Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Terlambat Imunisasi BCG? Ini yang Harus Dilakukan!

Sahabat Sehat, salah satu imunisasi wajib untuk Si Kecil adalah imunisasi Bacillus Calmette-Guerin (BCG). Pemberian imunisasi BCG dinilai paling efektif ketika bayi baru lahir atau paling lambat sebelum berusia 3 bulan, yang bertujuan untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TBC). Imunisasi akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi sel penghasil antibodi sehingga melindungi tubuh dari infeksi bakteri TBC.

Terlambat Imunisasi BCG Ini yang Harus Dilakukan!

Terlambat Imunisasi BCG Ini yang Harus Dilakukan!

Pentingnya Imunisasi BCG untuk Si Kecil

Bakteri tuberkulosis dapat menyerang paru-paru, tulang, ginjal, hingga selaput otak (meningen). Imunisasi BCG penting diberikan untuk Si Kecil sebab bakteri tuberkulosis mudah menular melalui cipratan air liur (droplet), yang tersebar saat penderita TBC bersin atau batuk. Semua anak berusia 6 tahun atau lebih yang akan diberi imunisasi BCG harus melakukan pemeriksaan Tuberkulin lebih dulu untuk mengetahui hipersensitivitasnya terhadap tuberkuloprotein. 

Dapatkan: Paket Imunisasi Bayi 2 Bulan ke Rumah dari ProSehat

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Imunisasi BCG

Lokasi penyuntikan imunisasi BCG adalah pada bagian lengan atas. Meski termasuk dalam jenis imunisasi wajib, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan pemberian imunisasi  BCG ditunda yaitu: 

  • Demam
  • Infeksi kulit
  • Gangguan pada kekebalan tubuh
  • Sedang mengalami efek samping dari obat-obatan, misalnya obat penekan sistem imun
  • Memiliki riwayat alergi atau reaksi anafilaktik terhadap komposisi imunisasi BCG
  • Riwayat menderita tuberkulosis atau tinggal serumah dengan penderita tuberkulosis yang tidak menjalani pengobatan. 

Imunisasi BCG merupakan langkah penting dalam mencegah dan melindungi kesehatan Si Kecil dari penyakit tuberkulosis. 

Bagaimana Jika Si kecil Terlambat Diberikan Imunisasi BCG? 

Sahabat Sehat tidak perlu khawatir apabila Si Kecil telat mendapatkan imunisasi BCG sebab, Si Kecil tetap dapat menerima imunisasi dengan beberapa ketentuan.

Jika Si Kecil berusia diatas 3 bulan, harus melakukan tes tuberkulin (Tes Mantoux) terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin BCG. Jika muncul benjolan merah pada area penyuntikan, hal ini menunjukan bahwa kulit bereaksi terhadap antigen yang artinya Si Kecil sudah pernah terpapar kuman tuberkulosis sebelumnya.

Tetapi jika hasil tes menunjukan negatif, maka Si Kecil dapat diberikan imunisasi BCG.

Baca Juga: Apa Guna Vaksin BCG? Berikut Penjelasannya

Tips Agar Si Kecil Tidak Terlambat Diberi Imunisasi

Rutinitas sehari-hari sering kali membuat orang tua sibuk hingga terkadang lupa jadwal imunisasi Si Kecil. Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan agar Sahabat Sehat tidak melewatkan jadwal imunisasi Si Kecil :

  • Catat jadwal imunisasi

Dengan mencatat jadwal imunisasi, Sahabat Sehat lebih mudah mengetahui imunisasi apa saja yang sudah Si Kecil dapatkan. Catat jadwal tersebut di kalender ponsel maupun di buku agenda harian 

  • Baca buku kesehatan ibu dan anak

Pasti Sahabat Sehat memiliki buku kesehatan yang biasa didapatkan dari rumah sakit. Jika iya, jangan malas membaca buku tersebut sebab didalamnya berisi informasi penting mengenai imunisasi (jadwal imunisasi, cara pemberian, hingga penanganan efek samping pasca imunisasi), serta tips membuat makanan pendamping ASI. 

  • Koordinasi dengan fasilitas kesehatan yang dikunjungi

Beberapa fasilitas kesehatan memberi kemudahan, seperti mengingatkan jadwal kunjungan imunisasi selanjutnya. Maka buatlah janji untuk kunjungan berikutnya agar nama Si kecil masuk ke dalam daftar kunjungan, dengan begitu pihak klinik atau fasilitas kesehatan akan mengirimkan  pesan singkat untuk mengingatkan Sahabat Sehat satu atau dua hari sebelum jadwal imunisasi. 

Baca Juga: Suntik BCG Berbekas di Kulit Bayi, Amankah?

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai pemberian imunisasi BCG. Meski Si kecil telat di imunisasi, sebaiknya tetap lengkapi jadwal imunisasi yang ada. Lebih baik terlambat daripada tidak mendapatkan imunisasi sama sekali. 

Di masa pandemi, tidak jarang para orang tua menunda imunisasi sebab enggan membawa Si Kecil ke posyandu maupun rumah sakit. Jika Sahabat Sehat memerlukan imunisasi untuk Si Kecil, segera manfaatkan layanan imunisasi ke rumah dari Prosehat. Informasi lebih lanjut hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh: dr. Monica Cynthia Dewi

 

Referensi

  1. BPOM. VAKSIN BCG [Internet]. Indonesia : BPOM. 2021.
  2. Idai.or.id. 2021. IDAI | Jadwal Imunisasi IDAI 2020.
  3. nhs.uk. 2021. BCG vaccine for tuberculosis (TB) overview.
  4. En.wikipedia.org. 2021. BCG vaccine – Wikipedia.
  5. GOV.UK. 2021. TB, BCG and your baby.
  6. nhs.uk. 2021. BCG vaccine for tuberculosis (TB) overview.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com