Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ini List Lengkap Vaksinasi Sebelum Kuliah di Perancis

Melihat kondisi saat ini, pandemi Covid-19 sudah semakin mereda di berbagai negara. Mungkin beberapa dari Sahabat Sehat sudah memiliki rencana untuk melanjutkan studi kuliah di luar Indonesia. Tentu terdapat banyak pilihan negara, salah satunya adalah negara Perancis.

Ini List Lengkap Vaksinasi Sebelum Kuliah di Perancis

Ini List Lengkap Vaksinasi Sebelum Kuliah di Perancis

Sebelum Sahabat Sehat pergi untuk kuliah di Perancis, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Salah satunya adalah untuk melengkapi vaksin, karena di Perancis terdapat beberapa persyaratan vaksinasi yang perlu dipenuhi. Apa saja vaksin yang diperlukan untuk kuliah di Perancis? Mari kita bahas dalam artikel berikut.

Vaksinasi efektif melindungi dari infeksi

Vaksinasi merupakan sebuah metode yang dinilai efektif untuk memberikan perlindungan bagi Sahabat Sehat dari penyakit menular sebelum terpapar penyakit tersebut. Terdapat berbagai macam jenis vaksin, seperti protein atau bagian dari kuman yang diambil atau dibuat (rekombinasi) atau bahkan kuman tersebut yang sudah dilemahkan. 

Dengan diberikan vaksin, maka sistem imun tubuh dapat membentuk antibodi terhadap kuman tersebut, sehingga siap untuk menghadapi infeksi apabila terjadi nantinya.

vaksin ke rumah, layanan ke rumah, vaksinasi di rumah aja

Pendatang dari Indonesia wajib vaksinasi

Di Perancis, terdapat vaksin yang diwajibkan dan juga vaksin yang direkomendasikan. Vaksin yang wajib didapatkan sebelum Sahabat Sehat kuliah di Perancis adalah difteri, tetanus, dan poliomyelitis. 

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang diwajibkan untuk melengkapi vaksinnya sebelum datang untuk studi di Perancis. Hal tersebut diwajibkan untuk membantu mencegah terjadinya kasus difteri, tetanus, dan poliomyelitis di Perancis.

Baca Juga: Vaksin, Menjadi Syarat Mutlak Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Dengan masih berlangsungnya pandemi Covid-19, maka Sahabat Sehat juga perlu mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap sebelum berkuliah di Perancis. Vaksin Covid-19 yang saat ini diakui oleh Perancis adalah Jansen, Pfizer, Moderna, dan Astrazeneca. Selain vaksin tersebut, diperlukan dosis vaksin mRNA tambahan agar diberikan izin untuk masuk ke Perancis.

Terdapat juga beberapa vaksin yang direkomendasikan oleh Perdana Menteri Perancis. Diantaranya adalah vaksin untuk penyakit:

    • BCG
    • Pertussis
    • Measles, mumps, dan rubella (MMR)
    • Varicella
    • Hepatitis B
    • Herpes zoster
    • Haemophilus Influenzae Type B (HiB)
    • Pneumokokus
    • Meningokokus
    • Human Papillomavirus (HPV)

Beberapa vaksin yang disebutkan diatas mungkin pernah Sahabat Sehat dapatkan pada usia masih kecil. Maka, Sahabat Sehat hanya perlu melengkapi jenis yang belum pernah diterima atau jenis yang memerlukan booster.

Sebelum mendapatkan vaksin, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga kesehatan karena beberapa vaksin memerlukan pemeriksaan titer antibodi terlebih dahulu, seperti vaksin hepatitis. Selain itu, kondisi Sahabat Sehat juga harus dinilai baik atau sedang fit.

Baca Juga: Persiapkan Diri dengan Booster Vaksin Sebelum Kuliah di UK

Manfaat vaksin lebih besar dibanding efek samping

Pemberian vaksin jauh lebih bermanfaat dibandingkan efek sampingnya. Setelah Sahabat Sehat mendapatkan vaksin, maka tubuh akan kebal terhadap penyakit vaksin tersebut. Infeksi dapat dicegah sehingga komplikasi-komplikasi berat dan merugikan yang mungkin terjadi dapat dihindari. Vaksin dapat disebut sebagai investasi untuk kesehatan yang paling berharga.

Efek samping vaksin secara umum berupa nyeri, kemerahan, atau pegal pada daerah penyuntikan vaksin. Efek samping yang lebih jarang terjadi dapat berupa demam, atau reaksi alergi, namun hal tersebut dapat diatasi dengan pertolongan tim medis.

Nah Sahabat Sehat, Perdana Menteri Perancis mewajibkan dan juga merekomendasikan beberapa vaksin bagi Sahabat Sehat yang ingin melanjutkan kuliah di Perancis. Vaksin memberikan proteksi baik bagi Sahabat Sehat maupun orang disekitar Anda. Dengan manfaatnya yang lebih besar dibandingkan efek sampingnya, Sahabat Sehat tidak perlu ragu untuk mendapatkan vaksin.

Ayo vaksinasi bersama Prosehat. Anda bisa mendapatkannya di klinik Prosehat Bekasi atau Palmerah Jakarta Barat, atau di rumah untuk kenyamanan dan kemudahan Anda. Prosehat juga memiliki paket vaksinasi bagi calon pelajar/ mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke Perancis. Pastikan juga Anda meluangkan cukup waktu untuk melengkapi vaksinasi, jangan tunggu sampai dekat keberangkatan, ya!

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Vaksinasi MMR Bagi Mahasiswa

Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat. Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya dengan nomor 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: dr. Jonathan Christopher
Ditinjau oleh: dr. Nurul L

 

Referensi

  1. WHO. Vaccines and immunization.
  2. Public Service France. Faut-il faire vacciner son enfant pour l’inscrire à l’école, en crèche ou garderie?
  3. World Education Blog. Now this: vaccine requirements to go to university.
  4. Ministère de l’Intérieur. Covid 19 : International travel.
  5. CDC. Traveler’s Health: France.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com