Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Mengenal Tes Treadmil Jantung untuk Deteksi Dini Penyakit Jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang paling penting bagi tubuh karena tugasnya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk memeriksa kesehatan jantung, mungkin Sahabat Sehat telah mendengar berbagai macam jenis pemeriksaan. Mulai dari pemeriksaan darah, rekam jantung, hingga Computerized Tomography scan (CT-scan) atau Magnetic Resonance Imaging (MRI) jantung. Salah satunya terdapat sebuah tes yang dinamakan Tes Treadmil Jantung.

Mengenal Tes Treadmil Jantung untuk Deteksi Dini Penyakit Jantung

Mengenal Tes Treadmil Jantung untuk Deteksi Dini Penyakit Jantung

Tes treadmil jantung merupakan suatu bentuk pemeriksaan stres kardiovaskular yang menggunakan alat treadmil, elektrokardiografi (EKG) atau alat rekam jantung dan alat tensi. Tes ini dilakukan agar dokter dapat mengetahui seberapa baik jantung Sahabat Sehat menghadapi beban saat beraktivitas.

Saat beraktivitas, tubuh Sahabat Sehat memerlukan lebih banyak oksigen maka jantung akan bekerja lebih berat. Tes treadmil dapat menilai apabila peredaran darah pada pembuluh darah jantung berkurang. Selain itu, tes ini juga dapat membantu dokter menentukan jenis olahraga apa yang diperbolehkan untuk Sahabat Sehat.

Bagaimana Prosedur Tes Treadmill Jantung ?

Saat melakukan tes treadmil jantung, ada beberapa prosedur yang akan dilakukan. Beberapa prosedur tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Dipasangkan alat rekam jantung (EKG) dan alat tensi untuk memonitor jantung.
  2. Mesin treadmil akan dinyalakan, kecepatan akan perlahan ditingkatkan dan kemiringan dari treadmil akan semakin menanjak.
  3. Selama tes treadmill, pemeriksaan EKG dan tensi dilakukan berulang.
  4. Tes akan berlangsung selama beberapa menit, tes dapat dihentikan apabila target tercapai.
  5. Setelah tes dihentikan, Sahabat Sehat akan dipersilahkan untuk beristirahat dan akan dilakukan pemeriksaan rekam jantung (EKG) dan dilakukan pemeriksaan tekanan darah kembali.

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

Dokter akan meminta Sahabat Sehat melakukan tes treadmil jantung untuk mendiagnosis penyakit jantung koroner. Apabila Sahabat Sehat memiliki keluhan seperti nyeri dada dan pemeriksaan jantung (EKG) hasilnya normal, maka tes treadmil dapat dilakukan untuk melihat kondisi jantung Sahabat Sehat saat menghadapi beban aktivitas.

Bagi Sahabat Sehat yang sudah menjalani prosedur medis pada jantung juga disarankan oleh dokter untuk menjalani tes ini sebagai evaluasi kondisi jantung. Tes treadmil jantung juga dapat membantu untuk menentukan tingkat batasan aman berolahraga untuk Sahabat Sehat.

Temukan: Berbagai Produk untuk Kebutuhan Jantung Anda

Kondisi yang Tidak Diperkenankan Melakukan Tes Treadmil

Terdapat beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk melakukan tes treadmill, misalnya : 

  • Riwayat serangan jantung dalam 2-3 hari yang lalu
  • Nyeri dada tidak stabil yang belum diatasi dengan pengobatan
  • Denyut jantung yang tidak teratur hingga mengganggu keseimbangan tubuh. 

Sahabat Sehat dianjurkan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan tes treadmil jantung. Pemeriksaan tes treadmil jantung dapat dikatakan relatif murah dibandingkan pemeriksaan lain untuk jantung. Tes ini juga tidak melibatkan sinar radiasi sehingga aman untuk dilakukan. Salah satu keterbatasannya berupa Sahabat Sehat harus dapat berjalan hingga berlari untuk melakukan tes tersebut dan menimbulkan kelelahan.

Baca Juga: Berbagai Jenis Pemeriksaan saat Skrining Penyakit Jantung

Kegunaan Tes Treadmill Jantung

Secara umum, tes treadmil jantung dilakukan untuk mendiagnosis apakah Sahabat Sehat menderita penyakit jantung koroner. Tes ini dapat menilai kondisi jantung Sahabat Sehat saat sedang melakukan aktivitas. Tes treadmil termasuk tes yang sederhana, aman, dan relatif tidak mahal. Hasil dari pemeriksaan tes treadmil kemudian dibaca dan dinilai oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. 

Baca Juga: Mengenal Gagal Jantung Kongestif dan Pencegahannya

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai tes treadmill jantung. Jika Sahabat Sehat membutuhkan pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan treadmill jantung, konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh : dr. Jonathan Christopher
Ditinjau oleh : dr. Monica C

 

Referensi

  1. Vilcant V, Zeltser R. Treadmill Stress Testing.
  2. American Heart Association. Exercise Stress Test.
  3. Garner K, Pomeroy W, Arnold J. Exercise Stress Testing: Indications and Common Questions.
  4. Medscape. Treadmill Stress Testing: Background, Indications and Contraindications, Technical Considerations.
  5. Medline Plus. Stress Tests: MedlinePlus Medical Test.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com