubuh lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan langsung berhenti beraktivitas secara mendadak. 

Jika Sahabat Sehat merasa tidak memiliki tenaga untuk melakukan kegiatan ringan, sebaiknya lakukan pijatan ringan pada otot tubuh yang kelelahan. Dalam Journal of Strength and Condition Research, terungkap bahwa melakukan pijatan ringan pada otot turut berperan dalam memulihkan otot setelah berolahraga.

Melakukan Pekerjaan Berat

Setelah berolahraga, otot dapat mengalami kelelahan. Jika Sahabat Sehat langsung melakukan aktivitas berat tanpa waktu jeda istirahat dapat membuat otot mengalami cedera dan tegang. Oleh sebab itu, sebaiknya Sahabat Sehat memberi jeda waktu agar otot dapat beristirahat dan pulih kembali.

Jikapun harus melakukan pekerjaan berat setelah cukup beristirahat, pastikan mengecek kondisi tubuh terlebih dahulu. Mulailah dari mengangkat barang yang ringan. Dengan demikian anda bisa mengetahui apakah sudah bisa mulai mengangkat barang-barang berat dan bisa menghindari terjadinya kecelakaan kerja serta cidera.

Mengenakan Pakaian Basah

Jika produksi keringat cukup banyak selama berolahraga, sebaiknya Sahabat Sehat segera mengganti pakaian yang basah dengan pakaian yang kering. Mengenakan pakaian basah dalam waktu lama berpotensi menimbulkan ruam, infeksi kulit, maupun jerawat.

Maka dari itu, sangat penting sebelum berolahraga menyiapkan pakaian pengganti agar tidak mengenakan pakaian basah tersebut terlalu lama.

Membiarkan Rasa Sakit

Kesalahan setelah olahraga selanjutnya adalah menganggap sepele rasa sakit setelah melakukan olahraga. Bisa saja rasa sakit tersebut adalah respon tubuh atas adanya sesuatu yang tidak biasa. Misalnya merasa pusing dan lemas, atau merasa terkilir dan keram.

Oleh sebab itu, jika merasakan rasa sakit setelah berolahraga segera cari tempat untuk beristirahat. Jangan memaksakan melanjutkan kegiatan. Tunggulah sampai rasa sakit itu hilang. Jika rasa sakit tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan diagnosis yang tepat, serta mendapatkan penanganan yang tepat.

Begadang

Setelah berolahraga memang tidak boleh langsung beristirahat seperti tidur. Namun jika setelah lelah berolahraga Sahabat Sehat malah begadang semalaman tentunya dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan menyebabkan olahraga yang sebelumnya dilakukan menjadi sia-sia. Tidur yang cukup tetap dibutuhkan agar memulihkan stamina yang sebelumnya telah terkuras setelah berolahraga.

Jika memang harus begadang, pastikan untuk sebelumnya cukup beristirahat. Setelah begadang pastikan untuk mengambil jam istirahat yang cukup sehingga badan bisa kembali pulih.

Lihat Juga: Cara Meningkatkan Produksi ASI

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai kesalahan fatal setelah berolahraga. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Frey M. Post-Workout Recovery Mistakes That Are Easy to Fix [Internet]. USA : Very Well Fit. 2021 [updated 2021 April 06; cited 2021 Aug 03].
  2. Graves G. 10 Mistakes You’re Making After Your Workouts [Internet]. USA : Prevention. 2015 [updated 2015 May 26; cited 2021 Aug 03].
  3. Balfour L. 11 Post-Workout Mistakes That Are Ruining Your Fitness Goals [Internet]. USA : Lifehack; [cited 2021 Aug 03].
  4. Salfatira S. 9 Kesalahan Setelah Olahraga Ini Bikin Sakit & Susah Turun Berat Badan [Internet]. Indonesia : IDN Times. 2019 [updated 2019 Nov 05; cited 2021 Aug 03].
  5. Eat Smart. 8 Things You Should Never Do After a Workout [Internet]. USA : Eat Smart; [cited 2021 Aug 03].

Chat Asisten ProSehat aja