Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

4 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Makanan yang Mengandung Vitamin untuk Kesehatan Jantung

Sangat penting mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin untuk kesehatan jantung. Namun tetap harus diiringi pola makan yang baik. Juga diiringi dengan pola hidup sehat. Dengan demikian, semua risiko penyebab masalah jantung dapat terhindari. Ya, walaupun rutin mengkonsumsi vitamin untuk kesehatan jantung, namun jika pola makan tidak baik dapat menyebabkan penimbunan lemak yang dapat menghambat aliran darah. Hal ini dapat memicu penyakit jantung koroner

Faktanya, gangguan jantung yang kerap ditemui di masyarakat adalah penyakit jantung koroner (PJK) yang menyumbang angka kematian tertinggi di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi vitamin dan pola makan di Indonesia belum menunjukkan pola yang baik dan benar.

Berbagai Macam Vitamin untuk Kesehatan Jantung

Penting untuk menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga dan mengontrol asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Selain itu, untuk menjaga jantung agar tetap sehat perlu didukung dengan mengonsumsi nutrisi yang seimbang. Sahabat Sehat, apa saja jenis vitamin yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung? Berikut beberapa vitamin yang baik untuk kesehatan jantung:

Vitamin B kompleks

Semua jenis vitamin B sebenarnya memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Secara umum vitamin B berperan menjaga kesehatan sel, otot, sistem saraf, jantung, dan lainnya. Vitamin B1, B2, B6, dan B12 adalah vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan jantung, mencegah stroke, dan berbagai gangguan sistem peredaran darah lainnya. Sumber makanan yang kaya vitamin B, yaitu tempe, tahu, sayuran hijau, dan tahu.

Butuh Vitamin B Kompleks? Dapatkan Vitamin B Kompleks

Vitamin E

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin E berperan sebagai zat antioksidan dalam melawan radikal bebas, serta menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Selain itu vitamin E turut berperan dalam mencegah terjadinya pembentukan gumpalan di pembuluh darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah seimbang dinilai mampu mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40%. 

Sumber makanan yang mengandung vitamin E, yaitu kacang-kacangan, bit, sawi hijau, asparagus, bayam, biji-bijian, merica, mangga, alpukat minyak zaitun, jagung, dan masih banyak lagi. Jumlah asupan harian vitamin E yang direkomendasikan (Recommended Dietary Allowance) bagi pria dan wanita usia 14 tahun keatas adalah 15 mg perhari (22 IU), termasuk wanita hamil. Sementara wanita menyusui membutuhkan vitamin E sedikit lebih banyak, yakni 19 mg (28 IU) per hari.

Dapatkan Produk Vitamin E Terbaik dan Terjamin Keasliannya

Vitamin D

Vitamin D dapat terbentuk secara alami dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari. Meski paparan sinar matahari merupakan sumber terbaik vitamin D, Sahabat Sehat juga dapat memperoleh asupan vitamin D dari makanan seperti ikan salmon, susu, dan jus jeruk. Selain dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi, vitamin D turut membantu menjaga kesehatan jantung.

Temukan Vitamin D Terbaik yang Dapat Mencukupi Kebutuhan Suplemen Sahabat Sehat

Asam Lemak Omega 3

Selain vitamin untuk kesehatan jantung di atas, asam lemak omega 3 ternyata juga terkenal akan segudang manfaatnya untuk kesehatan jantung. Asam lemak omega 3 tergolong dalam jenis lemak tidak jenuh yang dibutuhkan tubuh dalam membangun sel otak, mencegah risiko stroke, hingga menjaga kesehatan jantung. Bagi pengidap penyakit jantung, omega 3 berperan dalam meningkatkan fungsi kinerja jantung. Omega 3 juga mampu mengurangi penumpukan plak sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang dapat menghambat aliran darah ke jantung. 

Tubuh tidak mampu memproduksi omega 3 sendiri, maka Sahabat Sehat dapat memenuhi asupan asam lemak omega 3 melalui makanan sehari-hari, seperti ikan salmon, mackerel, tuna, dan sarden. Menurut American Heart Association (AHA), masyarakat direkomendasikan untuk mengkonsumsi ikan kaya omega 3, minimal 2 porsi atau sekitar 200gr permingu. Selain itu asam lemak omega 3 juga dapat Sahabat Sehat peroleh dari produk nabati, seperti biji rami (flaxseed), minyak canola, dan kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, walnut, serta tahu.

Butuh Rekomendasi Produk yang Mengandung Omega 3? Check Di Sini

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai jenis vitamin untuk kesehatan jantung yang perlu secara rutin dikonsumsi. Jika Sahabat Sehat memerlukan produk multivitamin, segera manfaatkan layanan pesan-antar dari Prosehat. Informasi lebih lanjut hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik https://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Pemerintah Kota Medan. 5 Vitamin Pendukung Jantung Sehat [Internet]. Indonesia : Pemerintah Kota Medan. 2013 [updated 2013 April 17; cited 2021 Sep 21].
  2. Harvard TH Chan. The Nutrition Source Vitamin E [Internet]. USA : Harvard TH Chan; [cited 2021 Sep 23]. 
  3. American Heart Association. Lifestyle Changes for Heart Attack Prevention [Internet]. USA : American Heart Association. 2015 [updated 2015 July 31; cited 2021 Sep 23].
  4. BBC News Indonesia. Konsumsi vitamin D amat mungkin ‘menyembuhkan penyakit jantung’ [Internet]. Indonesia : BBC News Indonesia. 2016 [updated 2016 April 05; cited 2021 Sep 23].
  5. Chaddha A, Eagle K. Omega-3 Fatty Acids and Heart Health [Internet]. December 2015. Circulation 132(22):e350-e352
  6. Oregon State University. Essential Fatty Acids [Internet]. USA : Oregon State University; pcited 2021 Sep 23].

Chat Asisten ProSehat aja